Style Hijab, Lain Negara Beda Gaya

Reporter : Shania Suha Marwan
Sabtu, 12 November 2022 08:00
Style Hijab, Lain Negara Beda Gaya
Berikut ini adalah style hijab dari beberapa negara

Dream - Pepatah bilang: lain ladang lain belalalng, lain lubuk lain pula ikannya. Setiap negara punya adat sendiri-sendiri, memiliki cara masing-masing.

Demikian pula dengan gaya hijab Muslimah, tiap negara punya gaya masing-masing. Style hijab kebanyakan perempuan dipengaruhi oleh tren yang ada di masing-masing negara.

Sahabat Dream sadar atau tidak bahwa gaya hijab di masing-masing negara punya perbedaan? Gaya hijab tiap negara punya ciri khas, mulai dari gaya kerudung yang memperlihatkan ciput ataupun sekadar cara simpel dengan mengunci kerudung pada bagian bawah dagu saja.

Digital creator, Sara, melalui akun Instagramnya, @Moti.sara, membuat sebuah video pendek yang memperlihatkan style hijab perempuan dari negara yang berbeda-beda.

1 dari 3 halaman

  • Turki 

Dalam video tersebut, terlihat bahwa biasanya perempuan Turki mengenakan pashmina dengan gaya clean look

© Motia Sara - Konten Kreator (Foto: Instagram/motia.sara)

Dimana, kerudung terlihat membingkai wajah dengan sempurna dan kedua sisinya dibawa ke bagian belakang kemudian diikatkan di belakang leher. Sehingga, membuat bagian depan kerudung terlihat lebih polos dan rapi. 

  • Mesir

Wanita Mesir biasanya menggunakan kerudung dengan ciput yang sengaja diperlihatkan. 

© Motia Sara - Konten Kreator (Foto: Instagram/motia.sara)

Dalam video tersebut, Sara mengenakan ciput warna putih yang terlihat menutupi setengah keningnya dan dilapisi dengan pashmina cokelat muda, yang dikenakan dengan salah satu sisinya lebih panjang.

Sisi yang panjang, lalu dililitkan melewati lehernya, dan ujungnya dibiarkan berada di bagian depan tubuhnya. 

2 dari 3 halaman

  • Indonesia 

Hijabers Indonesia terlihat suka pakai kerudung dengan tampilan flowy, dimana pashminanya tidak diamankan dengan jarum pentul di bagian dagu, melainkan, sisi yang pendek dari pashmina yang dikenakan, dibawa ke bagian telingga untuk kemudian di sematkan jarum pentol. 

© Motia Sara - Konten Kreator (Foto: Instagram/motia.sara)

Tampilan ini, membuat sisi pashmina panjang, bisa terlihat lebih flowy, dan bagian kerudung yang membingkai wajah terlihat messy, dan memberikan bayangan yang bikin wajah terlihat lebih tirus. 

  • Eropa

Hijabers di Eropa, biasanya mengenakan kerudungnya dengan cara simpel. Pashmina yang dikenakan dengan kedua sisi sama panjang, lalu dibuat membingkai wajah dan diamankan dengan jarum pentul. 

© Motia Sara - Konten Kreator (Foto: Instagram/motia.sara)

  • Somalia

Perempuan Somalia biasanya membingkai wajahnya dengan kerudung yang sisinya dilipat dan lipatannya sejajar dengan mata. Sehingga, membuat wajah perempuan Somalia terlihat lebih jelas dan tegas. 

© Motia Sara - Konten Kreator (Foto: Instagram/motia.sara)

Sedangkan, untuk sisi kerudungnya biasanya hanya dililitkan melewati atas kepala, dan ujungnya dimasukan ke dalam kerudung yang membingkai wajah.

3 dari 3 halaman
Beri Komentar