Terkuak, Isi Rekaman Percakapan Pilot Sebelum Lion Air JT610 Jatuh

Reporter : Eko Huda S
Kamis, 21 Maret 2019 08:01
Terkuak, Isi Rekaman Percakapan Pilot Sebelum Lion Air JT610 Jatuh
Kapten meminta kopilot untuk memeriksa buku panduan, yang berisi daftar periksa untuk peristiwa abnormal.

Dream - Tiga sumber yang diklaim mengetahui isi percakapan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air JT610 mengungkapkan situasi di dalam ruang kemudi sebelum pesawat berisi 189 orang tersebut jatuh ke laut pada 28 Oktober 2018.

Dikutip dari laman The Straits Times, Rabu 20 maret 2019, dari data rekaman itu diketahui pilot membuka buku panduan untuk mencari tahu masalah yang dihadapi. Tapi sayang, mereka tak punya waktu untuk menyelamatkan Boeing 737 Max-8 tersebut.

Penyelidikan terhadap kecelakaan pesawat yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta ke Pangkalpinang itu mempertimbangkan bagaimana komputer memerintahkan pesawat menukik sebagai respons data akibat kesalahan sensor dan apakah pilot cukup terlatih untuk merespons dengan baik terhadap kondisi darurat itu.

Artikel yang dimuat laman The Straits Times itu memang tak menjelaskan secara detail isi rekaman di dalam CVR tersebut. Sementara, Juru Bicara Lion Air, sebagaimana ditulis The Straits Times, menolak berkomentar banyak dan hanya mengatakan semua informasi dan data telah diserahkan kepada para penyelidik.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa