Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

PSBB Jawa-Bali, Ganjar Pranowo Fokus Tiga Wilayah Ini

PSBB Jawa-Bali, Ganjar Pranowo Fokus Tiga Wilayah Ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Dream - Pada 11-25 Januari nanti, pemerintah akan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali. Untuk menghadapi hal itu, berbagai provinsi melakukan persiapan, salah satunya Provinsi Jawa Tengah.

Kendati demikian Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya masih menunggu surat edaran resmi dari pemerintah pusat sebelum diteruskan ke bupati/walikota di 35 kabupaten/kota.

“Tadi saat rapat bersama Presiden sudah disampaikan, khusus Provinsi Jawa-Bali akan dilakukan pengetatan baik dalam konteks kerumunan sampai pemberlakuan jam malam. Pak Menko Perekonomian sudah telepon saya soal itu, tapi kami masih menunggu peraturan resmi dari pusat soal ini,” kata Ganjar, Kamis 7 Januari 2021.

Ganjar menegaskan, PSBB yang dimaksud di sini adalah pembatasan kegiatan yang tidak dilakukan pada satu wilayah pemerintahan. Melainkan pada daerah-daerah yang menjadi perhatian khusus atau zona merah terkait Covid-19.

“Kalau di Jateng misalnya Semarang Raya, Solo Raya, dan saya usulkan juga Banyumas Raya. Tiga ini yang menjadi perhatian, khususnya Semarang Raya dan Solo Raya yang kasusnya melonjak,” kata Ganjar.

PSBB Jawa-Bali

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto memberlakuan PSBB serentak Jawa-Bali dilakukan karena daerah-daerah itu ketersediaan tempat tidur rumah sakit, baik ICU maupun isolasi sudah di atas 70 persen.

Sementara itu, kasus aktif di tingkat nasional sudah sebesar 14 persen, tingkat kematian sudah di atas rata-rata nasional yaitu sebesar 3 persen, dan tingkat kesembuhan berada di bawah rata-rata nasional yaitu 14 persen.

Oleh karena itu, di wilayah-wilayah tersebut nantinya ada pengetatan pembatasan masyarakat di antaranya membatasi work from office hanya menjadi 25 persen, dan work from home menjadi 75 persen.

Kegiatan belajar mengajar juga akan dilakukan secara daring dan sektor esensial kebutuhan pokok masih beroperasi 100 persen namun dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Fasilitas Umum Ditutup

Selain itu, untuk menyesuaikan kebijakan PSBB ini, akan dilakukan pembatasan jam buka pusat perbelanjaan sampai pukul 19.00.

Untuk restoran, jumlah tamu juga akan dibatasi maksimal 25 persen dan pemesanan makanan harus dibawa pulang ke rumah.

Untuk layanan konstruksi masih tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat, rumah ibadah dibatasi 50 persen, dan fasilitas umum ditutup sementara. Nantinya, moda transportasi juga akan dilakukan pengaturan.

Bikin Sedih, Ganjar Pranowo Unggah Video Dokter yang Jadi Pasien Covid-19

Dream - Jumlah kasus covid-19 di Jawa Tengah pada Desember melonjak tajam. Sejumlah tenaga kesehatan banyak yang tertular virus dari Wuhan tersebut dan beberapa bahkan harus menjalani perawatan di ICU.

Salah satunya dr. Chairul Hadi SpKK yang dirawat di rumah sakit Moewardi, Solo, Jawa Tengah. Beliau sampai harus mendapatkan alat pompa oksigen. Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, mengunggah video dr. Hadi di akun Intagram pribadinya @ganjar_pranowo.

" Saya dokter kharul hadi SPkk, saat ini saya lagi di ICU rumah sakit dr. Moewardi, Solo, saya sudah mendapat terapi plasma konvalesen, 2 kantong 5 hari yang lalu, rasanya setelah mendapat terapi konvalesen saya cukup mengalami perbaikan yang cukup luar biasa," ungkap dr. Hadi dalam video tersebut.

Ganjar bercerita kalau dr. Hadi merupakan temannya bersepeda. Ganjar meminta kepada para pasien Covid-19 yang sudah sembuh untuk mendonorkan plasmanya karena bisa membantu pasien yang masih berjuang untuk sembuh.

" Dokter Hadi teman gowes saya. Beliau sampaikan: ‘Mas, monggo dihimbaukan utk yg sdh sembuh dr covid sedekah darah utk diambil plasma konvalesennya, klo ini berhasil sptnya jauh lbh kuat dan efektif drpd vaksin mas'. Jika anda sembuh dr covid & ingin donor bisa daftar di sini atau DM. Ada yg siap donor?," tulis Ganjar.

Respons yang masuk ke Instagram pribadi Ganjar cukup positif. Banyak pasien Covid-19 yang sudah sembuh dan ingin mendonorkan plasma darahnya. Alhamdulillah dalam postingan selanjutnya Ganjar mengungkap kalau dr. Hadi kini sudah negatif.

" Kondisi dokter Hadi hari ini sdh membaik & hasil tes usap sdh dinyatakan negatif & alat bantu pernafasan sdh dilepas. Terima kasih kepada bp/ibu/saudara sekalian yg telah berkenan akan donor. Mudah2an manfaat utk kesehatan & ilmu pengetahuan. Krn penelitian masih terus berjalan. Salam sehat selalu," tulis Ganjar.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ganjar: Jangan Pakai Brong, Saat Kampanye Ganti Saja Knalpot yang Kalau Digas Bunyinya Tiga, Tiga, Tiga

Ganjar: Jangan Pakai Brong, Saat Kampanye Ganti Saja Knalpot yang Kalau Digas Bunyinya Tiga, Tiga, Tiga

Ganjar minta relawan dan pendukungnya tidak menggunakan knalpot brong saat kampanye.

Baca Selengkapnya
Kalah dari Prabowo di Hasil Survei Indikator, Ganjar: Biasa Saja

Kalah dari Prabowo di Hasil Survei Indikator, Ganjar: Biasa Saja

Ganjar mengaku tidak mau ambil pusing merespons hasil survei tersebut. Ia fokus turun menyerap aspirasi masyarakat di tengah masa kampanye

Baca Selengkapnya
Prabowo Janji Beri AHY Jabatan Strategis Jika Menang Pilpres

Prabowo Janji Beri AHY Jabatan Strategis Jika Menang Pilpres

Ia mengatakan dibutuhkan putra-putri terbaik untuk menjalankan program jika menang Pilpres.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.