Penampakan Jembatan Padang-Bukittinggi Roboh Dihantam Banjir

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 12 Desember 2018 13:01
Penampakan Jembatan Padang-Bukittinggi Roboh Dihantam Banjir
Jembatan tak kuat menahan terjangan air sungai yang meluap.

Dream – Jembatan yang menghubungkan ruas Padang-Bukittinggi, Sumatera Barat, putus akibat dihantam banjir. Alhamdulillah, tak ada korban jiwa dari banjir tersebut.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

 Jembatan yang menghubungkan Padang ke Bukittinggi, putus dihantam banjir (1)

“ Banjir akibatkan jembatan yang menghubungkan ruas Padang-Bukittinggi putus total pada 10/12/2018 pukul 18.30 WIB,” cuit Sutopo di akun Twitternya, @Sutopo_PN, Rabu 12 Desember 2018.

Dia menyebut jembatan itu terletak di Korong Pasa Usang Nagari Kayutanam, Padang Pariaman.

“ Tidak ada korban jiwa dari banjir tersebut,” cuit Sutopo.

 Jembatan yang menghubungkan Padang ke Bukittinggi, putus dihantam banjir (2)

Sekadar informasi, jembatan ini bernama Jembatan Panyaram. Jembatan itu putus akibat diterjang arus luapan Sungai Batang Kayu.

 

1 dari 1 halaman

Ada 4 Jembatan Roboh di Padang Pariaman

Dikutip dari Liputan6.com, banjir ini menyebabkan aktivitas warga di kawasan Kayu Tanam, Padang Pariaman, lumpuh. Kepolisian setempat terpaksa mengalihkan arus lalu lintas menuju jalan alternatif Malalak Sicincin.

Selain Jembatan Panyaram, ada tiga jembatan lainnya yang ambruk di Padang Pariaman. Dua jembatan di Kayu Tanam Pasa Usang, 1 Sungai Patai Nagari Kapalo Hilalang, dan 1 Lubuk Napa, Padang Sago. Tiga dari empat jembatan roboh bersamaan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Padang Pariaman, Budi Mulya, mengatakan jembatan di Pasa Usang merupakan sarana transportasi jalan nasional yang menghubungkan Padang-Bukittinggi.

“ Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dilewati. Pengendara dari arah Bukittinggi menuju Padang dan sebaliknya tidak dapat melewati jalur ini,” kata Budi.

Dia mengatakan jalan alternatif seperti Andurian dan Malalak juga berbahaya karena juga kebanjiran. Budi mengatakan sungai meluap terjadi di Koto Mambang dan Tandikek, Patamuan, Padang. Dia mengimbau warga untuk menjauhi daerah sungai karena hujan masih mengguyur wilayah tersebut.

Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizki Nugroho, menyarankan pengendara untuk melewati jalur lain. “ Pengendara bisa mengambil jalur di Korong Padang Mantuang,” kata Rizki. 

Dia menjelaskan, jalur tersebut dapat diakses dengan masuk di jalan SMAN 1 2x11 Kayu Tanam yang nantinya keluar di depan INS Kayu Tanam.

" Jalan tersebut dapat dilalui kendaraan roda empat dan dua. Namun, kondisi jalannya ada yang sudah diaspal, ada juga yang cor semen, dan ada juga yang masih bebatuan," kata dia.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Galuh Garmabrata)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone