Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ngeri, Detik-detik Jembatan yang Dipadati Mobil di China Bergoyang

Ngeri, Detik-detik Jembatan yang Dipadati Mobil di China Bergoyang Jembatan Di Humen (Foto: Twitter)

Dream - Jembatan Humen yang terletak di Provinsi Guangdong, China, terekam kamera bergoyang seperti ombak pada 5 Mei 2020 lalu. Hal ini tampak sangat mengerikan, pasalnya jembatan tersebut sedang dipadati mobil yang melintas.

Dikutip dari Taiwannews, beberapa video yang beredar di media sosial menunjukkan jembatan jalan raya, yang membentang di Sungai Pearl dan menghubungkan Guangzhou ke kota Dongguan, itu tampak bergoyang dengan bergelombang.

Terkait insiden tersebut, polisi lalu lintas Guangdong untuk sementara menutup jembatan pada pukul 3:32 dini hari waktu setempat sebagai tindakan keamanan. Pejabat terkait mengungkap goncangan itu disebabkan oleh angin kencang dari bawah yang menghantam jembatan, yang menciptakan pusaran besar.

 

Diklaim Aman

Angin kencang yang berlanjut menyebabkan pihak berwenang menutup perairan di sekitar jembatan pada pukul 19.00. Para ahli konstruks kepada media China bahwa gerakan naik turun itu normal dan dalam rentang tertentu, itu tidak akan mempengaruhi keselamatan berkendara.

Guangdong Transportation Group juga mengatakan para insinyur dikirim untuk memeriksa jembatan dan bahwa temuan awal menemukan struktur utama jembatan tidak rusak. Seperti apa detik-detik goyangnya jembatan?

 

Lihat Videonya

Fenomena Tsunami Pasir Hantam China, Matahari Sampai Tertutup

Dream - Badai pasir besar terekam video tengah melanda sebuah kota di China. Dalam cuplikan video tersebut terlihat penduduk yang berlarian dan panik.

Video itu diambil di Kota Baicheng, Jilin, China. Gelombang pasir dan debu terlihat bergerak menuju pusat kota serta terlihat seperti tsunami.

Dikutip dari Daily Star, gelombang debu terlihat sangat tinggi menjulang dan nampak menghalangi matahari. Kejadian ini dilatari dengan suara wanita yang berteriak dengan khawatir.

Fenomena badai pasir hebat ternyata memang sering terjadi di China. Warga setempat menyebutnya dengan 'badai hitam'.

Pihak polisi setempat memaksa penduduk untuk berada di dalam ruangan dan tidak panik berlarian keluar.

 

Penyebabnya

'Badai hitam' tersebut terjadi akibat angin yang berhembus hingga 39-46 mph pada 3 April 2020. Pihak otoritas cuaca di Jilin telah mengeluarkan peringatan biru untuk badai pasir yang akan berlangsung selama 24 jam, sementara di pusat kota telah dikeluarkan peringatan kuning yang lebih serius.

Badai pasir selalu melaju ke timur pada saat terjadi pertukaran udara di dataran berumput. Biasanya badai pasir memengaruhi kualitas udara di Beijing dan efeknya sangat parah.

Pihak meterorologi Jilin telah memperingatkan adanya angin kencang sangat besar yang kemungkinan menyebabkan dan menyebarkan kebakaran hutan.

'Badai hitam' tersebut sering kali muncul dan terekam kamera selama beberapa bulan terakhir. Badai ini juga menghalangi matahari di Australia setelah berbulan-bulan mengalami kebakaran hutan yang besar.

Pergerakan Kerak Bumi Melambat Akibat Covid-19, Kok Bisa?

Dream- Corona adalah pandemi dunia bukan masalah Indonesia saja. Maka setiap hari berita internasional menjadi santapan masyarakat Indonesia.

Setiap negara punya strategi sendiri-sendiri, namun dunia sepakat untuk mengurangi aktivitas masyarakat di luar rumah.

Imbauan untuk tinggal di rumah ini memang bukan saja diberlakukan di Indonesia, tapi juga di negara-negara terdampak Corona Covid-19.

Cara ini dipercaya dapat memerangi penyebaran virus Corona. Tanpa disadari, para ilmuan kembali menemukan sisi positif dari pandemi virus corona atau Covid-19.

Baru-baru ini para pakar seismologi di seluruh dunia mendapati adanya pengurangan kebisingan seismik (seismic noise) selama sebulan terakhir ini.

Kebisingan seismik, dijelaskan oleh Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, disebabkan oleh getaran-getaran kecil (mikroseismik) artifisial yang dihasilkan oleh aktivitas manusia, seperti aktivitas pabrik dan kendaraan.

Sehingga, berkat adanya kebijakan untuk tetap tinggal di rumah yang berlaku di seluruh dunia untukmenekan penyebaran virus corona, getaran-getaran kecil artifisial di muka bumi ini pun berkurang dan kebisingan seismik menurun.

Inilah kabar gembira bagi bumi.

Hal ini pertama kali disampaikan oleh Thomas Lecocq di laman CNN, seorang ahli geologi dan seismolog di Royal Observatory di Belgia, pertama kali menunjukkan fenomena ini di Brussels.

Brussels menilai sejak seluruh negara mulai menerapkan penutupan sekolah dan bisnis dan langkah-langkah jarak sosial lainnya. Sejak pertengahan Maret, Ia melihat pengurangan 30% hingga 50% dalam kebisingan seismik.

Stasiun seismik di Brussel, misalnya. Lecocq berkata, pada hari biasa, stasiun yang dibangun lebih dari seabad lalu di tengah kota ini nyaris tak berguna karena terganggu oleh kebisingan yang diakibatkan oleh aktivitas manusia.

Para pakar Belgia bahkan harus mengandalkan stasiun lain yang memanfaatkan pipa di bawah tanah untuk memonitor aktivitas seismik di area Brussel.

Berkurangnya polusi tentu merupakan hal yang baik bagi Bumi kita, namun apa dampak dari berkurangnya getaran seismik?

Dengan berkurangnya kebisingan berarti seismolog dapat mendeteksi kejadian yang lebih kecil. Sehingga mampu mendeteksi gempa bumi yang lebih kecil dan peristiwa seismik lainnya.

Karena berkurangnya kebisingan manusia membuatnya lebih mudah untuk menangkap getaran halus di tanah.

Intinya, berkurangnya kebisingan seismik membantu para pakar di BMKG dalam membaca gelombang gempa. Sebab, gelombang, yang khususnya bersumber dekat kota, menjadi relatif lebih jelas.

 

 

 Paula Koelemeijer@seismo_koel    

How the seismic noise on our little @raspishake seismometer running in West London (Twickenham) has been affected by the  lockdown. This is a month of data for station R091F. The average noise levels are down reflecting fewer trains, buses and cars.

View image on Twitter
  98  Twitter Ads info and privacy

  68 people are talking about this    

 Seismologie.be@Seismologie_be    

Our staff is teleworking. The earth continues shaking. Ground movements at frequencies 1-20 Hz, mainly due to human activity (cars, trains, industries,...) are much lower since the implementation of the containment measures by the government.  @ibzbe @CrisiscenterBE

View image on Twitter
  274  Twitter Ads info and privacy

  199 people are talking about this    

Fenomena ini memang sangat langka, kata Lecocq, mengingat Brussel juga merupakan kota yang dibangun seabad lalu sehingga sulit untuk menangkap dengungan kecil.

Seismolog lain sependapat. Paula Koelemeijer memposting grafik di Twitter yang menunjukkan bagaimana kebisingan di London Barat begitu berubah setelah sekolah dan tempat-tempat sosial di Inggris.

Celeste Labedz, seorang mahasiswa PhD di California Institute of Technology, pun memposting grafik yang menunjukkan penurunan tajam grafik kebisingan di Los Angeles.

Namun, seismolog mengatakan, pengurangan kebisingan adalah pengingat serius akan virus yang telah membuat lebih dari satu juta orang terinfeksi, dan menewaskan puluhan ribu orang sehingga menghentikan ritme kehidupan yang normal.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Detik-detik Jembatan Gantung Putus, Belasan Orang Jatuh ke Sungai Usai Berziarah

Detik-detik Jembatan Gantung Putus, Belasan Orang Jatuh ke Sungai Usai Berziarah

Belasan orang terembur ke sungai usai melewati jembatan gantung

Baca Selengkapnya
Ngeri, Detik-Detik Mobil Tertabrak Kereta Api di Wonosari Madiun

Ngeri, Detik-Detik Mobil Tertabrak Kereta Api di Wonosari Madiun

Beruntungnya tak ada korban jiwa dalam insiden tertabraknya mobil carry tersebut

Baca Selengkapnya
Kondisi Jalan Lokasi Mobil Keluarga Tewas Terjebak Lumpur, Warga ‘Ngeri’ Melintas

Kondisi Jalan Lokasi Mobil Keluarga Tewas Terjebak Lumpur, Warga ‘Ngeri’ Melintas

Jalan lokasi mobil keluarga tewas usai terjebak lumpur disebut jarang dilewati warga.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.