Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sudah Ditemukan, Ini 5 Fakta Pendaki Muda yang Hilang di Gunung Piramid

Sudah Ditemukan, Ini 5 Fakta Pendaki Muda yang Hilang di Gunung Piramid Thoriq Rizki Maulidan Ditemukan Telah Meninggal Dunia. (Foto: Instagram @thoriq_rizky33 / @humas_wanadri)

Dream - Dalam beberapa minggu terakhir, Indonesia dihebohkan dengan hilangnya seorang pendaki remaja bernama Thoriq Rizki Maulidan.

Pendaki yang kabarnya baru lulus SMP ini hilang di Gunung Piramid, Bondowoso, Jawa Timur, sejak Minggu, 23 Juni 2019.

Sejak Thoriq dikabarkan hilang, banyak sekali tim yang turut andil dalam pencarian di Gunung Piramid tersebut.

Setelah pencarian terus menerus, sang pendaki akhirnya berhasil ditemukan meski dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Jasad Thoriq ditemukan oleh sejumlah relawan dan tim pencari di satu lokasi Gunung Piramid yang disebut dengan 'Punggung Naga'.

Punggung Naga sendiri dikenal sebagai lokasi di Gunung Piramid yang sulit untuk dijangkau.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut 5 fakta Thoriq Rizki Maulidan, pendaki remaja yang hilang di Gunung Piramid, Bondowoso, Jawa Timur.

Hilang Selama 12 Hari di Gunung Piramid

Hilang sejak Minggu, 23 Juli 2019, Thoriq Rizki Maulidan telah ditemukan pada Jumat, 5 Juli 2019, oleh Tim SAR gabungan yang terdiri dari Wanadri, Gema Mahapeta Universitas Bondowoso (GMPT), dan Relawan Brigadir Penolong.

Berita ditemukannya Thoriq dalam kondisi sudah meninggal itu dirilis oleh akun Instagram @humas_wanadri yang merupakan organisasi Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri. Sebelumnya, banyak relawan yang ikut dalam proses pencarian Thoriq. Seperti dari aparat kepolisian, TNI, dan BPBD.

Pencarian Sempat Dihentikan

Menurut pers rilis Instagram @humas_wanadri, Sabtu (6/7/2019), sebelumnya pencarian Thoriq Rizki Maulidan sudah dilakukan sejak tanggal 24 Juni 2019 dan ditutup secara resmi pada 30 Juni 2019.

Namun, tim SAR gabungan dari Wanadri, Relawan Brigadir Penolong, dan Gema Mahapeta Universitas Bondowoso (GMPT), memutuskan untuk meneruskan pencarian. Kemudian ada Tim SAR Susulan Wanadri yang berangkat pada Selasa, 30 Juni 2019. Selain ingin melaksanakan misi bantuan, tim memiliki harapan bahwa Thoriq masih dapat ditemukan.

Dengan segala upaya, Tim Wanadri bersama beberapa tim SAR Gabungan di lapangan melakukan pencarian setelah izin dari keluarga Thoriq dan pemerintah. Setelah mendapat izin tanggal 3 Juli 2019, tim SAR gabungan mulai bergerak untuk mencari Thoriq kembali pada Kamis, 4 Juli.

Ditemukan di Lokasi yang Sulit Dijangkau

Pencarian kembali terhadap Thoriq membuahkan hasil. Pendaki muda itu ditemukan di Gunung Piramid bagian Selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa pada hari Jumat, 5 Juli 2019.

"Melihat dari terjalnya medan tempat ditemukannya survivor, diduga survivor terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon," ujar Eko Wahyu Prasetyo, anggota Wanadri di Bidang Operasional di Bandung lewat rilisan di akun Instagram @humas_wanadri.

Lokasi penemuan jasad Thoriq dijuluki Punggung Naga. Disebut demikian karena lokasi tersebut cukup sulit untuk dijangkau.

