Limosin Mewah Rp2,67 Triliun Vladimir Putin, Takut Mata-Mata Tak Dipasang Software

Reporter : Alfi Salima Puteri
Minggu, 20 Maret 2022 16:00
Limosin Mewah Rp2,67 Triliun Vladimir Putin, Takut Mata-Mata Tak Dipasang Software
Limosin antipeluru dan antibom yang dimiliki presiden Rusia ini menampilkan interior mewah dan memiliki sistem keamanan yang ketat.

Dream - Ketika jutaan orang di Ukraina mengungsi dari rumah mereka akibat serangan Rusia, Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan menginjakkan kakinya di salah satu dari delapan istananya.

Meski tidak jelas di mana tempat tinggalnya saat ini, satu hal yang pasti adalah Putin menggunakan armada limosin mewah yang tak terkalahkan untuk berkeliling.

Melansir Daily Star, Putin dilaporkan memiliki sejumlah limosin antipeluru dan antibom yang menampilkan interior mewah dan sistem keamanan yang lebih ketat.

Limosin seharga 142 juta poundsterling atau skitar Rp2,67 triliun ini pertama kali diluncurkan saat pelantikan Putin yang keempat kalinya. Putin menggunakannya saat menuju ke upacara mewah di Kremlin pada 2018.

1 dari 5 halaman

Berat 6,5 Ton

Limosin Aurus Senat pada dasarnya adalah 'benteng' bergerak yang menggabungkan kemewahan dengan ketidakterbatasan. Meski terlihat seperti Rolls-Royce, mobil Putin itu dibuat khusus dengan bantuan Porsche.

Interiornya terbuat dari kayu dan kulit domba, dan ditenagai oleh mesin V12 6.6 liter.

Interior Limousine Vladimir Putin© Daily Star

Beratnya mencapai 14.330 pon (6500kg) dan mampu melindungi penumpangnya bahkan jika jatuh di bawah air. Mobil ini diketahui anti-bom dan antipeluru, meskipun detail lengkap fitur keamanannya belum dirilis ke publik.

Meski canggih dan mewah, namun Putin dilaporkan tidak ingin memasang perangkat lunak Android atau Apple di dalam kendaraannya demi keamanan dan untuk menghindari mata-mata dari Barat.

2 dari 5 halaman

Teka-Teki Paling Sulit Dipecahkan, Total Kekayaan Vladimir Putin Capai Rp2.877 Trilun?

Dream - Presiden Rusia Vladimir Putin mendapatkan sanksi dari Amerika Serikat (AS) dan sekutu Eropa berupa hukuman finansial. Tak hanya Putin, sanksi serupa juga dijatuhkan Uni Eropa kepada Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov. 

Melansir dari abc.net.au putusan menjatuhkan sanksi berupa pembekuan aset milik Vladimir Putin dan Sergey Lavrov disetujui oleh Uni Eropa. Langkah pembekuan aset diikuti larangan perjalanan ini diharapkan bisa memberikan dampak psikologis pada Putin dan sekutunya.

Namun dampak dari sanksi tersebut banyak ditanggapi hanya bersifat simbolis. Putin diyakini memiliki kekayaan pribadi hingga miliaran dolar. Namun sedikit yang mengetahui nilai persis dari presiden yang pernah menjadi mata-mata KGB ini.

Putin hampir tidak meninggalkan jejak kertas untuk asetnya yang sebagian besar dalam bentuk properti. Aset tersebut tersembunyi di balik skema keuangan kompleks yang diselenggarakan oleh orang-orang kepercayaannya, menurut laporan Panama Papers 2016 oleh International Consortium of Investigative Journalists.

3 dari 5 halaman

Majalah Forbes yang merilis daftar tahunan orang-orang terkaya di dunia, mengatakan jumlah kekayaan Vladimir Putin tidak diketahui.

" Mengetahui kekayaan bersih Putin mungkin merupakan teka-teki yang paling sulit dipahami," tulis tim Forbes bulan lalu.

Kremlin mengatakan bahwa sebagai Presiden Rusia, Vladimir Putin digaji sekitar US$117 ribu atau sekitar Rp1,68 miliar per tahun.

Dokumen resmi yang dirilis setiap tahun menunjukkan bahwa ia memiliki apartemen seluas 77 meter persegi dan memiliki dua mobil, yakni Volga era Soviet tahun 1960-an dan sebuah Lada Vida, mobil yang populer di Rusia.

4 dari 5 halaman

Tetapi para kritikus meragukan klaim tersebut. Menurut Bill Browder, pemodal AS yang pernah menjadi investor terbesar Rusia sebelum menjadi salah satu kritikus paling vokal terhadap presiden Rusia itu, Putin bisa saja menyembunyikan hingga US$200 miliar atau sekitar Rp2.877 triliun.

" Dia adalah salah satu orang terkaya di dunia. Saya memperkirakan dia telah mengumpulkan US$200 miliar dari keuntungan tidak sah. Dia menyimpan uangnya di Barat dan semua uangnya di Barat berpotensi terkena pembekuan dan penyitaan aset," jar Bill Browder kepada Komite Kehakiman Senat AS pada 2017.

Boris Nemstov, seorang kritikus Putin yang dibunuh pada tahun 2015, sempat membuat dokumen beberapa tahun sebelum kematiannya. Dalam dokumennya dia melukiskan gaya hidup mewah yang dijalani presiden Rusia tersebut.

Nemstov mengatakan musuh bebuyutannya itu memiliki 15 helikopter, empat kapal pesiar dan satu jet penumpang yang dilengkapi toilet berlapis emas.

 

5 dari 5 halaman

Laporan itu juga menuduh bahwa Putin adalah kolektor jam tangan mahal, dengan koleksi yang dikatakan bernilai US$687 ribu.

Dia juga dilaporkan berpakaian secara eksklusif dengan setelan yang dibuat khusus dan dasi dari merek ternama Valentino.

Namun, Putin selalu membantah tuduhan bahwa ia menjalani gaya hidup mewah. Sebaliknya, Putin mengklaim bahwa ia telah bekerja keras seperti dari pagi hingga malam tanpa henti selama masa kepresidenannya.

Beri Komentar