Lewat Kemensos, Sido Muncul Donasi Rp500 Juta untuk Korban Banjir Bandang di NTT

Reporter : Iwan Tantomi
Kamis, 15 April 2021 14:17
Lewat Kemensos, Sido Muncul Donasi Rp500 Juta untuk Korban Banjir Bandang di NTT
Bantuan ini diserahkan secara simbolik oleh Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat kepada Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di Gedung Kementerian Sosial, Jakarta.

Masih ingatkah Sahabat Dream dengan bencana alam yang menimpa Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur hari minggu (4/4) lalu? Dikutip dari Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), hingga Selasa (13/4), sebanyak 178 orang meninggal dunia dan 47 orang hilang atau masih dalam pencarian di NTT.

Berangkat dari keprihatinan ini, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk berinisiatif untuk menyumbangkan dana senilai Rp500.000.000,00 untuk para korban banjir bandang di NTT. Bantuan ini diserahkan secara simbolik oleh Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat kepada Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di Gedung Kementerian Sosial, Jakarta, pada Rabu (14/4).

Penyerahan bantuan untuk korban banjir bandang di, Flores Timur, NTT oleh Sido Muncul kepada Kementrian Sosial© Dok. Humas Kemensos

"Saya ikut merasakan bencana yang menimpa masyarakat di NTT, tentunya sangat berat bagi mereka." Ujar Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat. Ia berharap semoga bantuan tersebut dapat meringankan para korban bencana alam di NTT.

Sebelumnya, bantuan dana senilai Rp650.000.000 juga telah dikucurkan untuk korban banjir di NTT. Bantuan tersebut disalurkan melalui Benihbaik.com, Komunitas Muslim NTT Aisyiyah (Organisasi Perempuan Persyarikatan Muhammadiyah), Keuskupan Larantuka, dan Keuskupan Atambua. Dan yang terbaru, melalui Kementrian Sosial.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat© Dok. Humas Kemensos

"Ini sebagai tanda saya percaya kepada Pemerintah." Ujar Irwan saat ditemui di di Gedung Kementerian Sosial, Jakarta.

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini juga mengucapkan terimakasih kepada Sido Muncul atas dana bantuan yang dipercayakan kepada kementrian sosial. "Atas nama pemerintah saya mnegucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Sido Muncul untuk kedua kalinya memberikan sumbangan kepada kami pemerintah, (melalui) Kementrian Sosial."

Diketahui pemerintah memang membutuhkan dana secara cepat untuk pemulihan kembali perumahan-perumahan warga. Sejauh ini, banyak warga yang harus pindah karena area pemukiman tidak memungkinkan untuk ditempati.

Penyerahan bantuan untuk korban banjir bandang di, Flores Timur, NTT oleh Sido Muncul kepada Kementrian Sosial© Elvira Saudi/Dream.co.id

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat juga memaparkan alasannya mengamanahkan dana sumbangan tersebut kepada pemerintah. Ia mengakui adanya keterbatasan akses juga menjadi pertimbangan Sido Muncul untuk mempercayakan dana donasi kepada pihak yang lain yang lebih mumpuni dan terpercaya, yaitu Kementrian Sosial.

Menurutnya, ada dua hal penting yang dipertimbangkan ketika berdonasi, yaitu kepercayaan dan akses. Irwan mempercayai pemerintah sepenuhnya amanah menyalurkan sumbangan tersebut. Ditambah lagi akses menuju lokasi yang terbilang tidak mudah membuat Irwan semakin yakin bahwa kementrian sosial merupakan pilihan tepat untuk Sido Muncul menyalurkan niat baik ini.

"Yang paling lengkap (aksesnya) pemerintah, kementrian sosial." Tambah Irwan lagi.

Irwan juga menjelaskan alasan Sido Muncul memberikan bantuan tunai dan beberapa obat-obatan. Ia meyakini bahwa donasi berupa uang akan lebih fleksibel dan efisien, sehingga kebutuhan apapun bisa lebih mudah diperolah para korban bencana alam.

Beri Komentar