304 Tewas Akibat Gempa Dahsyat Magnitudo 7,1 Mengguncang Haiti

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 15 Agustus 2021 09:39
304 Tewas Akibat Gempa Dahsyat Magnitudo 7,1 Mengguncang Haiti
Lebih dari 1.800 orang terluka, sementara rumah sakit sudah kewalahan.

Dream - Pemerintah Haiti mengumumkan keadaan darurat setelah 304 orang dilaporkan tewas akibat bencana gempa dahsyat dengan magnitudo 7,1 pada Sabtu, 14 Agustus 2021. Sementara lebih dari 1.800 jiwa mengalami luka.

" Kebutuhan medis adalah urgensi terbesar kami. Kami sudah mulai mengirim obat-obatan dan tenaga medis ke fasilitas yang terkena dampak. Untuk orang-orang yang membutuhkan perawatan khusus yang mendesak, kami telah mengevakuasi sejumlah dari mereka, dan kami akan mengevakuasi beberapa lagi hari ini dan besok," ujar Perdana Menteri Haiti, Ariel Hnry.

Keadaan darurat diberlakukan di Departemen Barat, Departemen Selatan, Nippes, dan Grand'Anse. Salah satu rumah sakit di selatan kota Jeremie sudah kewalahan dengan pasien.

" Ada banyak orang yang datang, banyak orang. Kami tidak memiliki cukup persediaan," kata seorang administrator di Rumah Sakit Saint Antoine kepada CNN.

Rumah sakit telah mendirikan tenda di halamannya, kata administrator. Ini karena terlalu banyak pasien korban gempa yang dirujuk.

 

1 dari 2 halaman

Pusat Gempa

Menurut data Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa ada di sekitar 12 kilometer timur laut Saint-Louis-du-Sud dan kedalaman 10 kilometer.

" Ada laporan kerusakan signifikan pada rumah, jalan, dan infrastruktur," kata juru bicara Palang Merah Amerika, Katie Wilkes.

Ibu Negara Haiti, Martine Moise, mengatakan hatinya sakit setelah menerima berita tentang gempa bumi, yang menyebabkan kerusakan besar di selatan Grand'Anse.

" Informasi awal yang saya terima dari Grand'Anse sangat menyayat hati," kata Moise.

Dia merasakan kesedihan mendengar banyaknya korban gempa. Mulai anak-anak, ibu, lanjut usia, difabel, dan masih banyak lagi.

" Saudara-saudaraku, kita harus menyatukan bahu kita untuk bersatu menunjukkan solidaritas kita. Kebersamaan kitalah yang membentuk kekuatan dan ketahanan kita. Keberanian, saya akan selalu berada di sisi Anda," kata Moise.

 

2 dari 2 halaman

Rusak Parah

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan sekilas kehancuran yang meluas. Salah satu video dari Les Cayes menunjukkan jalan yang dipenuhi puing-puing dan apa yang tersisa dari sejumlah bangunan.

Debu memenuhi udara. Seorang pria dalam video itu mengatakan beruntung karena bangunan tempat dia berada tidak runtuh, tetapi banyak rumah lain di daerah itu yang runtuh.

" Ada banyak yang terluka di jalan," katanya.

Sebelumnya, Haiti pernah diguncang gempa hebat dengan magnitudo 7,0 pada 12 Januari 2010. Bencana itu menyebabkan sekitar 220 ribu hingga 300 ribu orang tewas dan melukai ratusan ribu lainnya.

Beri Komentar