Kabar Habibie Meninggal Hoaks, Sespri Ungkap Kondisi Sebenarnya

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 10 September 2019 10:10
Kabar Habibie Meninggal Hoaks, Sespri Ungkap Kondisi Sebenarnya
Kabar meninggalnya Habibie beredar di dunia maya sejak Selasa dini hari.

Dream - Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto menegaskan kondisi kesehatan Presiden ketiga Republik Indonesia itu semakin membaik. Penjelasan tersebut sekaligus membantah kabar yang menyebut Habibie meninggal dunia.

" Aman terkendali, terima kasih," kata Rubijanto, dilaporkan Merdeka.com, yang mengutip Antara, Selasa, 10 September 2019.

Informasi tak benar tentang  BJ Habibie meninggal beredar melalui pesan di Facebook. Pesan itu disebarluaskan melalui perpesanan WhatsApp.

Pesan tersebut mulai muncul Selasa pukul 12 malam tadi. Namun dihapus sekitar pukul 05.00 WIB.

Dari informasi terakhir yang beredar, Habibie tengah menjalani perawatan intensif di ruangan CICU lantai 2, Gedung Utama RSPAD sejak Senin, 2 September 2019.

1 dari 5 halaman

Jokowi Besuk BJ Habibie, Dokter Mohon Doa Kesembuhan

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membesuk Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Dilaporkan Merdeka.com, Jokowi tiba di RSPAD Gatot Subroto pukul 18.23 WIB, kemarin. Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, disambut Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dr Terawan Agus Putranto.

Jokowi segera menuju ruangan tempat BJ Habibie dirawat, di Cerebro Intensive Care Unit (CICU). Keluarga BJ Habibie berkumpul di ruangan.

" Kondisi Bapak BJ Habibie dalam perawatan intensif. Keluarga yang menunggu semua menantu dan cucu beliau beserta adik-adik Pak Habibie dan adiknya Bu Ainun," kata Terawan.

Jokowi hanya 10 menit berada di ruangan perawatan Habibie. Usai menengok Habibie, Jokowi segera meninggalkan RSPAD.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr. Azis Ranimenyebut Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Sejak dirawat, Habibie ditangani tim dokter spesialis jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

" Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi," ujar Azis Rani.

Saat ini, kata Azis, kondisi Habibie masih dalam pengawasan ketat dan harus beristirahat.

" Mohon doa dari semua pihak agar beliau segera diberikan kesembuhan dan kesehatan sehingga dapat beraktivitas kembali," kata dia.

2 dari 5 halaman

Perawatan BJ Habibie Dipantau 44 Dokter Kepresidenan

Dream - Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama mengatakan, pihak istana negara telah menyiapkan 44 dokter Kepresidenan untuk merawat Presiden ketiga Indonesia, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie yang sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

" 34 tim panel ahli, ahli di bidang macam-macam, jantung, otak dan sebagainya lengkap. Semua spesialis kedokteran lengkap di sana ada 34 orang, kemudian ada dokter pribadi presiden berjumlah 10 orang," ujar Setya dikutip dari laman Liputan6.com, Senin 9 September 2019.

Setya menjelaskan, pemerintah juga akan menanggung seluruh biaya perawatan BJ Habibie.

Seluruh fasilitas yang diberikan kepada mantan presiden tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978, tentang Hak Keuangan atau Administrasi Presiden dan Wakil Presiden serta mantan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Selain itu, Presiden, Wakil Presiden serta mantan Presiden Wakil Presiden juga berhak mendapat pelayananan kesehatan di rumah sakit rujukan utama yakni RSPAD Gatot Soebroto, RS TNI AU, RS TNI AL, RS Polri, dan RS PMI Bogor.

" Hal ini juga di-cover pemerintah seluruhnya. Pembiayaan dimanapun Beliau dirawat," kata dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham)

3 dari 5 halaman

Kondisi Terkini BJ Habibie yang Dirawat di RSPAD

Dream - Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Presiden ketiga Indonesia tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Gatot Soebroto, Jakarta. Hingga hari ini, presiden yang juga teknokrat itu masih belum diizinkan menerima tamu.

Sekretaris Pribadi (Sespri) BJ Habibie, Rubijanto menjelaskan kondisi Habibie saat ini masih menjalani perawatan intensif oleh tim dokter RSPAD.

" Saat ini sedang menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di RSPAD Gatot Soebroto," ujar Rubijanto dikutip dari laman Liputan6.com, Senin 9 September 2019.

Dengan kondisi kesehatan belum stabil, kata Rubijanto, tim dokter belum mengizinkan Habibie dibesuk atau dikunjungi oleh tamu. Tim dokter menyarankan Habibie untuk mendapat perawatan optimal dan beristirahat penuh.

" Maka untuk sementara waktu Bapak Habibie belum diijinkan untuk dikunjungi," kata dia.

Habibie sempat menjalani perawatan di Jerman setelah mengalami kebocorah klep jantung, sakit yang dideritanya itu mirip dengan mendiang istrinya, Ainun Habibie.

" Kami atas nama keluarga menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan doa dari semua pihak, memohon kehadirat Allah SWT agar beliau segera diberikan kesembuhan dan kesehatan agar dapat beraktifitas kembali," ucap dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Fachrur Rozie)

4 dari 5 halaman

Reaksi BJ Habibie Dengar Maudy Ayunda Nyanyi Soundtrack Habibie & Ainun 3

Dream - Maudy Ayunda bangga sekaligus terkejut saat dipercaya memerankan karakter istri mantan Presiden Habibie, Ainun Habibie. Wanita yang pernah kuliah di Amerika itu juga didapuk mengisi soundtrack film Habibie dan Ainun 3.

Berperan sebagai Ainun Habibie di masa mudanya, Maudy membawakan single berjudul Kamu dan Kenangan ciptaan Melly Goeslaw dan Anto Hoed.

" Aku rasanya senang sekali dan juga bangga dipercaya mengisi soundtrack. Berharap tidak ada yang kecewa," kata Maudy saat di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, baru-baru ini. 

Maudy lirik dari soundtrack yang dinyanyikan bercerita tentang kisah cinta antara Habibie dan Ainun.

Lagu tersebut menjadi tantangan besar karena dia harus bisa mengajak pendengar merasakan kisah cinta Habibie dan Ainun yang fenomenal.

5 dari 5 halaman

Terkejut dengan Reaksi Habibie

Maudy Ayunda nyanyikan OST Habibie & Hainun 3© Youtube Trinity Optima Production

(Foto: Youtube: Trinity Optima Production)

" Iya isinya tentang perasaan Eyang Habibie dan disitu tantangannya. Karena disini aku memainkan Ainun tapi aku menyanyikan dalam point of view Eyang," ungkapnya.

Selama proses penggarapan lagu Maudy mendapat banyak masukan dari Habibie. Kebahagian dirasakan gadis berusia 24 tahun itu saat lagu tersebut diperdengarkan kepada Habibie. 

" Eyang sudah dengar dia sangat suka. Melihat itu aku juga jadi senang karena aku menyanyi bisa menyentuh orang lain," tuturnya.(Sah)

Beri Komentar