Tak Hanya Bernilai Ibadah, Begini Manfaat Senyum Dengan Gigi dan Mulut yang Sehat

Reporter : Iwan Tantomi
Jumat, 3 Juni 2022 15:44
Tak Hanya Bernilai Ibadah, Begini Manfaat Senyum Dengan Gigi dan Mulut yang Sehat
Berikut rangkuman menariknya!

Umat Islam tentu sering mendengar akan ungkapan senyum adalah ibadah. Dengan tersenyum, kita bisa membuat orang di sekeliling atau yang dijumpai turut bahagia. Senyum pula yang bikin kehidupan terasa damainya.

Namun, selain bernilai ibadah, rupanya manfaat senyum ini masih banyak lagi. Hal inilah yang bisa dipelajari dari acara Dream Camp 2022 Ramadan Harus Menang 3.0 yang digelar beberapa waktu lalu.

Acara yang dilangsungkan selama bulan puasa secara livestreaming di Vidio.com tersebut mengangkat tema ‘Amalkan Senyuman saat Ramadan’. Lantas, apa saja pelajaran yang bisa dipetik dari manfaat tersenyum dalam acara tersebut? Berikut rangkuman menariknya!

1 dari 3 halaman

Manfaat Senyum dalam Islam

Pepsodent© Pepsodent

Dalam kesempatan tersebut turut diundang Habib Husein Ja’far yang diundang sebagai narasumber. Penulis bukan keislaman yang kondang di kalangan milenial ini mengungkapkan jika senyum termasuk amalan sunah dari Rasulullah SAW yang paling mudah dijalani.

Selain itu, Habib Husein juga mengungkapkan jika senyuman dapat menjadi sedekah yang bisa dilakukan secara gratis. Hal ini karena senyum dapat memupuk hubungan baik antara sesama manusia, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

“ Rasulullah SAW juga dikenal sebagai sosok yang murah senyum, selalu ceria, dan berkata baik. Bahkan, disampaikan dalam sebuah hadis sahih riwayat Imam Tirmidzi, Rasullullah SAW menyampaikan, ‘Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu’”, ungkap Habib Husein.

Habib Husein kemudian menjelaskan, seringkali ketika berpapasan dengan orang lain, seseorang lupa untuk melempar senyuman. Bisa jadi, karena sedang sibuk, buru-buru, atau dalam kondisi tidak baik. Padahal hal tersebut jika dilakukan akan otomatis mendapatkan pahala.

“ Rasulullah SAW dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim mengungkapkan, ‘Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria.’ Jadi, jangan sepelekan tersenyum di manapun maupun kapanpun kepada sesama, sebab senyum ini pahalanya luar biasa dari Allah SWT,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Pepsodent© Pepsodent

Di samping Habib Husein, turut hadir juga Tasya Nur Medina yang tak lain adalah seorang influencer sekaligus ibu muda. Tasya menyampaikan manfaat senyum yang membawa kebaikan dalam keluarganya.

“ Sebagai ibu dan seorang istri, aku merasa memiliki kewajiban untuk menyebarkan positive vibes di dalam rumah. Salah satu yang paling mudah, dengan tersenyum. Apapun yang terjadi, aku sebisa mungkin tersenyum untuk anakku, agar dia tetap happy. Begitu juga untuk suami ku, agar lelahnya menjadi lillah ketika pulang ke rumah. Apalagi senyuman juga mendatangkan pahala, jadi double ya manfaatnya,” ungkap Tasya.

Ia kemudian membagikan pengalaman menarik tentang kebiasaan tersenyum yang dilakukannya kepada keluarga. Ketika ia lagi banyak pekerjaan di rumah, atau anaknya lagi rewel, Tasya mencoba memikirkan hal apa yang dapat membuatnya tenang. Salah satu yang termudah adalah dengan cara dia tersenyum kepada sang buah hati.

“ Dari senyuman tersebut mungkin anak jadi merasa nyaman karena ibunya juga tenang. Selain itu, biasanya aku jadi dapat berpikir lebih jernih untuk menghadapi masalah yang sedang aku hadapi, karena itu berpengaruh banget ke psikologis kita,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tasya juga tak lupa membagikan kiatnya dalam menjaga senyuman tetap indah. Ia mengungkapkan untuk bisa tersenyum, Tasya harus percaya diri terlebih dahulu. Salah satunya dengan memiliki napas yang segar agar dapat menciptakan senyuman.

“ Supaya bisa mewujudkan napas yang segar, tentunya kita perlu banget menjaga kebersihan mulut dan gigi. Menggunakan pasta gigi yang tepat dan kaya akan bahan alami, mengandung antibacterial, apalagi yang memiliki manfaat whitening, selalu jadi pilihan aku,” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Meski tersenyum ini bernilai ibadah dan begitu indah dilakukan, Habis Husein juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk menggunakan kebaikan bahan alami.

“ Rasulullah SAW rutin menggunakan Siwak untuk memastikan gigi tetap bersih saat beribadah dan juga menggunakan Habbatussauda yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Begitu juga dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut,” jelas Habib Husein.

Kabar baiknya, kini Pepsodent memiliki pasta gigi terbaru yang cocok dengan kebaikan sunah dari bahan alami Siwak dan Habbatussauda, yaitu Pepsodent Complete 8 Siwak & Habbatussauda yang dapat melawan bakteri sekaligus memutihkan gigi.

Menariknya, Tasya yang selalu rutin membiasakan keluarganya untuk rajin sikat gigi 2x sehari setelah mana dan sebelum tidur, juga menggunakan Pepsodent varian terbaru tersebut.

“ Kebersihan gigi dan mulut itu menjadi fokus tersendiri untukku, sehingga dengan hadirnya varian terbaru Pepsodent Complete 8 Siwak & Habbatussauda ini semakin melengkapi hari-hariku, di mana kita dapat memaksimalkan senyuman dan menjaga kekuatan gigi menggunakan bahan-bahan alami, sehingga #SenyumIndonesia selalu terjaga kapan saja,” pungkasnya.

Beri Komentar