Asa Terwujud, Ponpes Kembali Aktif Usai Gempa Lombok

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 28 Juni 2019 13:00
Asa Terwujud, Ponpes Kembali Aktif Usai Gempa Lombok
Johari Zein Foundation telah merampungkan pembangunan masjid di Desa Medana.

Dream - Pondok Pesantren Isti'daduddaroin di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, kembali beraktvitas. Ini ditandai dengan berdirinya kembali masjid atas donasi dari Johari Zein Foundation.

Pimpinan ponpes, Ustaz Lalu Wildan, bersyukur dengan berdirinya masjid yang diberi nama Zeinurrahim ini. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada para donatur.

" Saya sangat berterima kasih dengan seluruh tim Johari Zein Foundation yang telah membantu mendirikan kembali Masjid Zeinurrahim," ujar Wildan melalui keterangan tertulis, Jumat 28 Juni 2019.

Ponpes Isti'daduddaroin sempat lumpuh pascagempa besar yang mengguncang Lombok pada 29 Juli 2018. Masjid yang menjadi pusat kegiatan pesantren dan masyarakat sekitar itu roboh dan menimpa sejumlah jemaah saat sholat Maghrib.

Johari Zein Foundation kembali mendirikan masjid tersebut agar aktivitas pesantren yang sempat berhenti 10 bulan pascagempa bisa kembali. Selain itu, lembaga ini juga membangun kembali asrama pesantren, ditandai dengan peletakan baru pertama oleh sang pendiri, Johari Zein.

Wildan berharap, dengan adanya masjid dan asrama untuk para santri dapat meningkatkan aktivitas belajar mengajar serta bermanfaat bagi semua pihak.

" Harapannya, kegiatan belajar mengajar kembali aktif dan masyarakat sekitar dapat merasakan manfaatnya," kata dia.

1 dari 5 halaman

100 Rumah Qur'an untuk Korban Gempa Lombok

Dream - Daarul Quran kembali membangun Rumah Qur’an di Lombok. Setelah membangun 80 unit di Dusun Melempo, Desa Obel-Obel, Lombok Timur, kini mereka mendirikan seratus Rumah Qur’an di Dasan Lengkong, Sigar Penjalin, Tanjung, Lombok Utara.

“ Seratus Rumah Qur’an di Dasan Lengkong akan kembali dibangun dari sedekah mitra PayTren yang terkumpul melalui aplikasi PayTren,” ujar Tarmizi As Shidiq, Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an.

Setelah dihantam gempa beberapa waktu lalu, semua rumah di Dasan Lengkong hancur. Kini, warga bertahan dalam bedeng-bedeng terpal pengungsian. Sudah hampir tiga bulan mereka kesulitan membangun rumah kembali. Maklum, sebagian besar masyarakat di desa itu hanya bekerja sebagai buruh kasar harian.

“ Seperti di Dusun Melempo, warga Dasan Lengkong juga bergotong royong membangun rumah Qur'an. Saat ini mereka sudah mulai membuat pondasi dengan sisa-sisa puing reruntuhan rumah yang masih bisa digunakan,” tutur Tarmizi.

Oleh karena itulah PPPA Daarul Qur’an bersama PayTren menginisiasi Rumah Tahfizh dengan pendampingan da’i yang merupakan bagian dari program Kampung Qur’an. Rumah Tahfizh berjalan dengan Subuh berjamaah, dilanjutkan agenda tahsin dan tahfizh selepas Subuh, Zuhur, Ashar dan Magrib di masjid darurat.

“ Sudah ada 38 santri yang rutin mengaji di masjid,” ucap Ustadzah Nyimas, Pendamping Rumah Tahfizh Daarul Qur'an Dasan Lengkong. Sumber: www.pppa.or.id

2 dari 5 halaman

BPKH Sumbang Rp29 Miliar untuk Korban Gempa Lombok dan Palu

Dream - Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Anggito Abimanyu mengatakan, Program Kemaslahatan yang dimiliki lembahanya telah menyalurkan bantuan senilai Rp29 miliar untuk korban Gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Anggito melaporkan Program Kemaslahatan ini menggunakan Dana Abadi Umat (DAU) dari dana haji. Tercatat, dana kelolaan DAU dari tahun 2017 mencapai Rp3,2 triliun.

" Jadi perhitungannya-kan DAU 2017, itu kan Rp3,2 triliun, jadi dana pengembangannya Rp175 miliar," kata Anggito di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Jumat 19 Oktober 2018.

Dari Rp175 miliar itu, BPKH menyalurkan Rp29 miliar untuk korban bencana alam di NTB dan Sulteng.

" NTB, Sulteng kurang lebih Rp29 miliar untuk tanggap darurat ya tahun ini. NTB Rp24 miliar, Sulteng Rp5 miliar," ucap dia.

