TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 Sukses Digelar, Upaya Cegah TBC Sejak Dini

Reporter : Wuri Anggarini
Rabu, 1 September 2021 11:30
TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 Sukses Digelar, Upaya Cegah TBC Sejak Dini
Sosialisasi Ayo TOSS TBC dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan ancaman TBC.

Situasi pandemi Covid-19 memang jadi fokus utama penanganan kesehatan saat ini. Tapi, tahu nggak sih kalau masih ada ancaman Kesehatan lainnya yang nggak kalah membahayakan, yaitu Tuberkulosis atau yang dikenal dengan TBC?

Bakteri penyebab TBC pertama kali berhasil ditemukan oleh Robert Koch pada 24 Maret 1882 lalu. Sejak saat itu, penyakit tersebut masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia sampai hari ini. Penyakit ini terus menyebar dengan masif.

Dilansir dari situs kemkes.go.id, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tirmizi, M.Epid menyebutkan bahwa TBC masih menjadi masalah kesehatan utama yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. Selama kondisi pandemi COVID 19, diperkirakan terdapat lebih dari 845 ribu kasus kasus TBC di tahun 2020. Namun, situasi pandemi yang berlangsung menyebabkan penemuan kasus TBC terkendala.

Biarpun menjadi salah satu masalah kesehatan utama, tapi ternyata nggak semua orang mengerti dan paham dengan gejala, pencegahan, dan penanganan TBC itu sendiri. Fenomena ini yang membuat hadirnya gerakan sosialisasi Ayo TOSS TBC yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan dan didukung penuh PT Johnson & Johnson Indonesia.

1 dari 2 halaman

Setiap Detik Itu Berharga, Yuk Selamatkan Bangsa dari Tuberkulosis

Agar masyarakat semakin sadar dan memahami tentang penyakit TBC & TBC RO, serta cara pencegahannya, Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan PT Johnson & Johnson Indonesia mengadakan sosialisasi gerakan Ayo TOSS TBC (Temukan Tuberkulosis, Obati Sampai Sembuh). Sejalan dengan World Health Organization (WHO), sosialisasi tahun ini mengangkat tema Setiap Detik Berharga, Selamatkan Bangsa dari Tuberkulosis (The Clock is Ticking) untuk menunjukkan bahwa setiap detik waktu yang kita miliki berharga dan perlu dimanfaatkan sebaik – baiknya. Untuk mendukung program ini, diperlukan peran besar masyarakat khususnya generasi muda nih!

2 dari 2 halaman

Update Kegiatan TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021

TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 Sukses Digelar, Upaya Cegah TBC Sejak Dini© Toss TBC

Salah satu langkah nyata yang dilakukan pemerintah dalam penanganan TBC adalah menggelar kampanye TOSS TBC Virtual Ride & Run 2021 yang berlangsung pada 17 Agustus – 5 September 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Gerakan Ayo TOSS TBC yang dilakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap TBC sekaligus menumbuhkan  perilaku hidup bersih dan sehat dengan berolahraga.

TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021 mendapat sambutan positif dari masyarakat. Sebanyak 915 peserta mendaftarkan diri dalam kegiatan yang terdiri dari kategori lari (individu dan kelompok), serta kategori bersepeda (individu dan kelompok). Selain itu, kegiatan ini juga mengajak kepedulian generasi muda untuk memberikan donasi untuk mendukung peningkatan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat tentang penyakit TBC, serta memberi dukungan kepada pasien TBC.

Sebagai kelanjutan dari rangkaian sosialisasi gerakan Ayo TOSS TBC, masyarakat juga diajak untuk mengikuti Kompetisi Video TOSS TBC 2021 dengan membuat video informatif dan inspiratif yang dapat mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai TBC dan TBC RO. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini.

Lewat kampanye ini, diharapkan masyarakat mulai lebih peduli dan memahami tentang gejala TBC, sehingga dapat melakukan deteksi dini terhadap diri sendiri, serta mencegah penularan dengan segera periksa ke fasilitas kesehatan jika bergejala, agar bisa diobati sampai tuntas.

Dengan menyebarluaskan informasi yang benar tentang TBC, kita sudah turut serta dan mendukung upaya pemerintah untuk untuk menurunkan risiko TBC dan mendukung Indonesia Bebas TBC 2030. It’s time to end TBC!

Yuk saatnya menjadi agen perubahan dengan menjadi generasi TOSS (Temukan, Obati Sampai Sembuh) TBC, untuk informasi lengkapnya bisa di cek juga ya di sini.

Beri Komentar