12 Cara Menangkal Rayap, Si Perusak Perabotan Rumah

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Sabtu, 7 September 2019 06:08
12 Cara Menangkal Rayap, Si Perusak Perabotan Rumah
Salah satu hama yang paling dibenci dan dihindari oleh sebagian besar orang adalah rayap. Yuk simak informasi cara menangkal rayap berikut ini.

Dream – Tentu saja kalian sudah tahu dong ya dengan makhluk kecil yang satu ini. Salah satu hama yang paling dibenci dan dihindari oleh sebagian besar orang yaitu rayap.

Rayap merupakan salah satu gangguan yang sering kalian temukan pada rumah atau furniture, terutama yang menggunakan bahan baku dari kayu.

Tidak hanya pada perabotan berbahan kayu saja, rayap juga bisa kalian temukanpada tempat yang lembap serta jarang terpapar sinar matahari secara langsung.

Dengan kurangnya intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah membuat hunian kalian menjadi semakin lembap.

Kondisi lembap itulah yang merupakan tempat favorit untuk rayap berkembang biak. Keberadaan rayap di dalam rumah mampu menghancurkan seluruh perabotan yang terbuat dari kayu serta menjadi tidak tahan lama.

Sudah terdapat banyak sekali cara menangkal rayap yang bisa kalian lakukan. Namun, semua cara tersebut tidak akan bekerja secara maksimal, jika kalian melewatkan beberapa kebiasaan yang bisa pemicu rayap berkembang biak.

Untuk itu, berikut informasi secara lengkap cara menangkal rayap dari berbagai sumber. Yuk simak informasinya:

1 dari 6 halaman

1. Perbanyak Ventilasi Rumah

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)

Tahukah kalian? Rayap cenderung menyukai tempat yang lembab serta kurang mendapatkan cahaya matahari masuk. Salah satu cara menangkal rayap adalah dengan memperbanyak ventilasi pada rumah kalian.

Terutama bagi kalian pemilik hunian rumah yang terdapat banyak sekali perabotan rumah terbuat dari kayu.

Dengan membangun ventilasi rumah akan memungkinkan cahaya matahari untuk masuk sehingga furniture berbahan kayu akan bertahan lama serta tidak mudah dimakan oleh rayap.


2. Memberikan Jarak pada Tembok

 

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)


Tidak hanya memperbanyak ventilasi rumah saja, dengan memberikan jarak aman peraotan rumah dengan bagunan merupakan cara menangkal rayap yang bisa kalian terapkan.

Apalagi jika kalian memiliki perabotan berbahan kayu, sebaiknya hindari meletakkannya pada jarak dekat dengan tanah.

Cara inipun menjadi salah satu cara paling efektif dalam membasmi rayap sebab kalian telah menutup akses utama rayap masuk ke dalam rumah.

2 dari 6 halaman

3. Membersihkan Genangan Air

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)

Tahukah kalian? Di setiap genangan air pasti terdapat rayap yang akan berkembang biak. Menangkal rayap tidak hanya dilakukan dari dalam rumah saja, melainkan juga dari luar rumah.

Bahkan, menangkal rayap dari luar rumah merupakan hal terpenting yang harus kalian lakukan. Salah satu caranya adalah dengan selalu membersihkan genangan air yang terbentuk di sekitaran rumah terutama setelah hujan melanda.

Selain bisa menangkal rayap, dengan memberihkan genangan air kalian juga bisa terbebas dari serangan nyamuk.

 

4. Membersihkan Kayu Kering

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)


Selain genangan air, kayu kering yang terkadang banyak ditemukan di halaman rumah juga bisa menjadi salah satu akses rayap bisa berkembang biak.

Pasalnya, rayap tanah cenderung lebih suka menghinggapi kayu kering yang berserakan di atas tanah.

Tumpukan kayu kering tersebut memungkinkan memiliki suhu lembap, kondisi itu membuat rayap suka hinggap.

Salah satu cara menangkal rayap adalah dengan selalu membersihkan serta membuang kayu kering yang berjatuhan di halam rumah kalian. 

3 dari 6 halaman

5. Menutup Retakan pada Tembok

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)

Memeriksa kondisi rumah secara berkala merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Rumah tidak selalu memiliki kondisi yang bagus, salah satu contohnya adalah rumah setelah beberapa tahun dibangun akan cenderung emmiliki retakan pada bagian dindingnya.

Namun, tahukah kalian? Retakan pada dinding rumah dapat menjadi jalan masuknya rayap ke dalam rumah.

Jika rayap sudah masuk dan membentuk sebuah koloni tentu saja hal tersebut akan emmepersulit kalian dalam menangkalnya.

Sangat penting bagi kalian memperhatikan kondisi rumah dan jika kalian menemukan sebuah retakan, segeralah untuk menutupnya kembali.


6. Menjemur Perabotan Rumah

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)


Cara menangkal rayap berikutnya adalah dengan sering-seringlah menjemur perabotan rumah di bawah sinar matahari langsung. Tidak perlu semua perabotan rumah kalian jemur, kalian bisa hanya menjemur perabotan rumah yang terbuat dari bahan kayu.

