Burung Beo Sudah Kecanduan Opium, Petani Begadang Jaga Ladang

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 30 Maret 2019 14:01
Burung Beo Sudah Kecanduan Opium, Petani Begadang Jaga Ladang
Petani opium berjaga siang malam.

Dream - Musim tanam opium di Madhya Pradesh, India, dalam kondisi buruk karena curah hujan yang tak merata di wilayah itu. Kondisi itu diperparah dengan sekawanan burung beo yang kecanduan tanaman berbahaya itu.

Dilaporkan NDTV, petani di distrik Neemuch mengatakan, burung beo telah memakan tanaman poppy. Tindakan menghalau serangan burung beo dengan pengeras suara selama ini tak pernah berhasil mengusirnya.

Nandkishore, seorang petani opium, mengatakan, telah meminta pejabat distrik untuk mengatasi masalah ini. Tetapi, upaya itu belum direspon.

" Satu bunga poppy menghasilkan sekitar 20 hingga 25 opium. Tetapi, sekelompok besar burung beo memakan tanaman ini sekitar 30 hingga 40 kali sehari dan bahkan beberapa terbang membawa biji opium. Kondisi ini mempengaruhi hasil panen," ujar dia.

Nandkishore menyebut, burung-burung beo itu telah kecanduan opium.

" Kita sudah menderita karena hujan yang tidak merata, dan sekarang burung beo ini. Tidak ada yang mendengarkan masalah kita," ujar dia.

Untuk menghalau serangan burung beo, para petani opium menjaga ladang mereka siang-malam.

" Kami telah mencoba membuat suara keras dan bahkan menggunakan petasan untuk menakuti burung-burung itu. Tetapi, tidak ada yang membantu," ucap dia.(Sah)

Beri Komentar