Deretan Pesohor Tangguh, Balasannya Buat Pelaku Body Shaming Malu

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 10 Februari 2019 16:01
Deretan Pesohor Tangguh, Balasannya Buat Pelaku Body Shaming Malu
Siapa saja mereka?

Dream - Perkembangan teknologi dan sosial media saat ini membuat kasus body shaming semakin menggila. Sering kali netizen menghina seseorang karena penampilan fisik di platform sosial media.

Body shaming adalah istilah lain untuk mencela seseorang karena penampilan fisik.

 

Salah satu yang paling sering menjadi korban body shaming biasanya berstatus selebriti. Dengan statusnya, mereka menjadi sasaran para netizen yang seenak hati bertutur kata. 

Meski bagi sebagian orang body shaming hanya lelucon dan dianggap lucu, banyak yang tak menyadari jika perilaku body shaming bisa sangat menyakitkan buat korbannya.

Dikutip dari South China Morning Post, tindakan body shaming juga pernah dialami lima selebriti dunia. Mereka jadi korban perundungan body shaming dari para haters.

Namun mereka cukup cerdas dan tidak terpancing dengan membalas kata-kata netizen yang menyakitkan etrsebu. Mereka hanya melakukan pembelaan dengan melontarkan jawaban yang cukup menohok.

Siapa saja mereka?

1 dari 3 halaman

Jawaban Cerdas Kelly Clarkson dan Suami Tori Spelling

1. Kelly Clarkson

Clarkson memilih untuk tidak merespon tindakan body shaming terhadapnya. Itu terlihat setelah Clarkson menulis cuitan saat merayakan hari Kemerdekaan Amerika Serikat pada 4 Juli tahun lalu.

Seorang netizen memberi komentar yang sama sekali tidak terkait dengan cuitan Clarkson. Netizen itu menulis 'Kamu gemuk'. Kritik pendek namun pedas itu tidak luput dari perhatian Clarkson.

Dia pun menjawab dengan cuitan menohok yang seolah lanjutan dari tulisan netizen tersebut. Clarkson menulis '... dan masih luar biasa.'

      View this post on Instagram

A post shared by Kelly Clarkson (@kellyclarkson) on

2. Tori Spelling dan Dean McDermott

Terkadang selebriti harus membela anak-anak mereka dari pelaku bullying dan body shaming. Pengalaman buruk inilah yang dialami Tori Spelling dan Dean McDermott kala harus menghadapi pelaku body shaming yang mengejek bentuk badan hingga pakaian mereka.

McDermott pun membalas dengan menulis 'malu pada dirimu sendiri karena memberikan penilaian mengerikan pada anak-anak yang tidak bersalah ini'.

"Aku benar-benar ngeri dan jijik dengan komentar tentang anak-anakku. Mempermalukan fisik dan mengejek anak-anakku??!! Ada apa dengan kalian semua??!!" kata McDermott.

Tidak sampai di situ saja, McDermott menceritakan penampilan acak-acakan anak-anaknya dikarenakan mereka menghabiskan waktu dengan berlari-lari di lokasi syuting.

"Selain itu, mereka juga lari ke sana ke mari dengan anak-anak lain di lokasi syuting. Jadi, aku minta maaf jika tidak sempat merapikan penampilan mereka untuk kalian," kata McDermott.

McDermott juga balik mengkritik komentar yang mengejek bentuk tubuh anak-anaknya. Menurutnya, komentar tersebut sangat jahat dan tidak beralasan.

"Mereka akan melalui tahap-tahap pertumbuhan yang berbeda. Siapa peduli? Mereka bahagia dan sehat, dan aku minta maaf jika mereka tidak terlihat kurus seperti supermodel. Orang punya bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Apa hak kalian mengurus bentuk badan anak-anakku?" tulis McDermott.

2 dari 3 halaman

Sang Ratu Pop Tak Luput dari Ejekan

3. Madonna

Penampilan Madonna di acara Malam Tahun Baru 2019 di Stonewall Inn, New York tak lepas dari sorotan para pelaku body shamming. Bagian belakang bokongnya terlihat lebih berisi dari biasanya.

Netizen menuding pelantun Like a Virgin itu baru menjalani implant di bokongnya. Sementara yang lain menyebut Madonna memakai bantalan di balik pakaian dalamnya.

"Apakah Madonna mencoba jadi seorang Kardashian? Aku tidak mencoba untuk melakukan body shaming, tetapi netizen melihatnya seperti itu. Bangga pada tubuh mu sendiri dan apa yang kamu miliki!," tulis seorang netizen.

Madonna menjawab kritik netizen di Instagram dengan memposting foto selfie di acara itu, dengan tulisan: 'Tidak perlu mencari persetujuan siapa pun ... dan saya berhak atas tubuh saya sendiri seperti orang lain!

      View this post on Instagram

A post shared by Madonna (@madonna) on


4. Ariel Winter

Di antara para selebriti Hollywood, Ariel Winter mungkin yang paling sering menjadi sasaran body shaming dan bullying di media sosil. Tapi dia menunjukan karakter sebagai sosok artis tangguh. 

Aksi bully terbaru dilakukan saat netizen menuduh berat badan Ariel yang turun drastis hasil dari operasi plastik.

"Tidak ada yang salah dengan bersikap jujur ​​dan mengatakan kepadanya bahwa kami lebih menyukainya sebelum dia 'berubah'. Dia sangat cantik sebelum dia mulai melakukan operasi plastik," ujar seorang netizen.

Winter pun membalas komentar tersebut dengan menulis, "Aku hargai pendapatmu tentang para gadis yang harus menyukai tubuh mereka apa adanya. Tapi ucapanmu juga menyakitkan hatiku. Aku tidak pernah melakukan operasi plastik. Lagipula, kamu tidak mendukung kaum wanita jika kamu selalu berpikiran buruk terhadap penampilan mereka."

3 dari 3 halaman

Celine Dion Beri Jawaban Cerdas

5. Celine Dion

Celine Dion terbang ke Paris untuk menghadiri Haute Couture Fashion Week. Tetapi beberapa komentator lebih tertarik membahas penampilan tubuhnya daripada pakaian yang dikenakan.

"Fantastis sayangku seperti biasa. Tapi aku agak khawatir tentang kesehatanmu, sepertinya kamu terlihat... kurus dan lemah. Dan lelah ... Apakah kamu baik-baik saja, hunny?" kata netizen dengan akun @OBNUJOSH1 mengomentari foto Dion, yang saat itu berada di Eropa untuk Paris Fashion Week.

      View this post on Instagram

A post shared by Céline Dion (@celinedion) on


Dion menjawab kritik dengan memberi tahu bahwa penampilan barunya sepenuhnya untuk dirinya sendiri. "Aku melakukan ini untuk diriku sendiri. Aku ingin merasa kuat, cantik, feminin, galak dan seksi," kata Dion.

Pelantun My Heart Will Go On itu mengatakan bahwa 'kalian tidak bisa menyenangkan semua orang setiap saat'.

"Jika kamu suka, aku akan ada di sana. Jika tidak, tinggalkan aku sendiri," tambahnya.

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida