© 2022 Instagram/jewelrocksbijoux
Prestasi membanggakan kembali ditorehkan UMKM Tanah Air. Jewel Rocks, UMKM asal Bali resmi terbang ke Perancis dalam perhelatan Paris Fashion Week.
Hal ini tak lepas dari peran perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia yang bersinergi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis dalam mendukung UMKM lokal. Hal ini sesuai dengan komitmen Tokopedia dalam memberikan peluang yang luas untuk pelaku UMKM di Indonesia.
“ Kami berkomitmen untuk memberikan panggung seluas-luasnya untuk para pelaku UMKM lokal Indonesia agar mereka bisa terus berkembang khususnya di masa pandemi bahkan sampai ke kancah global,” ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.
Sementara itu, Duta Besar RI Paris, Mohamad Oemar juga mengatakan bawah Perancis sebagai kiblat fashion dunia bisa menjadi akses pembuka bagi desainer Indonesia dalam merambah pasar internasional.
“ Perancis sebagai salah satu kiblat mode dunia dapat dimanfaatkan sebagai akses bagi para desainer Indonesia merambah pasar internasional. Dukungan bagi UMKM Indonesia merupakan bagian dari upaya pemerintah RI mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia,” tambah Duta Besar RI Paris, Mohamad Oemar.
Jewel Rocks yang sudah lama dikenal sebagai usaha perhiasan buatan tangan dengan berbagai material unik terpilih sebagai salah satu UMKM lokal yang unjuk gigi di Paris Fashion Week Showroom dalam program ‘Indonesian Designers in Paris by L'Adresse Paris Agency’. UMKM asal Bali tersebut memamerkan koleksi autumn/winter 2022 yang cantik dan menyita perhatian para tamu di Paris Fashion Week Showroom tersebut.
Untuk perhelatan Paris Fashion Week, Jewel Rocks telah menyiapkan 10 desain baru yang belum diluncurkan di Indonesia. Nggak cuma itu, beberapa koleksi best seller dari Jewel Rocks juga turut dipamerkan dalam ajang ini.
Jewel Rocks memulai bisnisnya sejak 2006. Kala itu, sang owner yaitu Imelda Widjaja terinspirasi dari hobi mengumpulkan cendera mata tiap kali bepergian.
“ Saya akhirnya mendapatkan ide untuk membuat perhiasan modern yang bisa menjadi memori atau oleh-oleh tanpa meninggalkan unsur tradisi mulai dari teknik maupun tema,” ungkapnya.
Dalam menjalankan bisnisnya, Imelda berkolaborasi dengan sejumlah pengrajin perak, resin, manik kaca dan pembuat warna natural yang ada di Bali, Jawa Timur, den Bandung. Dirinya mengaku bahwa modal awal senilai Rp500 ribu yang dulu digelontorkan benar-benar bisa optimal. Kini Jewel Rocks telah memiliki 10 karyawan yang sebagian besar ibu rumah tangga.
“ Selama pandemi, platform digital seperti Tokopedia sangat membantu bisnis kami. Dalam sebulan kami bisa mendapatkan hingga 150 pesanan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan omzet kami pada 2021 meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2020,” jelas Imelda.
Dengan Jewel Rocks yang resmi ikut andil di Paris Fashion Week, Imelda berharap bisa mengharumkan nama Indonesia termasuk membuka mata dunia bahwa produk karya UMKM tanah air juga bisa bersaing di kancah internasional.
“ Harapannya, saya bisa membawa nama Indonesia melalui ajang ini sehingga pembeli di kancah internasional bisa melirik potensi usaha lokal yang semakin banyak dan berkualitas.” tutup Imelda.