Ramai-ramai Tolak Hari Valentine

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 14 Februari 2019 19:02
Ramai-ramai Tolak Hari Valentine
Dari larangan perayaan di lingkungan sekolah hingga imbauan.

Dream - Kota Sukabumi, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor, Jawa Barat; Kota Banda Aceh, DI Aceh, dan Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan, merupakan beberapa daerah yang menolak perayaan Hari Valentine. Apa alasan warga empat daerah itu menolak perayaan Hari Valentine?

Di Sukabumi, permintaan dikeluarkannya surat edaran tak merayakan Hari Valentine telah disampaikan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi ke Dinas Pendidikan Kota Sukabumi. Alasan Achmad, Hari Valentine tidak dikenal dalam agama dan budaya Islam.

" Intinya, jangan sampai ada perayaan Hari Valentine di sekolah, khususnya bagi para pelajar," ucap Achmad, dikutip dari Pojoksatu.id, Kamis, 14 Februari 2019.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, Muhammad Kusoy, punya kriteria penolakan. Kusoy menyebut yang ditolak merupakan perayaan yang mengarah ke pelanggaran akidah.

" Kalau menyangkut kemungkaran dan kemaksiatan itu dilarang keras dan tidak ada toleransi. Tapi, jika dilakukan dengan hal yang baik saya rasa tak masalah," kata Kusoy.

Meski begitu, Kusoy tetap mendukung larangan perayaan Hari Valentine di lingkungan sekolah. Sebab, kata dia, banyak remaja yang ditakutkan akan menyalahartikan perayaan itu.

Perayaan Hari Valentine yang kerap melenceng juga menjadi MUI Kabupaten Bogor mengeluarkan imbauan terkait peringatan Hari Valentine.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, Mukri Aji peringatan hari kasih sayang itu kerap diselewengkan oleh masyarakat Bumi Tegar Beriman dengan perbuatan asusila hingga pesta seks.

“ Itu salahnya valentine. Karena dampak dan efeknya perzinaan, prostitusi, sampai Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Itu bertentangan dengan hukum syariah,” kata Mukri Aji.

 

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 3 - 4G: Gercep - Gila - Gubrak - Go