Tren Penjualan Baju Muslim Keluarga Meningkat, Intip Inspirasi 'Ramadan in Style' Yuk!

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 4 April 2023 15:00
Tren Penjualan Baju Muslim Keluarga Meningkat, Intip Inspirasi 'Ramadan in Style' Yuk!
Euforia Ramadan membuat peningkatan tren penjualan baju muslim di tanah air.

Ramadan selalu membawa euforianya tersendiri karena berbagai agenda bermunculan untuk menikmati momen spesial yang satu ini. Hal tersebut juga ikut mempengaruhi pola konsumsi masyarakat, termasuk soal pakaian, lho. Kegiatan bukber hingga silaturahmi Lebaran bikin masyarakat lebih banyak belanja pakaian.

Hal ini terbukti dari data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang menyatakan kalau kinerja industri Tekstil dan Pengolahan (TPT) pada 2022 menunjukkan hasil yang baik. Selain itu, Data Badan Pusat Statistik (BPS) juga menunjukkan kalau konsumsi pakaian melonjak tajam pada kuartal berlangsungnya Ramadan.

1 dari 6 halaman

Permintaan Meningkat 30% Dibandingkan 2021

Data lain dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) juga menyebutkan bahwa permintaan industri tekstil meningkat hingga 30% jika dibandingkan 2021.

“ Di Tokopedia, selama Ramadan 2022, Fesyen (termasuk Fesyen Muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo.

2 dari 6 halaman

Terjadi Peningkatan Tren Belanja Awal Ramadan 2023

Peningkatan yang positif pun terlihat memasuki awal Ramadan 2023. Tren penjualan fesyen muslim di Tokopedia menunjukkan peningkatan pesat.

“ Fesyen, termasuk Fesyen Muslim, menjadi salah satu kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama awal Ramadan 2023. Tren ini sama seperti tahun lalu,” jelas Aldhy.

Selain itu, beberapa produk fesyen muslim juga mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di Tokopedia. " Blus muslim meningkat 2x lipat, gamis dan kaftan masing-masing 2,5x lipat, baju koko 3,5x lipat dan baju muslim keluarga 4x lipat,” tambah Aldhy.

Hal ini tak terlepas dari inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya seperti Dilayani Tokopedia. " Kami melihat adanya peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fesyen muslim selama awal Ramadan 2023 di Tasikmalaya (Jawa Barat), Bandung (Jawa Barat), Cirebon (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat,” papar Aldhy.

Momentum ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha lokal fesyen muslim perempuan dan laki-laki. Misalnya saja Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca dan masih banyak lagi.

3 dari 6 halaman

Terinspirasi Budaya Minang, Penjualan Ria Miranda Meningkat 127%

Tren Penjualan Baju Muslim Keluarga Meningkat, Intip Inspirasi 'Ramadan in Style' Yuk!

Kalau ngobrolin soal brand modest fashion, Ria Miranda pasti sudah nggak asing lagi. Brand yang berdiri sejak 2009 ini terinspirasi dari cara berpakaian ibu sang pemilik yang feminin, elegan, dan menyukai warna pastel. “ Selain itu, Ria juga terinspirasi dari budaya Minang seperti songket, rempah masakan Padang serta ukiran rumah gadang,” jelas Chief Commercial Office Ria Miranda, Yaya Wulandari.

“ Sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018, bisnis Ria Miranda makin maju dan dikenal lebih banyak orang. Di awal tahun 2023, penjualan Ria Miranda di Tokopedia naik sekitar 127%, dibandingkan periode yang sama di tahun 2022,” papar Yaya. Ria Miranda kini bahkan bisa memberdayakan hampir 200 karyawan.

Selama momen Tokopedia Ramadan in Style 2023 ini, Ria Miranda meluncurkan koleksi eksklusif 'Sangsata'. Koleksi tersebut menghadirkan motif songket berbalut ornamen bunga yang modern. Hadir dalam dress, tunik, mukena, atasan, scarf, dan koleksi keluarga yang bisa didapatkan lewat Tokopedia.

4 dari 6 halaman

Cerita Inspiratif: Dulu Magang Jadi Penjahit, Sekarang Buka Lapangan Kerja untuk Penjahit!

