Berikan Doa Ini Saat Mengantar Orang yang Hendak Bepergian

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 27 Agustus 2020 06:01
Berikan Doa Ini Saat Mengantar Orang yang Hendak Bepergian
Orang bepergian sedang menjalani kesulitan.

Dream - Bepergian merupakan aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Melakukan perjalanan ke sejumlah tujuan demi menyelesaika beragam urusan.

Orang yang bepergian sebenarnya sedang dalam kesusahan. Sebab ruang geraknya terbatas hanya di kendaraan yang dia tumpangi.

Kelelahan menjadi salah satu masalah yang kerap timbul akibat bepergian. Selain itu, pikiran bisa melayang ke mana-mana.

Sehingga, ketika ada orang bepergian, kita dianjurkan untuk berpesan agar yang bersangkutan berhati-hati. Juga agar selalu mengingat Allah.

Ketika ada orang hendak berangkat bepergian, kita yang ditinggalkan dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Ketika Ada Orang Berangkat Pergi

Doa Untuk Orang pergi© Dream.co.id

Zawwadakallahut taqwa, wa ghofara dzanbaka, wa yassara lakal khoira haitsuma kunta.

Artinya,

" Semoga Allah membekalimu ketakwaan, mengampuni dosamu, dan memudahkan kebaikan untukmu di mana pun kamu berada."

Sumber: Rumaysho

2 dari 5 halaman

Doa Memohon Kebaikan Seperti Dimintakan Rasulullah

Dream - Semua orang tentu mengharapkan kebaikan agar menjalani hidup dengan penuh keberkahan. Kita butuh kebaikan di semua lini kehidupan. Mulai sosial, ekonomi, hingga agama.

Jangankan orang biasa, mereka yang terpilih sebagai Nabi dan Rasul juga berharap hidupnya selalu dilimpahi kebaikan. Mereka juga selalu mendoakan umatnya agar tak pernah ditimpa keburukan.

Demikian halnya dengan Rasulullah Muhammad SAW. Doa Rasulullah sangat panjang, sampai membuat para sahabat kesulitan menghafalnya.

Agar para sahabat mudah menirukan doa tersebut, Rasulullah mengajarkan doa yang lebih singkat namun berisi semua permintaan Rasulullah. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Tirmidzi dari Abu Umamah RA.

3 dari 5 halaman

Doa Kebaikan Seperti Dimintakan Rasulullah

Doa Mohon Kebaikan Seperti Dimintakan Rasulullah© Dream.co.id

Allahumma inni as aluka min khoiri ma sa alama minhu nabiyyuka muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, wa a'udzubika min syarri masta'adza minhu nabiyyuka muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, wa antal musta'an, wa 'alaikal balagh wa la hawla wa la quwwata illa billah.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu kebaikan yang nabi-Mu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memintanya kepada-Mu. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang nabi-Mu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mintakan perlindungan darinya kepada-Mu. Dan hanya Engkaulah yang dapat dimintai pertolongan, serta Allah-lah yang mencukupi (untuk meraih harapan dunia dan akhirat). Dan tidak ada daya serta upaya kecuali dengan pertolongan Allah)."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Tak Khawatir Akan Masa Depan

Dream - Masa depan tidak pernah bisa ditebak. Selamanya akan menjadi misteri bagi kita.

Termasuk berkaitan dengan rezeki dan nasib. Tak ada yang bisa memastikan.

Akibatnya, seringkali kita dibuat khawatir akan masa depan. Kita tidak pernah membayangkan apa yang akan terjadi nanti, bahkan takut untuk melakukannya.

Kekhawatiran tersebut menjadikan kita ragu menetapkan langkah. Menjadikan kita tak yakin bisa menjalani hidup dengan catatan kesuksesan.

Perasaan seperti demikian sudah sepatutnya kita hilangkan. Kita perlu yakin akan ketetapan Allah, lalu berusaha sekuat tenaga agar sukses di masa depan.

Di samping itu, dianjurkan membaca doa ini agar kekhawatiran kita terhadap masa depan dapat hilang. Berganti dengan semangat dan optimisme.

 

5 dari 5 halaman

Doa Agar Tak Khawatirkan Masa Depan

Doa Tak Khawatirkan Masa Depan© Dream.co.id

Allahummarzuqni nafsan muthmainnah tuqina bi wa'dika wa tusallimu li amrika wa tardla bi qadlaika.

Artinya,

" Ya Allah, berilah aku rezeki jika yang tenang, yang yakin terhadap janji-Mu, pasrah terhadap keputusan-Mu, dan ridla terhadap takdir-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar