Hijaber, Ikat Rambut dengan Lembut Agar Mahkota Tak Rusak

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 20 Oktober 2022 18:12
Hijaber, Ikat Rambut dengan Lembut Agar Mahkota Tak Rusak
Rambut yang diikat terlalu lama atau terlalu kencang membuat rambut mudah rontok.

Dream - Wanita berhijab seringkali menghabiskan waktu menata hijab dengan mengikat rambutnya. Banyak yang tidak sadar bahwa cara mengikat rambut ketika menggunakan hijab dapat berdampak pada kesehatan rambut.

Rambut yang diikat terlalu lama atau terlalu kencang membuat rambut mudah rontok. Belum lagi cuaca yang panas bisa membuat rambut menjadi keringetan dan lepek. Penting mengetahui cara mengikat rambut untuk wanita berhijab dengan benar. Yuk simak Sahabat Dream.

Hijab Hack Melipat Kerudung Biar Bisa Langsung Dipakai© Dream

Mengikat Rambut Saat Basah
Mengikat rambut saat masih basah bisa memperlemah rambut, terutama jika diikat dengan kuat. Terlebih lagi, jika kamu meghabiskan banyak waktu dengan rambut yang tertutup hijab. Seiring waktu, rambut bisa melemah dan rontok.

Rutin Menyisir
Walaupun rambut tertutup hijab, kaku tetap harus menyisirnya dengan rutin, sesuai dengan jenis rambut. Karena rambut yang kusut dapat menjadi sangat kering, sehingga rawan untuk patah.

1 dari 4 halaman

Gunakan Ikat Rambut Longgar

Mengikat rambut dengan kencang dapat menyebabkan rambut rentan patah. Maka dari itu, pastikan untuk mengikat rambut dengan sedikit longgar.

Gunakan Ikat Rambut Kain
Ikat rambut kain bersifat lebih lembut pada rambut dibanding ikat rambut dari karet. Pastikan ikat rambut yang kamu gunakan tak membuat rambut rontok dan aman.

Hijab© Shutterstock

Jangan Memakai Hijab Terlalu Ketat
Memakai hijab yang terlalu kencang juga berdampak pada kekuatan dan kesehatan rambut, terutama dalam waktu lama. Pilih yang bahannya nyaman dan styling dengan baik. Aurat tertutup, rambut pun tetap sehat


Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Fustany

2 dari 4 halaman

Tip Mendapatkan Rambut Sehat untuk Hijaber

Dream - Ibarat kata, rambut adalah mahkota wanita. Karena itulah banyak wanita melakukan berbagai upaya untuk melakukan perawatan untuk mendapat rambut sehat dan indah.

Wanita berhijab pun juga melakukan perawatan, meski sehari-hari bagian rambut selalu tertutup kerudung. Kondisi tertutup justru membuat rambut harus mendapatkan perawatan ekstra.

Rambut yang tertutup memang harus mendapat perharian lebih. Sebab, kondisi tertutup bisa menimbulkan sejumlah persoalan, misalnya saja bau, munculnya ketombe di kulit kepala, hingga kerontokan.

© Ilustrasi/Shutterstock

Tapi tak perlu panik berlebihan, sebab rambut wanita berhijab bisa sehat dan indah meski sehari-hari lebih banyak tertutup kerudung. Berikut ini beberapa cara merawat rambut agar sehat:

3 dari 4 halaman

  • Keramas yang Tepat adalah Kunci 

Rambut yang sehat biasanya adalah rambut yang bersih, cara termudah untuk membersihkan rambut adalah dengan keramas. 

Karena kamu pengguna hijab, jangan tutupi rambut yang basah dengan kerudung, karena akan membuatnya rusak, lebih baik cari waktu lain untuk keramas. 

Selain itu, kamu juga harus keramas dengan bersih dan produk yang sesuai dengan kondisi rambut, lalu dikeringkan dengan handuk microfiber.  

  • Membiarkan Rambut Bernafas

Beri kesempatan rambutmu untuk bernapas, karena sepanjang hari selalu tertutup kerudung. Momen yang pas untuk melakukannya adalah pada malam hari.  

Kamu bisa membiarkan rambut terurai di malam hari, agar rambut bisa bernafas dan tidak terlalu ketarik. 

Selain itu, saat sedang menggunakan kerudung kamu tidak perlu menguncir rambut terlalu kencang, agar rambut tidak ketarik. 

4 dari 4 halaman

  • Tidur dengan Sarung Bantal Satin

Cara tidur juga akan mempengaruhi kesehatan rambut. Untuk menjaga kesehatannya, pilihlah sarung bantal dengan bahan satin, yang tidak terlalu merusak rambut. 

Selain dengan sarung bantal, kamu juga dapat menggunakan penutup kepala dengan bahan satin, saat tertidur. 

© Ilustrasi/Shutterstock

  • Jangan Lupa Vitamin Rambut 

Untuk memastikan rambut tetap sehat, yang perlu kamu lakukan adalah memastikan asupan nutrisinya terjaga, salah satunya dengan menggunakan vitamin rambut. 

Vitamin rambut membantu menutrisi rambut, dan membuat rambut terlihat lebih Indah dan sehat.

Sumber: Muslim Girl

 

 

 

Beri Komentar