Lima Masjid dengan Kapasitas Jamaah Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 5 Mei 2022 11:00
Lima Masjid dengan Kapasitas Jamaah Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia
Ini lima masjid yang mempunyai kapasitas jamaah terbesar di dunia, mau berkunjung?

Dream - Mendengar kata masjid, orang-orang seringkali menyebutnya sebagai rumah Allah SWT. Ini adalah bangunan yang dikhususkan sebagai tempat berkumpul untuk menunaikan sholat berjamaah.

Dalam sejarah Islam, masjid pertama yang dibangun di dunia adalah masjid Quba. Masjid ini didirikan oleh Rasulullah saat perjalanan hijrah dari Mekkah menuju Madinah pada 8 Rabiul Awwal atau 23 September 622 Masehi.

Hingga saat ini, entah sudah berapa banyak masjid yang telah berdiri tegak di seluruh dunia. Dengan berbagai model, fasilitas, hingga kapasitas jamaah yang mampu menampung ribuan hingga jutaan jamaah.

Berdasarkan data dari uaemoments.com, berikut ini lima masjid dengan kapasitas jamaah terbanyak di dunia.

1 dari 5 halaman

Masjid Al-Haram di Mekah, Arab Saudi

Masjid Al Haram dan Kabah© MEN

Siapa yang tak familiar dengan Masjid al-Haram atau Masjidil Haram yang berada di Kota Mekah, Arab Saudi. Ini adalah tempat paling suci bagi umat Islam, dengan Ka’bah yang menjadi kiblat untuk beribadah bagi umat muslim di seluruh dunia.

Masjid yang dibangun pertama kali oleh Nabi Ibrahim ini, mampu menampung kapasitas hingga 2.000.000 jemaah dengan luas lebih dari 365 ribu meter persegi.

Meskipun atapnya terbuka, kondisi lantainya dapat tetap dingin dan sejuk. Lantai tersebut menggunakan marmer terbaik yang didatangkan langsung dari Thassos, Yunani. Masjid ini juga menjadi salah satu lokasi yang tak boleh dilintasi pesawat ‘no-fly zone’.

2 dari 5 halaman

Masjid Nabawi di Madinah

Masjid Nabawi Ternyata Punya Ruang Rahasia Bawah Tanah, Isinya Bikin Takjub© MEN

Selanjutnya adalah tempat paling suci kedua bagi umat muslim yakni Masjid Nabawi di Madinah. Masjid yang didirikan oleh Rasulullah pada 622 Masehi ini menjadi masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam.

Bangunan suci itu awalnya hanya bangunan terbuka dan digunakan sebagai pusat komunitas, pengadilan serta sekolah agama. 

Masjid Nabawi mengalami perluasan bangunan berkali-kali pada masa pemerintahan khalifah Bani Umayyah, Abbasiyah. dan Ottoman. Kemudian Kerajaan Arab Saudi melakukan pembangunan terbesar pada tahun 1994.

Kini Masjid Nabawi menjadi salah satu masjid terbesar di dunia dan mampu menampung jemaah sebanyak 1.000.000 jemaah, dengan fitur terkenalnya yaitu Kubah Hijau.

3 dari 5 halaman

Masjid Faisal di Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal© (Foto: Unsplash.com/Syed Bilal Javaid)

Masjid Faisal di Islamabad tak hanya megah, tapi mampu menampung kapasitas jamaah hingga 300.000 jamaah.

Bentuk masjid yang diapit oleh 4 menara ini terinspirasi dari tenda badui gurun dan Ka’bah di Mekkah. Jika melihat lebih dalam, ada kaligrafi emas yang menghiasi dindingnya.

Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1976 hingga berakhir di tahun 1986. Bentuknya yang unik merupakan maha karya dari arsitek bernama Vedat Dalokay. Masjid Faisal juga menjadi landmark kebanggan negara Pakistan.

4 dari 5 halaman

Masjid Istiqlal di Jakarta, Jakarta

Masjid Istiqlal© (Foto: Unsplash.com/mosquegrapher)

Menuju ke tanah air, ada masjid kebanggaan masyarakat Indonesia yakni Masjid Istiqlal yang mampu menampung hingga 120.000 jamaah. Masjid Istiqlal diresmikan sebagai Masjid Nasional Republik Indonesia pada 22 Februari 2021. 

Masjid yang dibangun di masa pemerintahan Presiden Soekarno ini berdiri di seberang Gereja Katedral Indonesia, yang disebut sebagai simbol kerukunan umat beragama di Indonesia. Bahkan arsitek dari Masjid Istiqlal adalah seorang Kristen Protestan, Frederich Silaban.

Masjid yang merampungkan pembangunannya selama 17 tahun ini memiliki kubah utama dengan diamater 45 meter yang melambangkan tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu tahun 1945.

 

5 dari 5 halaman

Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko

Masjid Hassan II© (Foto: Unsplash.com/Hans Jurgen Weinhardt)

Terakhir, masjid dengan kapasitas jamaah terbesar datang dari negara Maroko yaitu Masjid Hassan II di Casablanca, yang mampu menampung sebanyak 105.000 jamaah.

Masjid Hassan dibangun pada tahun 1993 di ‘Kota Putih’ Casablanca. Digarap oleh arsitek Prancis Michel Pinseau, Masjid Hassan menjadi yang terbesar kedua di benua Afrika setelah Masjid Djamaa el Djazaïr di Aljazair.

Meskipun dibangun oleh arsitek Eropa, namun interior dari penampilannya kental dengan kesenian Maroko. Masjid Hassan juga dikenal dengan menaranya yang menjulang tinggi hingga 210 meter. Kabarnya, lampu dari menara ini dapat terlihat sampai ke Mekkah.

 

Beri Komentar