Tren Penjualan Baju Muslim Keluarga Meningkat, Intip Inspirasi 'Ramadan in Style' Yuk!

Cerita menarik hadir dari Fatih Indonesia yang didirikan oleh Fahmi Hendrawan pada 2015. Brand ini menawarkan baju muslim laki-laki dengan unsur batik khas Indonesia. “ Nama Fatih Indonesia diambil dari surat Al-Fatihah yang berarti pembuka. Saya berharap bisnis ini bisa menjadi pembuka rezeki saya dan karyawan sekaligus pembuka identitas Indonesia di kancah fesyen global,” ujar Fahmi.

“ Fatih Indonesia bergabung di Tokopedia sejak 2021. Kini hampir 40% penjualan Fatih Indonesia berasal dari Tokopedia,” jelas Fahmi. Fahmi yang di masa lampau pernah magang menjadi tukang jahit, saat ini berhasil memberdayakan sekitar 30 karyawan–termasuk penjahit batik artisan di Garut, Tasikmalaya, Solo dan Bengkulu–lewat bisnis yang ia bangun.

Dalam Tokopedia Ramadan in Style 2023, Fatih Indonesia menghadirkan koleksi eksklusif bertajuk 'Harmonia' yang tampil dengan sentuhan earth tone dan mengambil motif batik dari Tasikmalaya. Koleksi tersebut akan diluncurkan pada 3 April 2023 lewat Tokopedia.

5 dari 6 halaman

ZM Zaskia Mecca Berdayakan Lebih dari 2.000 Pekerja

Tren Penjualan Baju Muslim Keluarga Meningkat, Intip Inspirasi 'Ramadan in Style' Yuk!

ZM Zaskia Mecca kini sudah sukses memberdayakan lebih dari 2.000 pekerja di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Pekalongan, dan Jepara. . “ Kami memilih bekerja sama dengan penjahit lokal karena lebih mengerti tentang kekayaan Indonesia sekaligus ingin mendukung perekonomian daerah tersebut,” jelas CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca, Muhammad Haykal Kamil.

“ ZM Zaskia Mecca bergabung di Tokopedia pada 2017. Kami sangat terbantu oleh kampanye dan fitur dari Tokopedia. Eksposur dan penjualan makin meningkat. Kami bahkan bisa mendapatkan ribuan pesanan dan omzet miliaran saat Ramadan lewat Tokopedia,” ungkap Haykal.

Di Tokopedia Ramadan in Style 2023, ZM Zaskia Mecca akan meluncurkan koleksi 'Romansa Khatulistiwa' edisi Melati. Warna putih bunga melati menggambarkan kesucian yang selaras dengan Ramadhan. Koleksi ini akan tersedia secara eksklusif di Tokopedia mulai 3 April 2023, dan terdiri dari blus, dress, tunik dan scarf.

6 dari 6 halaman

Hadirkan Inspirasi Fesyen Lewat Tokopedia Ramadan in Style

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk fesyen, khususnya fesyen muslim, Tokopedia melakukan kolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk pelaku usaha lokal fesyen muslim dalam menghadirkan kampanye Ramadan in Style sampai 18 April 2023.

Lewat promo menarik ini, kamu bisa mendapatkan berbagai pilihan produk baju muslim lokal dengan lebih efisien karena ada diskon hingga 99%, flash sale mulai dari Rp1.000 dan cashback sampai Rp300 ribu. Tokopedia Ramadan in Style juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat berdonasi paket makanan untuk duafa, anak yatim dan piatu.

Tak hanya lewat kampanye seperti Ramadan in Style, Tokopedia juga akan terus memberikan dukungan kepada pelaku usaha di Indonesia. Salah satunya lewat program Perencanaan Bisnis bersama Tokopedia (Joint Business Plan).

“ Program ini memberikan banyak manfaat, seperti perencanaan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha, akses prioritas ke saluran pemasaran Tokopedia Marketing Solutions, eksposur lebih dari berbagai channel Tokopedia, dan tinjauan bisnis secara rutin serta wawasan bisnis dari tim Tokopedia untuk memajukan usaha,” jelas Aldhy.

Beri Komentar