Mengupas Deretan Pesawat Menteri Susi

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 4 November 2014 15:30
Mengupas Deretan Pesawat Menteri Susi
Menariknya, pesawat-pesawat Susi tak cuma hanya untuk bisnis semata, namun dipakai melayani misi kemanusiaan.

Dream - Dimulai menjadi pengepul ikan di Pangandaran, Susi Pudjiastuti merambah bisnis penerbangan perintis, yang kemudian membuat namanya berkibar.

Dengan mendirikan perusahaan PT Susi Air, wanita berusia 49 tahun yang cuma lulusan SMP, kini punya puluhan pesawat terbang perintis.

Menariknya, pesawat-pesawat Susi tak cuma hanya untuk bisnis semata, namun dipakai melayani misi kemanusiaan. Pesawat Susi menjadi yang pertama mendarat di Aceh setelah gempa dan tsunami 26 Desember 2004.

Dua hari setelah megabencana itu, Susi Air mendarat di Aceh untuk mendistribusikan bantuan di daerah yang terisolasi.

Lalu seperti apa saja sih deretan pesawat milik Susi yang kini menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan? Berikut ulasannya;

(Ism, Sumber: Fly.Susiair.com, Merdeka.com)

1 dari 9 halaman

Piagio Avanti II P180

Dream - Pesawat perintis Piagio Avanti II P180, salah satu armada milik PT ASI Pujiastuti Aviation atau Susi Air. Pesawat Charter VIP dan Charter Medevac ini mampu menampung 6-8 penumpang dan mengudara hingga jangkauan 2.200 km. (Ism)

2 dari 9 halaman

Cessna Grand Caravan Executive

Dream - Pesawat Susi Air Cessna Grand Caravan Executive merupakan armada terbanyak yang dimiliki Susi Air. Mampu menampung hingga 8 penumpang dan memiliki layanan mewah dan berkelas. Pesawat ini menerima layanan penumpang reguler, charter penumpang, dan charter cargo. (Ism)

3 dari 9 halaman

Cessna Grand Caravan Commuter

Dream - Pesawat ini serupa dengan Cessna Grand Caravan Executive, bedanya layanan yang diberikan standar dan biasa juga digunakan untuk mengangkut barang. (Ism)

4 dari 9 halaman

Pilatus PC-6 Turbo Porter

Dream - Pesawat Susi Air Pilatus PC-6 Turbo Porter menerima layanan penumpang, kargo, dan charter. Namun armada ini pernah kecelakaan di Kalimantan Timur pada 25 April 2012. (Ism)

5 dari 9 halaman

Agusta Grand

Dream - Susi Air Agusta Grand A109S, helikopter yang melayani penumpang menjangkau lokasi terpencil sekaligus dan memiliki kecepatan jelajah hingga 300 km/jam dengan jangkauan maksimum 890 km. (Ism)

6 dari 9 halaman

Agusta Koala

Dream - Susi Air Agusta Grand A119Ke merupakan layanan penerbangan perintis Susi Air, yang mampu menampung hingga 7 penumpang dengan jangkauan 935 km serta dilengkapi GPS. (Ism)

7 dari 9 halaman

Air Tractor

Dream - Susi Air Air Tractor AT802 Fuel Hauler, salah satu armada yang menjangkau hingga 1.287 km dan sering digunakan untuk memadam kebakaran hutan karena mampu menampung hingga 820 galon air ke udara. (Ism)

8 dari 9 halaman

Dornier

Dream - Susi Air Dornier 228 adalah pesawat turboprop bermesin ganda STOL. Pesawat ini menerima layanan penumpang, kargo dan charter. (Ism)

9 dari 9 halaman

Diamond Twin Star

Dream - Susi Air Diamond Da-42 Twin Star, pesawat yang mampu lepas landas di bidang selain aspal. Mampu menjangkau hingga 1.800 km dan pesawat ini berbasis di Pangandaran. (Ism)

Beri Komentar