Usai Banjir, PNS DKI Kerja Bakti Besar-besaran Saat Hari Libur

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 19 Desember 2019 09:01
Usai Banjir, PNS DKI Kerja Bakti Besar-besaran Saat Hari Libur
Selain kerja bakti, Pemprov DKI juga akan membuat sumur resapan.

Dream - Karyawan Pemprov DKI Jakarta bakal melakukan kerja bakti besar-besaran setelah sejumlah wilayah Ibu Kota terendam banjir pada Selasa, 17 Desember 2019.

Kerja bakti akan digelar saat karyawan pemerintah provinsi DKI Jakarta sedang berlibur, Minggu, 21 Desember 2019.

" Jadi hari Minggu besok kita mau kerja bakti besar melibatkan semua komponen kita di Provinsi. Pak Gubernur juga memonitor," ujar Sekretaris Pemprov DKI Jakarta, Saefullah, Jakarta, Rabu, 18 Desember 2019.

Saefullah mengatakan, keputusan menggelar kerja bakti dilakukan setelah sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menggelar rapat bersama.

Kerja bakti kali ini difokuskan memperbaiki segala kekurangan fasilitas penunjang banjir. Misalnya, mulut air, tali air, atau bak kontrol.

" Kita enggak tahu ke depan mau ada intensitas hujan seperti apa, durasinya kita juga enggak tahu, jadi kita antisipasi," ucap dia.

 

1 dari 5 halaman

Sumur Resapan

Selain kerja bakti, Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta akan menambah jumlah drainase vertikal, atau sumur resapan. Beberapa wilayah prioritas serapan diantaranya, kawasan Senayan dan Gatot Subroto.

" Iya ada. Di Senayan, Gatot Subroto, dan wilayah yang agak lama surutnya," kata Kepala Dinas SDA, Juaini.

Juaini mengklaim, drainase berfungsi secara efektif saat hujan mengguyur Jakarta, kemarin. Hal itu ditandai dengan durasi genangan.

Dari data Dinas SDA, durasi air menggenang paling lama 30 menit. Waktu tersebut disebutnya tidak terlalu lama.

" Iya itu karena ada drainase vertikal. Mungkin kalau tidak ada (surut) akan lama," ucapnya.

Sumber: Merdeka.com/Yunita Amalia

 

2 dari 5 halaman

Sejumlah Titik Banjir Jakarta Sore Ini

Dream - Hujan deras terjadi di berbagai wilayah di Jakarta sejak pukul 13.00 WIB. Akibat hujan ini, beberapa lokasi terendam banjir.

Berdasarkan pantauan dari akun Twitter @TMCPoldaMetro, banjir terpantau di depan Citraland, Grogol, Jakarta Barat. Akibat banjir tersebut, lalu lintas tersendat.


Banjir setinggi 30 centimeter juga terpantau di Jalan Prof Satrio, Jakarta Selatan, arah ke kampung Melayu. Akibat banjir, kendaraan motor berjalan pelan sehingga lalu lintas terpantau tersendat.

Selain itu, banjir juga terpantau di Jalan Pemuda Jakarta Timur, Jalan Tol Kuningan Kilometer 5 (arah Cawang), Jalan S Parman, Jakarta Barat, depan kampus Universitas Tarumanegara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, dan beberapa lokasi lain.

Kondisi yang cukup parah terpantau di pintu 10 Kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat. Di area tersebut terpantau banjir setinggi 20 hingga 30 centimeter.

Genangan air yang cukup dalam terpantau di depan Jalan Asia Afrika depan Plaza Senayan. Di lokasi tersebut, sejumlah kendaraan terendam banjir setinggi 40 centimeter.

 

3 dari 5 halaman

Sudah Surut

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Juaini memastikan sejumlah titik di banjir berangsur surut. Ia juga mengatakan kondisi di sekitar kawasan Gelora Bung Karno tidak terkendala banjir.

" Pas hujan benar ada genangan, sekarang sudah surut," kata dia dilaporkan , Selasa, 17 Desember 2019.

Juaini tak menampik intensitas hujan sejak Selasa siang hingga sore mengakibatkan genangan dan banjir di berbagai titik. Namun, kata Juaini, kondisi tersebut tidak berlangsung lama.

" Ketika 20-30 menit sudah surut," kata dia.

4 dari 5 halaman

Sempat Banjir, Kini Tol Dalam Kota Kuningan Arah Cawang Mulai Normal

Dream - Hujan lebat yang mengguyur Jakarta membuat sejumlah titik kebanjiran, Selasa 17 Desember 2019. Salah satunya adalah ruas Tol Dalam Kota (Kuningan arah Cawang).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, petugas Jasa Marga mengoperasikan dua unit pompa air dan menyedot genangan. Jasa Marga juga bekerja sama dengan Polri untuk mengatur lalu lintas di jalan tol.

Sekadar informasi, hujan deras mengguyur Jakarta sejak pukul 14.00 WIB. Di Ruas Tol Dalam Kota, tepatnya KM 05+400 arah Cawang, terdapat genangan setinggi sepuluh hingga 15 sentimeter.

Setelah dua pompa dioperasikan, kini air genangan telah surut. Lalu lintas di tol kembali normal.

5 dari 5 halaman

Tak Hanya Jakarta, Banjir Juga Serbu Tangerang dan Depok

Dream - Curah hujan tinggi di Bogor, Kamis malam, 25 April 2019 tidak hanya berdampak banjir di sejumlah DKI Jakarta.

Debit air Sungai Ciliwung yang naik juga membuat pemukiman di Kota Depok, Jawa Barat terendam banjir.

Dilaporkan, anggota Tagana Kota Depok, Doni mengatakan air mulai meluap sejak pukul 02.00 WIB.

" Titik wilayah rumah warga yang dekat bantaran Sungai Ciliwung sudah kami evakuasi dibantu Damkar, TNI, aparat, Tagana, dan elemen warga Depok," kata Doni, Jumat, 26 April 2019.

Informasi anggota Tagana dan komunitas Sungai Ciliwung, banjir terjadi di wilayah RT 08 RW 2 Tirta Jaya, Kecamatan Sukmajaya; RT 4 RW 5 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas; bawah jembatan Soto Kudus; bantaran sungai Ciliwung di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji; RT 5 RW 7 Kelurahan Pasir Gunung Selatan; dan RW09 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis