Dompet Dhuafa Sambut Ramadan di Tengah COVID-19

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 2 April 2021 10:27
Dompet Dhuafa Sambut Ramadan di Tengah COVID-19
Ramadan kali ini menjadi tantangan bagi organisasi kemanusiaan untuk terus berinovasi.

Dream - Pandemi COVID-19 dan ekonomi nasional belum pulih membuat sejumlah sektor terdampak. Para pelaku usaha mikro hingga menengah merasakan langsung dampak pandemi COVID-19.

Kondisi tersebut yang mendorong Dompet Dhuafa menggelar Tarhib Ramadhan dan mengangkat tema “ Merhaba Ramadhan Goes To You”.

Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa, Bambang Suherman, mengatakan kegiatan Tarhib Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“ Meski bergulir masih di tengah pandemi Covid-19, kita ingin sambut Ramadan tahun ini dengan suka cita, namun tanpa menghilangkan rasa peduli dengan sesama,” kata dia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat 2 April 2021.

Ramadhan tahun ini, kata Bambang, merupakan tantangan bagi Dompet Dhuafa untuk terus inovatif, produktif, dan komunikatif, dalam memberikan layanan kepada para dhuafa di seluruh Indonesia.

“ Tentunya dengan bungkusan berbagai program yang akan bergulir di bulan penuh berkah nanti,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Rangkaian Acara

Pada hari ini, kegiatan tarhib Ramadan bertajuk Merhaba Ramadhan Goes To You, turut dimeriahkan dengan berbagai aktivitas mulai dari Donor Darah, pemeriksaan GeNose Cuma-cuma, Rapid Antigen, rampak beduk, Demo Masak bersama Chef Turki untuk ratusan porsi makanan dengan prosedur kesehatan hingga malam puncak dengan performa spesial dari Base Jam. Safira Umm, Raden Prisa dan Ustadz Ahmad Bani Hasim turut memeriahkan acara ini.

Pada rangkaian tarhib Ramadan 1442 H diluncurkan Aplikasi Masjed.id, kado untuk yatim, sedekah Al Quran, parcel Ramadhan, pemberian alat bantu dengar, kegiatan lomba bersama penyintas Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), serta masih banyak kegiatan lainnya yang akan tayang di channel Youtube Dompet Dhuafa TV.

Ketua Pelaksana Ramadan 1442 H, Ahmad Faqih Syarafaddin, mengatakan penghimpunan dana di platform digital menjadi salah satu lini utama yang dipersiapkan. Platform ini menjadi penyumbang donasi terbesar.

“ Hal tersebut menandakan perubahan perilaku donatur yang semakin mudah dan instan, karena tidak perlu keluar rumah,” kata dia.

Ahmad optimistis target penghimpunan dana bisa tercapai. Sekadar informasi, Ramadan 1441 H, Dompet Dhuafa berhasil menghimpun dana sebesar Rp105 miliar.

2 dari 2 halaman

Ajak Untuk Sebarkan Kebaikan

Dompet Dhuafa juga akan meningkatkan berbagai program yang terstruktur guna memulihkan perekonomian yang menjadi sendi kehidupan masyarakat berbasis digital. Seperti Sedekah Beras, Indonesia Siap Siaga, Sedekah Quran, Wakaf Alat Kesehatan RS Hasyim Asyari, Bersama Ciptakan Generasi Qur’an, Traktir Makan Saudaramu, Bayar Fidyahmu, Sedekah Subuh, Ramadan Karem Untuk Pengungsi Muslim. Sedangkan untuk program unggulan seperti Tebar Zakat Fitrah, Parsel Ramadan, Parsel Untuk Tenaga Kesehatan dan Parsel Untuk Yatim, akan tetap bergulir sebagai penyemangat aktivitas di tengah pendemi.

Masyarakat juga diajak membentangkan kebaikan, untuk selalu bergerak dengan misi kemanusiaan melalui berbagai program. Selain itu, pada rangkaian Tarhib Ramadhan 1442 H, dihadiri oleh Super Volunteer Dompet Dhuafa serta aktivis kemanusiaan,menjadi bagian kemeriahannya.

“ Kami sangat senang dilibatkan langsung oleh Dompet Dhuafa setiap programnya. Acara ini mengajak lapisan masyarakat di masa pandemi seperti ini. MERHABA RAMADAN GOES TO YOU#RamadanSaatnyaBerbagiLagi merupakan ladang amal masyarakat seperti yang kita tahu pandemi ini banyak memberikan dampak di kehidupan,” kata Super Volunteer Dompet Dhuafa, Raden Prisya. (mut)

Beri Komentar