Proses Evakuasi Dimulai Sabtu Pagi

Jasad Thoriq ditemukan di Gunung Piramid bagian Selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa pada hari Jumat.

      View this post on Instagram

A post shared by WANADRI (@humas_wanadri) on

Tim gabungan pun membuat rencana proses evakuasi. Akhirnya proses evakuasi dilakukan pada keesokan harinya, Sabtu, 6 Juli 2019.

"Selanjutnya survivor akan dievakuasi mulai Sabtu, 6 Juli 2019 pagi dengan bantuan tim evakuasi medan terjal yang sudah memiliki standar keamanan evakuasi," ungkap Eko.

Humas Wanadri meminta doa kepada seluruh masyarakat Indonesia agar proses evakuasi berjalan lancar.

"Kami meminta bantuan dari semua pihak yang telah membantu proses dari awal sampai akhir dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Ditemukan Saat Hari Ulang Tahunnya?

Di akun Instagram @thoriq_rizky33 yang diduga milik Thoriq, terlihat banyak sekali netizen yang memberikan ucapan selamat ulang tahun.

Di postingan foto terbarunya, akun tersebut banjir ucapan selamat ulang tahun. Namun belum dapat diketahui pasti kapan hari ulang tahun Thoriq yang sebenarnya.

Ada seorang netizen yang membantah kalau di hari ditemukannya jasad Thoriq di Gunung Piramid merupakan hari ulang tahunnya.

Sumber: Liputan6/Muhammad Fahrur Safi'i

Viral Pendaki Hilang di Gunung, Tim SAR Dengar Suara Tanpa Wujud

Dream - Pencarian Thoriq Riski Maulidan, siswa SMP IV Bondowoso, Jawa Timur, yang hilang di Pengunungan Argopuro resmi dihentikan pada Minggu, 30 Juni 2019. Berita hilangnya Throriq menjadi sorotan karena disertai cerita mistis. 

Meski sudah dihentikan, di hari ke-8 hilangnya Thoriq, upaya pencarian akan dilanjutkan dengan pemantauan yang dilakukan oleh masyarakat dan keluarga korban. Pencarian ini dikoordinir oleh Polsek dan perangkat desa setempat.

Tim SAR juga akan melakukan monitoring, jika ada tanda-tanda keberadaan korban yang signifikan, Tim SAR siap akan membuka kembali operasi SAR.

Ini videonya:

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Fakta-Fakta dan Kondisi 13 Pendaki Hilang di Gunung Pangrango Saat Hendak Ziarah ke Tempat Keramat

Fakta-Fakta dan Kondisi 13 Pendaki Hilang di Gunung Pangrango Saat Hendak Ziarah ke Tempat Keramat

Fakta-Fakta dan Kondisi 13 Pendaki Hilang di Gunung Pangrango

Baca Selengkapnya
Ngeri! Gunung Es Terbesar di Dunia Bergerak untuk Pertama Kalinya Setelah 37 Tahun, Akibatnya Tak Tanggung-Tanggung

Ngeri! Gunung Es Terbesar di Dunia Bergerak untuk Pertama Kalinya Setelah 37 Tahun, Akibatnya Tak Tanggung-Tanggung

Gunung es terbesar di dunia ini mulai melakukan pergerakan.

Baca Selengkapnya
Heboh Penemuan Piramida di Dasar Laut Jepang, Dibangun Manusia atau Alami?

Heboh Penemuan Piramida di Dasar Laut Jepang, Dibangun Manusia atau Alami?

Di bawah permukaan laut pulau Yonaguni di Jepang, ternyata terdapat sisa-sisa kota kuno yang usianya mencapai 10.000 tahun!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
8 Pendakian Gunung Paling Berbahaya di Eropa, Pemula Hati-Hati

8 Pendakian Gunung Paling Berbahaya di Eropa, Pemula Hati-Hati

Jalur-jalur yang mudah adalah untuk pemula, tetapi ada pendakian yang sulit untuk menguji daya tahan orang-orang

Baca Selengkapnya