DMI Canangkan Program Dapur Umat Bantu Warga Terdampak Covid-19

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 22 April 2020 19:20
DMI Canangkan Program Dapur Umat Bantu Warga Terdampak Covid-19
Makanan ini akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan selama corona.

Dream – Dewan Masjid Indonesia (DMI) turun serta membantu masyarakat yang terdampak langsung maupun tak langsung dari wabah Covid-19. Setelah program semprot disinfektan di sejumlah masjid, DMI kini mencanangkan program dapur umat. 

Program tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum DMI, Syafruddin, dalam rapat video conference bersama sejumlah Ketua DMI seluruh Indonesia.

“ Selain kegiatan penyemprotan, pembagian desinfektan, hari ini kita mulai dr Masjid pencanangan dapur umat penggeraknya organisasi pemuda/remaja Masjid yakni BKPRMI, JPRMI, ISYEF, PRIMA DM,” kata Syafruddin, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis 23 April 2020.

Farhan sebagai penanggung jawab dapur umat ini menyampaikan pemuda/remaja Masjid selalu siap berkontribusi terhadap umat sekitar Masjid. Kegiatan ini bertempat di Masjid Jakarta Islamic Centre yang juga merupakan kantor DMI Provinsi DKI Jakarta.

“ Kita bergotong-royong, saling membantu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Farhan.

1 dari 4 halaman

Bagikan 200 Makanan

Sebagai langkah awal, DMI akan membagikan 200 makanan yang disalurkan melalui masjid untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan. Ke depannya, dengan dukungan dan partisipasi masyarakat, DMI berharap jumlah makanan akan meningkat dan distribusinya melalui masjid-masjid lain bisa meluas.

“ Kami berharap masjid-masjid di Jakarta tergerak untuk bisa secara mandiri meningkatkan peran ibadah sosial masyarakat di tengah keadaan masjid yang sementara waktu ditiadakan kegiatan ibadah rutinnya,” kata dia.

Sesuai dengan amanah Ketua Umum PP DMI Bapak Jusuf Kalla, masjid harus berperan untuk berkontribusi terhadap kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

2 dari 4 halaman

Tak Pandang SARA

Posko Dapur Umat untuk Masyarakat sebagai aksi kemanusiaan tidak memandang suku, ras, dan agama dengan menjadikan masjid sebagai titik distribusi. Yang terpenting, masyarakat dapat mendapatkan bantuan dari masjid sebagai sentral.

Ketua DMI DKI Jakarta, KH. Ma’mun Al Ayyubi, mengapresiasi kecepatan dan kepekaan pemuda/remaja masjid terhadap kondisi yang ada. Ma’mun menyampaikan bahwa DMI selama pandemik ini tidak pernah libur dan akan terus berkontribusi untuk umat dan bangsa.

Secara terbatas hadir beberapa pengurus dari organisasi pemuda/remaja Masjid yang kini berada dibawah naungan DMI, yakni BKPRMI, JPRMI, PRIMA DMI, dan ISYEF. Hadir juga pengelola Jakarta Islamic Center Ahmad, Ketua Pemuda DMI Arief Rosyid, Pengurus DMI DKI Sekretaris Zulfajri dan Bendahara Alfulailah. 

3 dari 4 halaman

DMI Semprot Disinfektan 10 Ribu Masjid, JK: Lebih Baik Capek Sekarang

Dream - Dewan Masjid Indonesia (DMI) meluncurkan Gerakan Semprot Disinfektan 10 Ribu Masjid se-wilayah DKI Jakarta. Peluncuran gerakan itu digelar di Masjid Al Munawar, Pancoran, Jakarta Selatan.

 

© Dream

 

Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla, mengatakan gerakan tersebut sebagai upaya mencegah sebaran virus corona, Covid-19, di masyarakat.

" Lebih baik kita sibuk sekarang dari pada sibuk di rumah sakit," kata mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat, 13 Maret 2020.

4 dari 4 halaman

Bersihkan Masjid Minimal Pakai Karbol

Menurut JK, sampai saat ini belum ada informasi tentang jemaah yang terjangkit virus corona baru di masjid. Tetapi, gerakan bersih-bersih masjid perlu dilakukan agar bisa mencegah penularan.

" Justru dipertahankan kebersihan itu, mau nanti sudah ada apa-apa baru dibersihkan itu beredarnya cepat karena dengan mudah. Lebih baik capek sekarang dari pada nanti," kata dia.

Membersihkan masjid, lanjut JK, minimal menggunakan karbol. DMI siap membagikan karbol ke sejumlah masjid yang ada di Jakarta maupun di Indonesia.

" Panggil semua pengurus masjid, bersihkan sendiri, pakai karbol, jangan tidak pakai, mending capek sekarang, kebersihan bagian dari iman," ucap dia.

(Sah, Sumber: Merdeka.com/Eko Prasetya)

Beri Komentar