Mengintip Busana Sasak Jokowi di Pidato Kenegaraan

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 16 Agustus 2019 12:41
Mengintip Busana Sasak Jokowi di Pidato Kenegaraan
Ia mengusung 2 konsep busana berbeda di acara tersebut.

Dream - Presiden Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan pada sidang tahunan MPR, DPR dan DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Selatan, Jumat 16 Agustus 2019.

Di kesempatan itu, Jokowi tampil membawakan dua busana berbeda. Ia mengusung konsep modern dan tradisional pada busana yang dikenakan di kedua sesi pidato.

Sebelumnya, Jokowi tampak mengenakan setelan jas biru pada sidang tahunan MPR. Jas tersebut menutupi kemeja putih yang dipakainya.

 Jokowi

Foto: YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI

Penampilan Jokowi disempurnakan dengan dasi merah serta lencana Presiden yang melekat pada kerah tuksedo. Seperti biasa, ada kopiah hitam yang melekat di kepala Sang Presiden.

Kemudian saat skorsing selama 15 menit, suami Iriana Jokowi mengganti pakaiannya. Kali ini Presiden Jokowi tampil berbeda dengan busana tradisional.

1 dari 6 halaman

Busana Sasak

Pada Sidang Bersama DPR-DPR, Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 Jokowi

Foto: YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI

Jokowi memakai busana Sasak berwarna cokelat keemasan. Busana terdiri dari jas berornamen bordir yang dilengkapi dengan kain songket untuk menyelipkan keris.

Jas itu juga dilengkapi dengan lencana presiden serta deretan aksesori emas.

Sementara itu, bagian bawahan busana Sasak terdiri dari kain traadisional berwarna cokelat keemasan. Jokowi juga memakai sepasang mules atau selop warna hitam untuk alas kaki.

 Jokowi

Foto: Foto: YouTube Sekretariat Presiden

2 dari 6 halaman

Mahkota Kemerdekaan

Sebagai pamungkas, Jokowi mengenakan headpiece etnik berupa Sapuk khas Lombok. Mahkota itu memberi kesan dramatis ketika Jokowi menyuarakan semangat kemerdekaan Indonesia.

 Jokowi

Foto: YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI

" Dirgahayu Republik Indonesia, Dirgahayu Negeri Pancasila. Terimakasih, merdeka!" seru Jokowi sambil mengepalkan tangan di udara.

3 dari 6 halaman

Jaket Bikers Hingga Sepatu, Ini Daftar Brand Lokal Jokowi Sepanjang 2018

Dream - Meski hanya mengandalkan local brand, gaya busana Presiden Joko Widodo tidak kalah stylish dengan anak muda.

Kecintaannya terhadap karya anak bangsa tidak pernah luntur. Ia kerap kali menjajal fashion item lokal tanpa ragu.

Tak jarang, brand tersebut langsung viral dan melejit di pasar setelah dikenakan Jokowi.

Dari berbagai sumber, Dream merangkum label busana lokal yang dipakai Jokowi sepanjang 2018.

4 dari 6 halaman

Bulls Syndicate

 Fashion Jokowi

Ketika meresmikan Jalan Tol Trans Jawa beberapa saat lalu, Jokowi tampil casual dalam balutan bomber jacket.

 Fashion Jokowi

Jaket berwarna hitam itu dipadukan dengan kemeja putih dan celana jeans. Produk asal Solo itu menawarkan jaket bikers seharga Rp 300 - 500 ribu saja.

Never Too Lavish

 Fashion Jokowi

Jokowi pernah memakai jaket berbahan jeans ketika touring ke Sukabumi. Jaket denim itu bertuliskan Indonesia di bagian belakang dengan lambang bendera merah putih yang dibuat dengan teknik lukis.

Ia membelinya dari seorang seniman anak bangsa dengan harga Rp 4 juta.

5 dari 6 halaman

Saint Barkley

 Fashion Jokowi

Jokowi membeli sepasang sepatu Saint Barkley berwarna hijau seharga Rp 380 ribu. Sepatu merek lokal asal Bandung itu ditemuinya ketika mengunjungi Sneaker Day 2018 bersama putra sulungnya Gibran Rakabuming.

Ame Raincoat

 Fashion Jokowi

Saat menghadiri acara IdeaFest 2018, Jokowi kepincut dengan jaket berwarna cokelat itu.

Produk Ame Raincoat tipe Authentic Series dijajal seharga Rp 499 ribu. Jaketnya multifungsi sehingga dapat digunakan dalam keadaan hujan maupun tidak.

6 dari 6 halaman

Viral Jaket Jokowi Seharga Ratusan Ribu

Dream - Berbagai aktivitas Presiden Joko Widodo selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali dengan busana yang dikenakan pria yang karib disapa Jokowi itu.

Beberapa pilihan outfit ayah tiga anak ini, kerap viral disorot warganet. Beberapa diantaranya seperti jaket bergambar peta Indonesia, dan ada juga jaket Asian Games, yang dipakainya belum lama ini.

Presiden asal Solo ini memang dikenal gencar mempromosikan karya anak bangsa. Jokowi, kerap memborong karya anak-anak muda Indonesia sebagai bentuk dukungannya pada produk lokal.

Terbaru, kakek Jan Ethes ini kembali menuai simpati saat berbelanja jaket di acara Idea Fest 2018. Hal itu tentu menjadi kejutan bagi Chief Executive Officer (CEO) Ame Raincoat, Mirza Miftah.

  Ame Raintcoat

Foto: Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Dia tak meyangka jika Jokowi akan datang dan memborong produk jualannya.

Diceritakan Mirza, Jokowi tertarik memborong Ame Raintcoat tipe Authentic Series yang merupakan jaket multifungsi. Sehingga bisa dipakai dalam kondisi hujan maupun cuaca terang lainnya.

" Iya pak ini bisa kalau dipakai ke Papua untuk dinas, terus dia (Jokowi) tertarik," kata Mirza.

Jaket coklat yang diborong Jokowi dibandrol senilai Rp 499.000. Menariknya, jaket tersebut langsung dikenakannya untuk berkeliling di area pameran Idea Fest 2018.

Sementara itu, Jokowi mengaku spontan saja membeli jaket tersebut. Diakuinya, tak ada rencana sebelumnya untuk membeli jaket dengan merek tertentu.

" Ya spontan lah, spontan-spontan saja," kata Presiden Jokowi.

(Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie