Bom Mortir 600 Kg Ditemukan, Warganet Sebut Mirip Ubi Kayu

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 2 April 2021 11:17
Bom Mortir 600 Kg Ditemukan, Warganet Sebut Mirip Ubi Kayu
Bom ini ditemukan di Halmahera Utara, Maluku Utara.

Dream – Masyarakat Desa Towara, Kecamatan Galela, Halmahera Utara, Maluku Utara, menemukan sebuah bom. Bom ini diduga merupakan peninggalan Perang Dunia II.

Dikutip dari akun Instagram @ndorobeii, Jumat 2 April 2021, mortir ini terbilang sangat besar. Panjangnya 1 meter dan beratnya diperkirakan 600 kg.

Penemuan bom ini bermula saat masyarakat desa yang bekerja bakti pada 26 Maret 2021 pada 18.00 WIT. Kemudian, warga bernama Raifan Sadek dan temannya, Irfan Ngawaro, menemukan bom itu pertama kali.

Penemuan bom berukuran besar.© Akun Instagram @ndorobeii

1 dari 6 halaman

Ditemukan dalam Posisi Berdiri

Tak diketahui bagaimana caranya dua orang itu menemukan bom tersebut. Jika dilihat dari foto, bom ini ditemukan dalam posisi berdiri dengan kemiringan 20 derajat. Bagian ujungnya menghadap ke atas.

Disebutkan bahwa bom tersebut memiliki ujung setinggi 50 m dari permukaan tanah. Diperkirakan Irfan dan Raifan tak sengaja menyentuh bagian ujung bom.

Penemuan bom ini dilaporkan ke Polsek Galela dan diteruskan ke Polres Halmahera Utara dan Sat Brimob Polda Maluku Utara.

Diketahui kondisi bom sudah berkarat. Untuk mengetahui apakah peledak ini masih aktif atau tidak, polisi masih menunggu pemeriksaan oleh Jihandak Sat Brimob.

2 dari 6 halaman

Dikira Ubi Kayu

Foto ini membuat warganet gagal fokus. Mereka menyebut bentukan vaksin ini mirip dengan ubi kayu.

“ Aku kira ubi kayu,” tulis @nia_discy.

“ Nggak bisa bayangin kalau tau tau mbledos,” tulis @arizal_fr.

“ Awas bang meledak,” tulis @dee_wdoo.

“ Ubi kayu,” tulis @emonia77.

“ Saya kira juga tadi ubi kayu,” tulis @dina.z12.

3 dari 6 halaman

Tentara Tertidur Saat Latihan Perang, Dibangunkan Pakai Bom

Dream - Tentara identik dengan sikap tegas, disiplin, dan sigap di segala kondisi. Hal ini membuat tentara harus selalu siap dan siaga saat menjalankan tugasnya.

Latihan militer menjadi salah satu cara untuk melatih sikap tersebut. Selain itu, latihan militer juga bertujuan untuk melatih ketahanan tentara di medan perang. Oleh sebab itu, tentara umumnya akan serius dalam berlatih.

© Dream

Tetapi berbeda dengan tentara dalam video berikut ini. Bukannya serius latihan militer, tentara ini malah tetidur saat latihan.

Melihat seorang rekannya tidur saat latihan, tentara yang ada di lokasi lantas mencoba membangunkannya. Berikut ulasannya:

4 dari 6 halaman

Tertidur Saat Latihan Perang

Dilansir akun Instagram @patriotnusantara_, akun tersebut membagikan sebuah video yang memperlihatkan para tentara tengah latihan perang. Ketika tentara lain sedang sibuk latihan, ada seorang tentara yang malah tidur.

Tertidur Saat Latihan© Instagram @patriotnusantara_

Ia tidur sambil mengenakan pakaian militer serta pengaman latihan. Tentara itu tampak bersandar pada ban kendaraan tempur.

5 dari 6 halaman

Diberikan Kejutan Dari Tentara Lain

Melihat seorang rekannya tidur saat latihan, para tentara yang ada di lokasi tersebut lantas berniat untuk mengerjainya. Mereka tampak mempersiapkan sebuah ‘kejutan’ untuk rekannya itu.

Tertidur Saat Latihan© Instagram @patriotnusantara_

Mereka memberi ‘kejutan’ dengan meledakkan sebuah bom. Mereka pun terlihat telah bersiap dengan menutup telinga.

6 dari 6 halaman

Kaget Dibangunkan

Setelah beberapa detik, terdengar suara ledakan bom yang cukup keras. Tentara yang sedang tidur itu pun kaget dan terbangun.

Tertidur Saat Latihan© Instagram @patriotnusantara_

Terdengar suara tentara lain tertawa terbahak-bahak. Mengetahui ia dikerjai oleh rekan-rekannya, tentara itu pun langsung berdiri. Ia hanya tersenyum dan mendekat ke arah perekam video.

SumberMerdeka.com

Beri Komentar