Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Begini Nasib 900 Ha Lahan Warga

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Begini Nasib 900 Ha Lahan Warga Erupsi Gunung Sinabung (Foto: Merdeka.com)

Dream - Gunung Sinabung sekurangnya sudah dua kali erupsi pada Senin 10 Agustus 2020. Debu vulkanik menutupi sejumlah kawasan dan mengancam pertanian warga sekitar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin, memaparkan sekurangnya tiga kecamatan terdampak langsung erupsi ini, yakni Naman Teran, Merdeka dan Berastagi. Bukan hanya debu, di beberapa kawasan juga dilaporkan terjadi hujan pasir.

“Kita dapatkan informasi, beberapa desa di Kecamatan Merdeka ada hujan pasir,” kata Natanail.

Dia menegaskan belum ada evakuasi warga menyusul dua erupsi ini. Aparat pemerintahan setempat, TNI dan Polri terus berkoordinasi untuk membersihkan zona-zona terpapar debu erupsi ini. Mereka mengerahkan mobil pemadam kebakaran ke lokasi untuk melakukan pembersihan. Di beberapa titik ketebalan abu mencapai 4 Cm.

"Kita kerahkan damkar ke lokasi untuk membersihkan jalur utama dan fasilitas umum. Ada 7 unit armada yang kita turunkan, nanti ada bantuan 2 unit dari provinsi," jelas Natanail.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Metehsa Purba, menyebut hampir seribu hektare lahan pertanian di Kecamatan Merdeka, Naman Teran, dan Berastagi, terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung.

"Yang terdampak lebih dari 900 hektare. Paling parah Kecamatan Naman Teran. Ada juga Kecamatan Simpang Empat, dan Berastagi, tapi tidak terlalu parah," kata Metehsa.

Abu vulkanis dari erupsi Gunung Sinabung ini juga dikhawatirkan menyebabkan gagal panen, terutama tanaman sayur-mayur, di kawasan itu.

"Produktivitasnya menurun, karena kerusakannya sampai 85 persen," ungkapnya.

Hari ini sekurangnya terjadi 2 kali erupsi Gunung Sinabung. Pos Pantau Gunung Sinabung, PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM melansir data erupsi pertama terjadi pada pukul 10.16 Wib dengan tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter.

“Yang kedua pukul 11.17 Wib dengan tinggi kolom 2.000 meter. Arah angin masih ke timur dan tenggara. Gempa tremor dan gempa vulkaniknya masih tinggi, potensi erupsi masih ada,” jelas Armen Putra, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung.

Sumber: Merdeka.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ini Hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Bencana Alam Gunung Meletus, Simak Baik-Baik!

Ini Hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Bencana Alam Gunung Meletus, Simak Baik-Baik!

Saat terjadi bencana alam seperti letusan gunung berapi, ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Bos Lihat kita Kerja

NOTED KAK! Ketika Bos Lihat kita Kerja

Sahabat Dream, kamu atau temanmu pernah gak kaya gini? Pura-pura sibuk kerja ketika dilihat bos, padahal aslinya.... ya udah lah

Baca Selengkapnya