Ubah Hobi Jadi Duit dengan Bahan Alami, Intip Serunya Talkshow dan Workshop bareng SoSoft Detergent

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 29 April 2022 16:00
Ubah Hobi Jadi Duit dengan Bahan Alami, Intip Serunya Talkshow dan Workshop bareng SoSoft Detergent
Intip highlight keseruannya, yuk!

Kalau lagi jenuh dengan kegiatan sehari-hari, hobi seharusnya bisa jadi salah satu cara untuk refreshing diri alias menghibur. Tapi, nggak hanya sekadar buat melepas penat, lho. Tahu nggak sih Moms kalau ternyata ada hobi yang bisa ‘disulap’ menjadi uang?

Bermodalkan bahan-bahan alami, hobi menanam hidroponik ternyata bisa membawa cuan! Hal inilah yang jadi topik seru yang dibahas dalam Talkshow dan Workshop The Secrets To Be A Successful Mom, Turn Hobby Into Income bersama SoSoft Detergent yang berlangsung pada Selasa (26/04/2022) secara hybrid. Intip highlight keseruannya, yuk!

1 dari 3 halaman

Belajar Mengubah Hobi dari Founder WeGrow & Bell Society

Ubah Hobi Jadi Duit dengan Bahan Alami, Intip Serunya Talkshow dan Workshop bareng SoSoft Detergent© SoSoft Detergent

Sesi pertama dari talkshow ini menghadirkan Arka Irfani, co-founder dari WeGrow dan Bell Society. Dalam talkshow tersebut Arka menceritakan bagaimana awalnya sebuah hobi iseng bercocok tanam menjadi sebuah peluang usaha.

“ WeGrow awalnya dimulai tahun 2019. Ceritanya dulu lulus kuliah 2018, karena kita kebanyakan dari jurusan Biologi jadi setelah lulus ingin mengimplementasikan ilmu tersebut. Dulu kita suka bercocok tanam. Tapi setelah itu berkembang recycle limbah, pengolahan makanan sehat. Jadi kalau kita lihat di WeGrow.id, ada juga workshop membuat makanan sehat seperti kombucha. Tujuannya kita ingin orang-orang di rumah produktif, menghasilkan makanan sendiri, mengolah limbah sendiri,” ungkap Arka.

WeGrow fokus pada hidroponik karena lahan semakin terbatas. Menurut Arka, hanya dengan memanfaatkan teras rumah saja tanaman bisa tumbuh. Tapi, kuncinya adalah sinar matahari yang cukup.

Dari hobi tersebut, Arka dan teman-temannya membangun Bell Society yang fokus untuk mengumpulkan limbah kulit kopi untuk menjadi produk kulit sintetis. Produk mereka telah menembus sebuah pameran di Milan tahun lalu, berkolaborasi dengan para expertnya.

Selanjutnya ada WeGrow.id yang merupakan impian Arka untuk menjadi sebuah platform belajar tentang sustainability. Produk mereka adalah Kit Microgreens, jasa bikin kebun, hingga workshop edukasi green living yang mendapatkan perhatian khusus sejak pandemi karena orang-orang punya banyak waktu luang untuk belajar.

Arka pun memberikan tipsnya bagi Moms yang ingin mulai mengubah hobi menjadi duit yang menurutnya bisa diawali dari hal yang simpel.

“ Awalnya kita tentukan dulu bidang apa yang ingin dijalani lalu produk yang ingin dihasilkan. Tapi, produk tersebut harus punya keunikan dibandingkan produk yang lain. Setelah itu, awali dari hal yang simpel seperti bikin media sosial atau promosi lewat grup WA, nggak perlu yang ribet,” pungkas Arka.

2 dari 3 halaman

Cerita Inspiratif Mompreneur Membangun @Blufarmid

Ubah Hobi Jadi Duit dengan Bahan Alami, Intip Serunya Talkshow dan Workshop bareng SoSoft Detergent© SoSoft Detergent

Hobi berkebun juga dirasakan oleh Iia Dahlia yang berhasil membangun @Blufarmid. Berawal dari keinginan sederhana untuk menciptakan sebuah gang hijau, ternyata malah menjadi sebuah greenhouse besar yang membawa peluang untung besar.

Iia pun menceritakan bahwa ia dan teman-temannya mengawali hal tersebut dari ketidahtahuan karena latar belakangnya yang berbeda-beda. “ Kita benar-benar nggak tahu menanam itu harus pakai apa, tapi akhirnya berhasil membuat greenhouse dan @Blufarmid bertahan hingga 7 tahunan ini,” ceritanya.

Peluang bisnis hidroponik juga banyak peminat karena sekarang orang-orang tertarik untuk menggunakan bahan-bahan alami. Sama seperti SoSoft Detergent yang mengandung bahan aktif tumbuhan alami sehingga lembut di tangan dan pakaian, serta tetap ramah lingkungan.

“ Peluang bisnis hidroponik terbuka lebar dan menguntungkan, baik bagi yang menanam maupun yang menjual. Nggak pernah sepi konsumen, apalagi dengan pandemi ini banyak orang mencari bahan alami. Kesempatan bisnis hidroponik masih tinggi,” pungkas Iia.

3 dari 3 halaman

Workshop Menanam Hidroponik

Ubah Hobi Jadi Duit dengan Bahan Alami, Intip Serunya Talkshow dan Workshop bareng SoSoft Detergent© SoSoft Detergent

Selanjutnya, ada sesi workshop menanam hidroponik yang nggak hanya seru tapi juga menambah wawasan baru. Workshop ini dipandu oleh Huda Nurul Quddus, R&D Wegrow dan pegiat komunitas Indonesia Berkebun yang mengajarkan kepada Sahabat Dream menanam hidroponik dengan teknik yang lebih simpel.

Peserta yang sudah mendaftarkan diri mengikuti workshop ini mendapatkan sebuah kit yang berisi berbagai peralatan yang diperlukan untuk memulai hidroponik. Seperti buku panduan, infraboard, baki, benih sayuran, sprayer, sendok takar, rockwool, hingga larutan nutrisi AB mix.

Huda pun memulai sesi workshopnya dengan proses menyemai, yaitu menumbuhkan dari biji. Proses menyemai ini memerlukan waktu yang cukup beragam, yaitu 10-14 hari tergantung tanaman yang disemai. Dalam workshop kali ini, benih yang digunakan adalah selada romaine.

Setelah proses meletakkan benih di atas rockwool selesai, step selanjutnya adalah melarutkan nutrisi dengan bantuan air. Huda menjelaskan rumus 5:5:1 dalam melarutkan nutrisi, yaitu 5 ml larutan A, 5 ml larutan B, dan 1 liter air bersih.

Huda juga memberikan beberapa tips menanam hidroponik, yaitu kuncinya adalah benih harus dalam keadaan lembap saat disimpan. Jangan lupa untuk letakkan di tempat yang terkena cahaya matahari agar bisa bertumbuh. Air juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan menanam hidroponik, sehingga Huda menyarankan hindari air yang mengandung logam berat.

Wah, banyak pengetahuan baru yang didapatkan dalam talkshow dan workshop The Secrets To Be A Successful Mom, Turn Hobby Into Income. Seiring dengan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap gaya hidup sehat dan alami, hidroponik menjadi salah satu tren yang banyak diikuti. Berdasarkan kebutuhan ini juga, SoSoft Detergent hadir dengan formula natural yang banyak dicari oleh masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para Moms yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk dirinya dan keluarga lewat bahan-bahan yang natural, SoSoft Detergent menghadirkan talkshow The Secrets To Be A Successful Mom, Turn Hobby Into Income untuk empower para Moms agar memiliki hidup seimbang dan tidak ragu untuk jadi Moms yang multitasking. Jadi, bisa mengurus keluarga sekaligus menjalani hobi yang bisa menjadi sumber penghasilan juga.

SoSoft Detergent hadir dengan Nature+ Technology, paduan seimbang dari bahan aktif tumbuhan dan teknologi terkini sehingga menghasilkan deterjen yang berdaya bersih maximal tapi tetap lembut di tangan, dan akan membantu Moms untuk menjaga pakaian dari bau apek karena SoSoft Detergent ini menggunakan Natural Perfume Essence, sehingga wanginya segar, dan baju pun lembut alami. Formulanya juga lembut karena berbahan aktif dari tumbuhan dan sudah teruji secara dermatologis, bebas bahan kimia berbahaya sehingga nggak bikin iritasi dan panas di tangan.

Penasaran akan kelembutan SoSoft Detergent, Sahabat Dream? Langsung saja beli produknya di Alfamart atau Indomaret biar bisa ikutan Festival Kelembutan yang dihadirkan oleh SoSoft Detergent yang berlangsung sampai 30 Juni 2022! Hanya dengan membeli minimal 1 pcs SoSoft Detergent botol 750ml varian apapun di Alfamart atau Indomaret, Moms mendapatkan kesempatan memenangkan berbagai hadiah mulai dari iPhone 13, Samsung Z Flip3, Logam Mulia dan hadiah menarik lainnya dengan total ratusan juta rupiah. Foto struk dan kirimkan ke nomor WhatsApp 0821 4525 7676.

Jangan sampai ketinggalan ya! Cek info menarik lainnya dengan follow Instagram @sosoft.detergent, yuk!

Beri Komentar