Dukung Industri Fashion Indonesia Maju, IFC Gelar ‘Front Row Paris 2022’

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 24 Agustus 2022 10:12
Dukung Industri Fashion Indonesia Maju, IFC Gelar ‘Front Row Paris 2022’
Di ajang ini, para desainer Indonesia bisa berkenalan dengan para pelaku fashion Paris agar dapat menjangkau pasar lebih lebar.

Dream – Sebelum karya 17 desainer Indonesia tampil di atas kapal pesiar Bateau Chansonnier pada 3 September 2022 dan fashion show di La Galerie Bourbon, Paris pada 4 September 2022 mendatang, Indonesia Fashion Chamber (IFC) gelar konferensi pers ‘Front Row Paris 2022’ bertempat di The Westin lt 52, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa, 23 Agustus 2022.

Dihadiri Ketua Nasional IFC, Ali Charisma, ia mengatakan setelah show terakhir pada 2019 lalu dari fashion chamber akhirnya tahun ini IFC bisa menggelar acara kembali dengan semangat memajukan fashion Indonesia agar dikenal mancanegara sekaligus memajukan ekonomi Indonesia dalam sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Indonesia Fashion Chamber© IFC

“ Pemerintah sangat ingin mendorong industri fashion ini maju, bahkan sudah bertahun-tahun kita mendorong fashion Indonesia go global serta mendeklarasikan secara bisnis juga. Sebab, di Indonesia sendiri jadi standar dunia dari sisi fashion Muslim,” jelas Ali.

Tak cuma itu saja, IFC juga berharap para desainer Indonesia lainnya juga mampu menunjukkan sisi karya dari sisi Indonesia-nya di dunia fashion mancanegara, terutama di tahun ini para desainer bisa memperkenalkan karya-karyanya di Paris.

Ali juga membeberkan harapannya para desainer Indonesia bisa berkenalan dengan para pelaku fashion Paris agar dapat menjangkau pasar lebih lebar.

Seperti diketahui, adanya Front Row Paris 2022 yang digelar dua hari di kapal pesiar dan galeri merupakan kesempatan 17 desainer Tanah Air untuk mempresentasikan karya di depan audiens. 

1 dari 3 halaman

Selain Ali, hadir juga Pixy selaku perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM dan Yusuf Wiharto dari Viva Cosmetics di acara ini demi memberi dukungan pada 17 desainer Indonesia di ajang fashion Internasional, Paris.

“ Di Front Row nanti, para fashion desainer akan mempresentasikan seperti show yang diadakan di Indonesia. Contohnya seperti fashion show di Indonesia memakai hijab, di sana akan memakai hijab agar bisa keep presentasi dari show-nya sendiri,” jelas Pixy.

Indonesia Fashion Chamber© IFC

Melengkapi perjalanan para desainer untuk memamerkan karya-karyanya, acara ini juga didukung Viva Cosmetics yang pastinya sudah taka sing lagi di dunia kecantikan sejak 1962 silam.

“ Di sana, para MUA dan Bu Tiny sebagai Beauty Consultant diminta untuk makeup dan hair do 30 model dengan durasi waktu dua jam, untuk tampilan makeup-nya sendiri akan diaplikasikan sesuai guidence dari para desainernya,” jelas Yusuf selaku perwakilan Viva Cosmetics.

2 dari 3 halaman

Indonesia Fashion Chamber© Indonesian Fashion Chamber

Acara yang berlangsung kurang lebih dua jam ini beberapa desainer Tanah Air pun mempresentasikan rancangan yang akan dipamerkan di Front Row Paris 2022 secara satu persatu.

Berikut di antaranya:

- Lenny Agustin, membawa desain Kebaya yang memiliki gaya khas dipadukan dengan gaya jaket
- NY by Novita Yunus, membawa desain khusus Eco Print dengan pewarna alam yang dibuat di Bali serta membawa sutra tenun dari daerah Garut, Jawa Barat
- Lisa Fitria mempresentasikan gaya female dan male yang dipadukan dengan warna natural dan motif geometris gaya maskulin feminin
- LAELYIND membawa koleksi tenun Sumba lebih elegan dan dynamic
- Putri Anjani by PRANALIVING akan membawa motif kawung dengan menjadikan style kasual dan indah

Indonesia Fashion Chamber© IFC

 

3 dari 3 halaman

Indonesia Fashion Chamber© Dream.co.id/Ghina Arifin

Keikutsertaan para fashion desainer Indonesia ke Front Row Paris 2022 ini merupakan bentuk konsistensi industri fashion Tanah Air dalam menggelar acara yang tidak cuma sekali namun menjadi gelaran rutin sehingga bisa dikenal dan bertemu para pelaku fashion dan buyer dari luar negeri.

Indonesia Fashion Chamber© Dream.co.id/Ghina Arifin

Laporan: Ghina Arifin

Beri Komentar