10 Fakta Negara Muslim di Piala Dunia, Ada Soal Indonesia!

Reporter : Syahid Latif
Senin, 18 Juni 2018 13:02
10 Fakta Negara Muslim di Piala Dunia, Ada Soal Indonesia!
Ada pesepakbola muslim yang pernah ukir sejarah menjadi pemain terbaik ajang Piala Dunia

Dream - Tak banyak yang menyadari jika ajang Piala Dunia tahun ini di Rusia menciptakan banyak rekor bagi negara-negara muslim. Ajang tahun ini adalah yang pertama kalinya diiukuti oleh tujuh negara mayoritas muslim.

Di balik rekor itu, banyak sejarah perjalanan diukir oleh pesepakbola maupun negara muslim yang berpartisipasi dalam ajang kompetisi sepakbola terbesar di dunia ini.

Dikutip dari laman mysalaam.com, berikut adalah 10 fakta negara atau pesepakbola muslim di ajang Piala Dunia yang bergulir sejak tahun 1930:

1. Negara Muslim Pertama Masuk Piala Dunia

Mesir menjadi finalis dari negara mayoritas musli yang mencicipi ajang olahraga akbar ini. Mesir menjadi peserta dalam ajang kedua Piala Dunia yang digelar di Italia tahun 1934. Kala itu kompetisi menggunakan sistem gugur dan Mesir langsung tersingkir usai dikalahkan Hungaria dengan skor 4-2.

 Rusia Luncurkan Petunjuk untuk Penonton Muslim di Piala Dunia

(Sumber: AP Photo)

2. Total Negara Muslim Jadi Peserta Piala Dunia

Secara total adalah 15 negara mayoritas muslim dunia mengikuti 15 dari 21 perhelatan Piala Dunia sepanjang masa. Mereka adalah, Mesir, Indonesia (the Dutch East Indies), Turki, Maroko, Tunisia, Iran, Aljazair, Kuwait, Irak, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Nigeria, Senegal, Pantai Gading, serta Bosnia Herzegovina.

3. Gol pertama kali pesepakbola muslim

Pesepakbola dari negara muslim  yang berhasil membuat gol pertama adalah pemain Mesir, Abdulrahman Fawzi. Saat itu, Abdulrahman mencetak satu dari dua gol kala dikalahkan Hungaria tahun 1934.

 

1 dari 2 halaman

Pengalaman Buruk Dialami Timnas dari Negara Muslim

4. Indonesia Pernah Jadi Peserta dan Ini Rekornya

Peserta dari negara mayoritas muslim terbesar dunia yang pernah ikut dalam Piala Dunia adalah Indonesia. Menjadi finalis kompetisi yang digelar di Perancis tahun 1938, Indonesia kala itu masih menggunakan nama kolonia, The Dutch East Indies. Sama seperti Mesir, Indonesia juga tumbang oleh Tim Nasional Hungaria dengan skor 6-0.

5. Kemenangan pertama

 Turki Keluarkan Surat Penahanan Legenda Sepakbola Hakan Sukur

Prestasi ini diukir Timnas negara muslim dari Turki. Pada tahun 1954 di Swiss, Turki mengalahkan Korea Selatan dengan skor telak 7-0. Pencapaian ini juga menjadi kemenangan terbesar yang diraih Timnas negara muslim.

6. Rekor Terbaik Pertama Timnas Negara Muslim

Timnas yang berhasil lolos ke babak perdelapan final yang diikuti 16 peserta adalah Maroko di tahun 1986 di Meksiko. Langkah mereka terhenti setelah dikalahkan Jerman Barat.

 

2 dari 2 halaman

Pesepakbola Muslim Pemain Terbaik Piala Dunia

7. Pengalaman Buruk yang Menimpa Timnas dari Negara Muslim

Pertandingan paling kontroversial dalam sejarah Piala Dunia yang menjadikan peserta dari Timnas Negara muslim sebagai korban terjadi pada tahun 1982 di Spanyol. Peristiwa yang terkenal dengan sebutan Disgrace of Dijon mempertemukan Jerman Barat dan Austria.

Dalam laga final grup tersebut, Jerman unggul 1-0 saat pertandingan baru berlangsung 10 menit. Poin itu membuat kedua tim mendapat nilai yang sama dengan Aljazair namun berbeda dalam skor gol.

Mengetahui jika ada gol tambahan akan membuat salah satu tim tersingkir, keduanya berusaha berhenti menyerang untuk memastikan Aljazair tak lolos babak selanjutnya

8. Gol Terbaik yang Dibuat Pesepakbola Muslim

Gol terbaik yang pernah diciptakan pesepakbola dari negara muslim dibuat oleh pemain Arab Saudi, Saeed al Owairan di Amerika Serikat pada tahun 1994. Saeed kala tu melakukan aksi solo saat Arab Saudi menghempaskan perlawanan Belgia dengan skor tipis 1-0.

 Gelandang Muslim Ini Jadi Pemain Muda Terbaik Piala Dunia

(ilustrasi: pemain asal Perancis, Paul Pogba)

Saeed berlari dari tengah lapangan dan menggiring bola sejauh 64 metere dan melewati hadanga empat bek Belgia sebelum akhirnya mencetak gol. Harian The New York Times menyebut aksi Saeed sebagai aksi solo cantik yang setara pemain legendari Brasil, Pele.

9. Prestasi Terbaik

Prestasi terbaik yang diukir Timnas negara muslim dibuat Turki pada tahun 2002. Dalam ajang yang digelar di Korea Selatan dan Jepang itu, Turki berada di urutan ketiga di belakang Brasil dan Jerman. Dalam ajang ini juga terukir sejarah nama pesepakbola muslim dalam jajaran Tim Bintang yang dihuni empat pemain Turki.

10. Pesepakbola Muslim Ada yang Menjadi Pemain Terbaik

Pesepakbola muslim terbaik yang pernah berlaga dalam sejarah Piala Dunia adalah pemain Perancis Zinedine Yazid Zidane. Dia dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA dalam ajang Piala Dunia Jerman tahun 2006 dan menjadi satu-satunya pesepakbola muslim yang menerima penghargaan itu.

 Zinedine Zidane, Pelatih Baru Real Madrid

Pada tahun 2014, pesepakbola muslim kembali mengukir prestasi yang sama namun dalam kategori yang berbeda. Paul Pogba, pemain Timnas Perancis dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2014 di Brasil.

(Sah, Sumber: Mysalaam.com)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik