Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pesan Wakil Menag Untuk Panitia dan Peserta Reuni 212

Pesan Wakil Menag Untuk Panitia dan Peserta Reuni 212 Aksi Reuni 212 (Foto: Liputan6.com)

Dream - Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi berpesan kepada panitia dan peserta reuni 212 agar tak menjadikan pertemuan massal tersebut sebagai ajang menebar provokasi, memfitnah, menebarkan ketakutan, kebencian, dan mengadu domba.

Reuni 202 rencananya akan kembali digelar pada Senin, 2 Desember 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta.

"Saya yakin reuni 212 akan diisi dengan kegiatan dan aktifitas kebaikan," ujar Zainut dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 27 November 2019.

Zainut mengatakan, reuni 212 hukumnya mubah atau boleh. Karena hukumnya mubah, orang yang tidak mengikutinya mendapat dosa.

Menurut Zainut sebuah kegiatan bisa menjadi baik dan memiliki nilai ibadah jika diisi dengan hal kebaikan. Salah satu kebaikan itu bisa berupa anjuran menjaga persatuan, persaudaraan, cinta tanah air dan menaati hukum atau peraturan.

Zainut meminta semua tokoh agama lebih membangun narasi untuk merekatkan hubungan persatuan bangsa. Sebab, dalam satu tahun ke belakang suasana politik sempat memanas, hubungan antarmasyarakat sempat diwarnai ketegangan karena beda pilihan politik.

"Untuk hal tersebut semua pihak khususnya para tokoh agama dan tokoh masyarakat hendaknya ikut terlibat aktif merajut kembali persaudaraan kebangsaan dan membantu menciptakan situasi yang kondusif," ucap dia.

GNPF-U: Reuni 212 Didukung 14 Juta Peserta, Prabowo-Sandi Tak Diundang

Dream - Ketua Gerakan Pengawal Fatwa Ulama (GNPF Ulama), Yusuf Martak, mengatakan, mantan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, tidak diundang dalam reuni 212 di Monas, Jakarta, pada 2 Desember 2019.

"Kalau itu enggak ada undangannya kita. Enggak ada undangan," ujar Yusuf di gedung MUI, Jakarta, Selasa, 5 November 2019.

Reuni ini bermula dari aksi 212 pada 2 Desember 2016 silam, terkait unjuk rasa terkait kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kala itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Martak, reuni 212 akan selalu dilaksanakan setiap tahun. "Jadi reuni itu pasti akan diadakan setiap tahun," ucap dia.

Martak berharap, reuni 212 tahun ini akan dapat menarik peserta hingga belasan juta orang. "Kalau yang dukung pesertanya 14 juta," kata dia.

Meski demikian, tambah Martak, panitia saat ini masih mengurus perizinan reuni aksi 212 di Monas.

"Karena kita masih dalam pembahasan di Monas, izin sudah kita ajukan sudah lama. Insyaallah tanggal segitu sudah di plot. Tidak ada masalah," ujar Martak.

Gaya Selebritis Saat Ikuti Reuni Aksi 212

Dream - Gelaran Reuni Alumni Aksi 212 telah berakhir yang berjalan di Monumen Nasional (Monas), Minggu 2 Desember 2018, telah berakhir. Sebanyak ratusan ribu orang terlihat memutihkan kawasan Jalan Medan Merdeka itu.

Tak hanya warga biasa, sejumlah selebritis juga terlihat ikut serta dalam reuni ini. Dari unggahan warganet di Instagram bernama Rony Helmi, tiga selebritis tampak berbaur dengan ratusan ribu umat Islam lain.

Tiga selebritis yang mengikuti aksi antara lain, Ahmad Dhani, Irwansyah, dan Teuku Wisnu. Irwansyah datang ke acara ini untuk pengingat aksi serupa tahun lalu. Dia ingin reuni itu menjadi momentum pengingat kembali semangat persaudaraan Islam.

Irwansyah dan kawan-kawan mengikuti aksi reuni 212

Sumber: Instagram @irwansyah_15

"Di acara reuni ini, yuk kita kembalikan dan kuatkan lagi semangat ukhwuah islamiyyah kita. Kita kuat, karena kita bersama," ujar Irwansyah di laman Instagram pribadinya @irwansyah_15.

Teuku Wisnu dan Ahmad Dhani

Sementara itu, Teuku Wisnu tampak mengunggah perannya dalam aksi reuni kemarin. Dia berdiri di atas mimbar dan memegang mikrofon.

Aksi Teuku Wisnu

Sumber: Instagram @teukuwisnu

Ahmad Dhani pun tak kalah dengan dua selebritis sebelumnya. Punggawa Dewa 19 itu mengunggah keikutsertaannya saat acara reuni.

"Di panggung 212," tulis Dhani di akun Instagram pribadinya @ahmaddhaniofficial.

Memakai blangkon hitam, Dhani duduk bersama politisi Partai Keadilan Sejahtera, Fahri Hamzah, dan politisi Gerindra, Fadli Zon. Ada pula Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Aksi Ahmad Dhani, Fladi Zon, dan Fahri Hamzah

Sumber: Instagram @ahmaddhaniofficial

Mulan Jameela: Reuni 212 Seperti Umroh

Dream - Mulan Jameela turut hadir dalam reuni 212 di Lapangan Monas, Minggu 2 Desember 2018. Mulan terlihat bersama sang suami, Ahmad Dhani, dan kedua anaknya, Tiara dan Dufi.

Mulan mengunggah beberapa video saat ikut acara tersebut. Dia juga mengunggah foto para peserta reuni dari atas gedung hotel tempatnya menginap.

"IndonesiaRaya #Merdeka #reuni212," tulis Mulan, dikutip Dream, Senin 3 November 2018.

Mulan Jameela

Dari sejumlah unggahannya di mesia sosial itu, Mulan bahkan mengibaratkan suasana reuni 212 itu seperti ibadah umroh. Sebab, pada reuni tersebut, masyarakat dari berbagai daerah hadir disana.

Mulan Jameela

"Tadi Tiara sempat bilang sama aku, Bun kita kayak lagi umroh, suasananya itu gimana sih, kayak nikmat banget sih masyaAllah," kata Mulan.

Selain itu, Mulan sempat mengunggah video, Ahmad Dhani bersama rombongan saat berjalan menuju Monas sembari menyanyikan lagi virus cinta miliknya.

Mulan Jameela

Setelah selesai, Mulan menuliskan #SampaiBerjumlaLagi #reuni212," di akhir videonya.

Peserta Reuni 212 Meninggal, Anies Melayat ke Rumah Duka

Dream - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya peserta reuni 212 di Lapangan Monas, Idris, Minggu 2 Desember 2018. Anies melayat ke rumah duka di Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu malam. 

Kabar meninggalnya Idris sempat diunggah oleh calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Lewat akun Twitter, Prabowo menyampaikan duka atas meninggalnya Idris.

"Innalillahi wainnailaihi roojiuun. Turut berduka cita atas meninggalnya peserta reuni 212, Bapak Idris warga jalan Tanah Rendah, Kp. Melayu, Jatinegara. Semoga mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga diberi keikhlasan dan ketabahan. Aamii," cuit Prabowo.

Diduga, Idris meninggal akibat kelelahan.

Sumber: Merdeka.com/ Randy Ferdi Firdaus

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Di Balik Penampilan Trengginas Ganjar di Debat Capres, Ada Doa Istri yang Tak Pernah Putus

Di Balik Penampilan Trengginas Ganjar di Debat Capres, Ada Doa Istri yang Tak Pernah Putus

Siti Atiqoh menundukkan kepala. Bibirnya terus berkomat-kamit, melambungkan doa untuk kelancaran sang suami.

Baca Selengkapnya
Ingin Cintamu Dibalas dengan Perasaan yang Sama? Inilah Bacaan Doanya agar Kelak Bisa Berjodoh

Ingin Cintamu Dibalas dengan Perasaan yang Sama? Inilah Bacaan Doanya agar Kelak Bisa Berjodoh

Insya Allah, Allah SWT akan mengabulkannya dan menjadikan orang tersebut menjadi pendamping terbaikmu kelak.

Baca Selengkapnya
Doa Terbaik untuk Anak Perempuan dan Ganjaran Besarnya jika Mengasuh serta Mendidik dengan Baik

Doa Terbaik untuk Anak Perempuan dan Ganjaran Besarnya jika Mengasuh serta Mendidik dengan Baik

Di dalam Islam, pendidikan dan pengasuhan kepada anak perempuan memiliki perhatian yang sangat besar.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu, untuk Memohonkan Ampunan kepada Pencipta

Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu, untuk Memohonkan Ampunan kepada Pencipta

Doa orang meninggal allahummaghfirlahu merupakan bagian dari rangkaian doa yang dibaca dalam sholat jenazah.

Baca Selengkapnya
3 Bacaan Doa untuk Tahun Baru Mudah Dihafal, Amalkan Saat Pergantian Tahun

3 Bacaan Doa untuk Tahun Baru Mudah Dihafal, Amalkan Saat Pergantian Tahun

Membaca doa tahun baru untuk mengawali pergantian tahun.

Baca Selengkapnya
4 Doa Mohon Kemudahan Mendapat Mata Pencaharian, Upaya Raih Rezeki Halal

4 Doa Mohon Kemudahan Mendapat Mata Pencaharian, Upaya Raih Rezeki Halal

Kita perlu berusaha dan memohon kepada Allah agar Dia memudahkan kita dalam mendapatkan mata pencaharian.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

BUNGKUS! Lomba Kupas Kuaci

Iseng lagi ngumpul tapi nggak tahu mau ngapain? Coba beli dan isi waktu kosong weekend dengan lomba kupas kuaci. Siapa yang menang?

Baca Selengkapnya