Perabotan jenis itu wajib dilakukan penjemuran di bawah sinar matahari secara berkala. Dengan menjemurnya, akan mengurangi perabotan memiliki kondisi yang lembab dan memudahkan rayap untuk memakannya.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan pernis secara berkala agar perabotan tersebut tidak mudah kemasukan uap air.

4 dari 6 halaman

7. Memperbaiki Pipa dan Keramik

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)

Tidak hanya memperbaiki retakan pada dinding saja, memperbaiki pipa serta keramik yang rusak juga menjadi salah satu cara menangkal rayap yang efektif.

Walaupun terlihat sepele, namun keramik yang rusak akan memudahkan uap air masuk ke dalam rumah kalian. Akibatnya, rayap akan langsung menyerbu hunia kalian yang meiliki kelembapan tinggi tersebut.

Apalagi ditambah jika kalian memiliki pipa yang telah rusak dan tidak diperbaiki, maka kelembapan rumah kalian akan semakin meningkat. Akan lebih baik, jika kalian bisa mencegahnya dari awal dengan memperbaiki pipa dan keramik yang telah rusak tersebut.

 

8. Menggunakan Kapur Barus

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)


Kapur barus telah sejak lama dikenal sangat ampuh dalam membasmi koloni rayap. Memiliki kandungan naftalena, kapur barus secara efektif mampu menangkal rayap keluar dari hunian rumah kalian.

Tidak hanya kandungan itu saja, aroma kuat yang dikeluarkan oleh kapur barus itu sangat tidak disukai oleh hama rayap. Sebaiknya, kalian meletakkan beberapa kapur barus pada perabotan rumah khususnya yang berbahan dasar kayu.

Tidak hanya pada perabotan rumah saja, kalian juga bisa meletakkannya pada setiap sudut rumah.

5 dari 6 halaman

9. Menggunakan Air Cucian Beras

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)

Selain bisa digunakan dalam memutihkan kulit, air cucian beras ternyata juga bisa digunakan dalam menangkal hama rayap pada hunia rumah kalian.

Caranya pun cukup mudah kalian lakukan dan terapkan di rumah. Sebagian besar orang tentu saja akan memiliki air cucian beras setiap harinya, kalian jangan langsung membuangnya ya Sahabat Dream.

Kalian bisa memindahkan air cucian beras tersebut ke dalam botol spray yang telah disiapkan. Kemudian kalian hanya perlu menyemprotkan air tersebut pada perabotan ataupun tempat yang terdapat hama rayap.

Secara perlahan, rayap tersebut akan segera meninggalkan rumah kalian terutama tempat yang telah disemprot oleh air cucian beras tersebut.


10. Menggunakan Daun Salam dan Kemangi

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

(Foto: dekoruma)


Tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan tambahan masakan, daun salam dan kemangi sangat berguna dalam membasmi hama rayap pada rumah kalian.

Memiliki aroma kuat, kedua bumbu dapur ini mampu membuat rayap lari terbirit-birit sesaat setelah menghirup aromanya. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu meletakkan beberapa lembar daun salam dan kemangi di tempat yang telah terindikasi terdapat rayap.

Selain bisa menjadi salah satu cara menagkal rayap, kedua daun ini juga bisa menagkal bau loh jika kalian letakkan juga di dalam lemari pakaian.

6 dari 6 halaman

11. Menggunakan Suhu Ruang yang Dingin

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah

Seperti yang sering dikatakan sebelumnya jika rayap sangat menyukai tempat yang lembab. Meskipun begitu, rayap tidak bisa bertahan pada ruangan yang memiliki suhu ekstrem.

Suhu ekstrem yang dimaksudkan disini adalah suhu dingin yang tidak cukup tinggi dibandingkan dengan suhu normal. Dengan kata lain, kalian bisa menggunakan AC sebagai salah satu cara menangkal rayap yang mudah untuk dilakukan.

Kalian hanya perlu menyetel pendingin udara pada temperature paling rendah. Perbedaan suhu inilah, rayap akan dengan mudah mati terbunuh.


12. Menggunakan Larutan Garam

 12 Cara Menagkal Rayap, Si Pembuat Rusak Perabotan Rumah


Cara menangkal rayap selanjutnya adalah dengan membuat larutan garam. Cara ini merupakan salah satu cara yang efektif dan ampuh dalam membasmi hama rayap di dalam rumah hunian kalian.

Pastikan saja kalian membuat larutan garam dengan konsentrasi yang tinggi. Kalian bisa mencampurkan satu mangkok garam dengan ½ liter air kemudia aduk hingga garam larut keseluruhan.

Langkah berikutnya, semprotkan larutan garam tersbeut paad tempat-tempat atau perabotan yang terindikasi terkena serangan hama rayap.

Kalian juga bisa menyemprotkannya untuk mencegah perabotan khususnya yang berbahan kayu terserang rayap.
 
  
(ism, Sumber: dekoruma dan wowkeren)

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal