Geger Korban Bullying Disuruh Jilat Aspal dan Menggonggong

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 3 Februari 2016 16:02
Geger Korban Bullying Disuruh Jilat Aspal dan Menggonggong
Siswa SMP itu diminta bersujud, disuruh menjulurkan lidah, dan kemudian menjilati aspal jalanan.

Dream - Aksi bullying di kalangan pelajar seolah tak ada habisnya. Rekaman demi rekaman aksi pelecehan di antara para pelajar terus bermunculan. Mengundang keprihatinan banyak orang.

Video rekaman terbaru muncul di Malaysia. Sebuah video aksi bullying terhadap siswa sekolah menengah pertama beredar di jejaring sosial Facebook. Masyarakat negeri jiran menilai pelecehan itu sangat tak manusiawi.

Dalam video itu terlihat siswa yang masih berseragam sekolah dan menggendong tas disuruh bersujud. Sejumlah remaja yang mengelilinginya meminta korban untuk menjulurkan lidah dan menjilat aspal jalanan.

Tak hanya itu, dalam video berdurasi 35 detik ini korban bullying diminta menggonggong. Bak anjing. Banyak pengguna media sosial di Malaysia mengutuk aksi ini. Sungguh memprihatinkan.

Video itu mulai beredar sejak Sabtu pekan lalu. Aksi pelecehan ini diduga terjadi di Petaling Jaya. Polisi setempat sudah menangkap enam remaja pelaku pelecehan ini. Mereka berumur 18 hingga 20 tahun.

" Para tersangka ditahan pada hari Senin. Kami juga menyita enam Ponsel. Mereka ditahan hingga hari Kamis," tutur polisi setempat, Mohd Zani Che Din.

Dia menambahkan, penyidikan menunjukkan korban pelecehan ini berusia 14 tahun, siswa sekolah menengah di Sea Park. Dan pelecehan ini terjadi pada akhir bulan lalu.

" Para tersangka meminta korban menjilati jalan dan menggonggong seperti anjing setelah mereka dituduh memotret perempuan tanpa izin," tambah Mohd Zani.

Hentikan segala bentuk bullying!

1 dari 4 halaman

Di-bully 8 Tahun Lalu, Wanita Berhijab Ini Akhirnya Buka Suara

Dream - Fenomena bully di media sosial sudah lama terjadi. Siapa pun bisa mengalami cacian, makian, dan olok-olok, di jejaring sosial. Sebab, di sanalah orang bisa bebas berlaku apapun. Termasuk melakukan bully.

Dan cara setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menyikapi bully. Seperti wanita berhijab asal Malaysia ini. Perempuan yang tak disebut namanya itu di-bully 8 tahun silam. Pada 2007, fotonya beredar di Facebook. Dia tampil dengan baju merah dan hijab putih, tengah memegang babi.

Foto itu tersebar luas. Menjadi viral. Dan hasilnya bisa ditebak. Ribuan orang menghujat. Melontarkan segala caci maki. Sebagai wanita berhijab, dia dianggap tak pantas berpose dengan babi. Apalagi “ seolah” dengan bangga.

Dalam ajaran Islam, babi memang diharamkan. Namun, apakah dengan itu semua orang yang tak tahu latar belakang dari foto itu “ dihalalkan” melontarkan hujatan? Kala itu, wanita ini seolah mengalami “ pembunuhan karakter”.

Namun beberapa hari yang lalu, wanita itu buka suara atas apa yang dia alami 8 tahun silam. Dia menjelaskan bahwa gambar itu merupakan foto koleksi pribadi yang disebarkan oleh orang lain tanpa izin.

Perempuan itu mengaku sebagai dokter hewan. Dan foto itu diambil saat belajar di kampus. Sebagai mahasiswi kedokteran hewan, sudah tentu dia bersentuhan dengan hewan-hewan, baik sebagai pasien maupun objek penelitian.

Perempuan ini juga mengaku sengaja menahan diri saat mendapat bully 8 tahun silam. Dia tak bereaksi dengan berbagai tuduhan. Sebab, dia yakin semua orang yang mencemooh itu tak tahu-menahu tentang apa yang sebenarnya terjadi.

“ Selama 8 tahun saya berdiam diri dengan tuduhan, cacian, fitnah, seperti murtad, penghinaan kepada ibu dan ayah saya karena telambesarkan saya, gertakan, ancaman dan sebagainya.. karena saya menganggap kalian mungkin tak mengetahuinya,” demikian kata wanita itu, sebagaimana dikutip Dream dari Siakapkeli.my, Selasa 29 Desember 2015.

Dalam pengakuan itu, wanita ini menjelaskan bahwa sebagai mahasiswi kedokteran hewan dia wajib berinteraksi dengan hewan.

“ Harap maklum, Dokter Hewan meliputi segala jenis hewan untuk pembelajaran dan kajian seperti penyakit-penyakit yang mungkin menjangkiti hewan dan manusia,” tambah dia.

Memang, sejumlah penyakit manusia bisa ditularkan oleh hewan, seperti H1N1, Virus Nipah, Rabies atau anjing gila, Leptospirosis, Flu Burung, dan sebagainya.

Jadi.... jika melihat foto yang tidak diketahui asal usulnya, apakah kita harus melontarkan cacian dengan gampang? Ini perenungan bagi kita semua. (Ism) 

2 dari 4 halaman

Dibully Video Curhatan Mulan, Ini Balasan Deddy Corbuzier

Dream - Kasus video curhatan Mulan Jameela bersama Deddy Corbuzier tentang Ahmad Dhani dan Mai Estianti masih terus bergulir. Saling argumen antara seluruh pihak yang terkait, masih terus menghiasi media sosial.

Pasca diunggahnya video tersebut tak hanya Mulan yang kebanjiran bully di dunia maya, Deddy Corbuzier tak luput dari komentar miring dari para netizen.

Menanggapi serangan dari berbgai pihak, melalui akun Instagramnya, Deddy pun meminta maaf kepada para netter.

" Saya mohon maaf :( ,"  posting Deddy.

Melalui postinganya tersebut, Deddy tampaknya ingin mengajak para netizen tidak terlalu serius menanggapi video curhatan Mulan itu.

" Saya mohon maaf... Foto saya sama mbak Mulan kurang banyak stock nya. #ayolahFollow #please #kasiansayalah #thisisdeddycorbuzi," tulis Deddy.

Alhasil, postingan Deddy tersebut pun kebanjiran respon dari para pengikutnya. Ada yang mennaggapi secara baik postingan Deddy, namun tak sedikit yang masih mengganggap video curhatan Mulan bersamanya merupakan kesalahan besar.

3 dari 4 halaman

Bikin Akun Twitter, Haji Lulung Langsung Kena Bully

Dream - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abraham Lunggana alias Haji Lulung menjadi bahan perbincangan netizen di media sosial Twitter.

Bahkan tagar #SaveHajiLulung sempat menduduki trending topic dunia lantaran perdebatan sengit politisi PPP dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terkait dana 'siluman' APBD DKI 2015 saat mediasi di Kemendagri, 5 Maret lalu.

Tagar #SaveHajiLulung bukanlah berisi dukungan terhadap Haji Lulung, tapi sebaliknya berisi ledekan terhadap wakil DPRD yang ucapannya dianggap tidak logis dan tidak masuk akal.

Saat dimintai komentar terkait #SaveHajiLulung jadi trending topic dunia di Twitter, Lulung mengaku tidak mengetahuinya, lantaran ia tidak memiliki akun twitter.

Namun kini, Lulung sudah memiliki akun Twitter pribadi yang ia beri nama @halus24. Akun@halus24 yang dibuat pada 9 Maret lalu itu merupakan kepanjangan dari Haji Lulung untuk Semua.

Dalam kolom biografi, Lulung menulis; " Tegakkan Undang-undang dan Hentikan Kesewenang-wenangan" .

Lulu pun langsung berkicau mengucapkan rasa syukur karena telah memiliki akun Twitter.

" Assalammuallaikum, Alhamdulillah skrg sy sdh memiliki akun pribadi twitter,semoga dapat saling berbagi informasi yg mencerdaskan kita semua"  tulis Lulung, 10 Maret 2015.

Pada cuit selanjutnya, Lulung ikut mendoakan Ahok yang tengah sakit. " Saya Mendoakan pk Ahok Smg cepat Sembuh dari Sakitnya serta bs Ber aktivitas kembali,"  kicau Lulung hari ini.

Hingga siang ini, akun @halus24 telah memiliki 6.426 followers. Dalam cuitan terakhirnya, Haji Lulung mengaku sedang belajar menggunakan Twitter. " Sy baru belajar nge Tweet. Nanti di perhatkan mattion Teman2" .

Cuitan itu langsung direspons komentar dari netizen. " Mention pak bukan mattion hehe."  kata salah satu netizen.

" Istilah 'mention' buat orang biasa, Haji Lulung beda,"  komentar netizen lainnya menimpali. (Ism) 

4 dari 4 halaman

Hai "Miskiners"......

Dream - Beberapa hari ini lini masa media sosial ramai membicarakan fanspage bernama “ Destiia Barbiie Trulula Asomething Jr.” di Facebook. Banyak netizen geram dengan tulisan-tulisan yang diunggah oleh pemilik fanspage itu.

Lini masa fanspage itu dipenuhi oleh tulisan-tulisan yang menggambarkan pemiliknya sebagai wanita muda yang kaya. Sebagai artis! “ Diary Bidadari cantik, ANTI COWOK MISKIN..!!” demikian sang pemilik menggambarkan tentang fanspage ini.

Pamer –jika tak boleh dikatakan sombong, itulah kesan yang terlihat dalam fanspage ini. Lihatlah unggahan yang dibuat pada 13 Desember 2015. Fanspage ini mengunggah foto sejumlah ponsel merek kondang.

Pemilik akun ini mengklaim kerap berganti-ganti dan punya banyak ponsel mewah. “ Sedikit si cm 6 biji,” demikian tulis pada unggahan itu.

Pemilik fanspage ini membandingkan dirinya dengan orang lain, dan mengaku kerap melihat orang miskin dengan ponsel merek tertentu. Jelas saja ungahan itu mengundang reaksi dari netizen. Banyak yang mencaci.

Unggahan tersebut sudah dikomentari 5.323 kali. Dan kebanyakan netizen mengolok fanspageini dengan menyebutnya hanya omong kosong.

Meski demikian, fanspage ini terus mengunggah foto wanita yang sama, dan membubuhinya dengan caption yang membuat netizen semakin geram.

orang kaya tidurnya di hotel mewah bintang 5, ngga kaya orang miskin di emperan toko,” demikian caption foto yang juga diunggah pada 13 Desember.

Hampir semua netzen mencerca. Mereka tak percaya itu kamar hotel bintang lima. Banyak yang menyebut kamar yang menjadi latar foto itu mirip dengan kos-kosan. Hehehe....

Dan yang membuat netizen semakin geram, fanspage tersebut selalu menggunakan istilah “ miskiners” untuk menyapa. Jelas saja semakin banyak netizen yang berang. Terus “ menyerang” fanspage ini.

Setiap postingan, selalu dikomentari ribuan kali. Pemilik fanspage ini pun di-bully. Merasa tak terima diolok-olok, pemilik fanspage pun kembali mengunggah tulisan.

Apa untungnya si kalian membully gw? lagian fanspage ini cuman buat catatan harian doang. jadi kalian stop membully gw. gw yang kaya lu pada marah, GAJELAS!!,” tulisan ini diungah 14 Desember pukul 12.59 dinihari.

Itulah unggahan terakhir, yang hingga Kamis 17 Desember 2015 sudah dikomentari 7.297 kali. Meski banyak cacian, ternyata yang menyukai fanspage ini lumayan banyak. Hinga kini fanspage ini disukai oleh 22.220 pengguna FacebookEhm....  (Ism) 

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak