Hari Ini Puncak Haji 2021, Jemaah Bergerak ke Arafah

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 19 Juli 2021 10:30
Hari Ini Puncak Haji 2021, Jemaah Bergerak ke Arafah
Sebanyak 60 ribu jemaah haji dari berbagai kewarganegaraan berkumpul di Arafah hari ini.

Dream - Para jemaah haji mulai bergerak ke Arafah hari ini, Senin, 19 Juli 2021 untuk melaksanakan ritual puncak ibadah haji 1442 H. Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, jemaah berbondong-bondong menuju Bukit Arafah setelah berkumpul di Mina di hari ke delapan Zulhijah.

Tahun ini, Arab Saudi hanya menyediakan kuota 60.000 jemaah haji. Mereka adalah warga negara Saudi dan warga asing yang bermukim di negeri kerajaan tersebut.

Di masjid Namirah, jemaah akan melakukan sholat Zuhur dan Ashar dijamak qashar dan menghadiri khotbah haji, mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW yang menyampaikan khotbah terakhirnya pada tanggal sembilan bulan yang sama 10 tahun setelah hijrah dari Mekah ke Madinah.

Khutbah haji tahun lalu fokus pada solidaritas sosial dan tindakan pencegahan kesehatan untuk melindungi kehidupan dari Covid-19.

Setelah matahari terbenam, jemaah haji akan bermalam di Muzdalifah. Setibanya di tempat suci, mereka akan melakukan sholat Maghrib dan Isya secara jamak qashar.

Sebelumnya di Mina, tidak ada ritual besar selama Tarwiyah. Jemaah menghabiskan waktu mereka untuk berdoa dan berefleksi hingga matahari terbit pada hari Senin.

 

1 dari 2 halaman

Mina, Kota Tenda Terbesar di Dunia

Mina, 7 km timur laut Masjidil Haram di Mekah, adalah situs kota tenda terbesar di dunia yang menampung sekitar 2,5 juta jemaah. Namun, Arab Saudi sedang berupaya meningkatkan jumlah peziarah yang dapat ditampung Mina, Muzdalifah dan Arafat, di bawah rencana reformasi Visi 2030 negara itu.

Dinamai Tarwiyah karena pada hari ini, jemaah haji awal diinstruksikan untuk minum banyak air dan mengisi wadah kulit mereka sebagai persiapan untuk pindah ke Arafah dan kembali ke Mina. Ini karena air langka di Arafah dan Mina adalah tempat yang paling dekat dengan area Masjidil Haram, tempat air zamzam tersedia.

Para jemaah awal itu juga akan memastikan hewan mereka diberi makan dengan benar dan telah mengkonsumsi cukup air untuk membantu mereka melakukan perjalanan ke tujuan. Peziarah telah mengikuti kebiasaan yang sama sejak Nabi Muhammad melakukan satu-satunya haji pada tahun 632 M, beberapa bulan sebelum Rasulullah meninggal pada usia 62 tahun.

 

2 dari 2 halaman

Fokus Untuk Ibadah

Mufti Agung Arab Saudi, Sheikh Abdul Aziz bin Abdullah Al-Sheikh, telah mengimbau semua jemaah untuk mengabdikan waktu mereka kepada Yang Maha Kuasa selama hari-hari haji. Ia juga meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dia menambahkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan entitas swasta melakukan semua yang mereka bisa selama haji tahun ini untuk membantu jemaah menjalankan tugas agama mereka dengan cara terbaik dan paling nyaman.

" Upaya tersebut juga untuk memastikan keselamatan jemaah haji saat melakukan ritual haji sesuai dengan tindakan pencegahan yang disetujui oleh otoritas terkait, yang ditujukan untuk keselamatan jemaah dan penyelenggara," ujar Sheikh Abdul Aziz

Untuk tahun kedua berturut-turut, haji dibatasi untuk jemaah haji dari dalam Arab Saudi. Keputusan itu diambil untuk melindungi mereka dari pandemi, dikutip dari Arab News.

Beri Komentar