Anggito mengatakan, pada 2019 dana Program Kemaslahatan ini juga akan kembali disalurkan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di NTB dan Sulteng. Tetapi, besaran dananya belum dapat ditentukan.

" Belum tahu, kan itu kan harus diusulkan oleh mitra kemaslahatan kita," ujar dia.(Sah)

3 dari 5 halaman

Sun Life Sumbang Rp853,55 Juta untuk Korban Gempa Lombok

Dream – Sun Life Financial turun tangan untuk membantu Palang Merah Indonesia dan International Federation of Red Cross dalam memantu korban gempa Lombok. Melalui Sun Life Financial International Response, perusahaan asuransi ini menyerahkan bantuan senilai 75 ribu dolar Kanada (Rp853,55 juta) kepada dua lembaga ini.

Presiden Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, mengatakan gempa bumi yang terjadi di Lombok, membawa kerusakan yang cukup besar. Lebih dari 500 orang meninggal dunia, puluhan ribu rumah hancur, ratusan penduduk luka-luka, dan ratusan ribu penduduk kehilangan rumah.

“ Kami menyampaikan simpati dan duka yang mendalam kepada seluruh orang yang terdampak bencana ini,” kata Elin di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 14 September 2018.

Dia mengharapkan donasi itu bisa membantu PMI dan para relawan terlatih yang mengirimkan bantuan dan sumber daya ke seluruh wilayah di Lombok untuk membangun dan memulihkan masyarakat di sana.

Elin juga mengatakan nasabah dan agen Sun Life yang terdampak gempa Lombok bisa menghubungi Pusat Layanan Nasabah Sun Life di nomor 1500786 (1500 SUN).

“ Sun Life akan segera memberikan bantuan,” kata dia.

Sekadar informasi, Sun Life Financial International Response Fund, merupakan kerja sama korporasi internasional pertama yang dibentuk bersama Palang Merah Kanada (Canadian Red Cross) tahun 2005 untuk mempercepat tanggap darurat atas krisis internasional berskala besar.

Dikelola oleh Palang Merah Kanada, badan ini telah membantu proses pemulihan dan bantuan sumber daya kepada bencana alam dan krisis di seluruh dunia.

4 dari 5 halaman

Korban Gempa Lombok Dapat Bantuan Produk Dapur Rp100 Juta

Dream - Perusahaan Ajinomoto Indonesia turut prihatin dengan musibah gempa bumi yang dialami masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

" Ajinomoto turut berduka dengan musibah bencana gempa bumi yang menimpa warga NTB," ujar Direktur PT Ajinomoto Sales Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream.

Untuk itu, Ajinomoto Indonesia juga turut memberikan bantuan logistik bagi para pengungsi senilai Rp100 juta.

Logistik tersebut berupa selimut dan produk-produk dapur yang bisa dimanfaatkan di dapur umum untuk makan para pengungsi.

Tri menjelaskan, bantuan tersebut diberikan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

" PMI memiliki kredibilitas mumpuni untuk mengolah donasi agar diberikan secara tepat sasaran," ucap dia.

Selain itu, Tri juga berharap Lombok bisa segera bangkit. Hal itu karena Lombok memiliki potensi ekonomi yang baik, khususnya di bidang pariwisata. 

5 dari 5 halaman

Utang Rp1,5 Tiliun Nasabah Korban Gempa Lombok Diperlonggar

Dream – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan perlakuan khusus untuk nasabah industri jasa keuangan yang terdampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Perlakuan ini juga berlaku untuk nasabah industri keuangan syariah.

“ Perlakuan khusus tersebut berupa pelonggaran aturan restrukturisasi, penilaian kualitas kredit/pembiayaan syariah, dan atau pemberian kredit/pembiayaan syariah baru di kabupaten/kota di Lombok, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Sumbawa Barat,” kata Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK, Anto Prabowo, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 24 Agustus 2018.

Anto mengatakan, berdasarkan kunjungan ketua dewan komisioner OJK dan perwakilan industri jasa keuangan pada 13 Agustus 2018 ke Desa Bentek dan Rempek, Lombok Utara, ada 39.341 debitur bank yang terkena dampak gempa. Nilai kreditnya mencapai Rp1,52 triliun pada 15 bank umum dan 17 bank perkreditan rakyat (BPR).

Perlakuan khusus terhadap kredit/pembiayaan syariah Bank mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 45/POJK.03/2017 tentang Perlakuan Khusus Terhadap Kredit atau Pembiayaan Bank Bagi Daerah Tertentu di Indonesia yang Terkena Bencana Alam.

Ada empat perlakuan khusus OJK bagi nasabah dan industri jasa keuangan yang terdampak gempa di Lombok. Berikut ini rinciannya.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair