Kapolri Tito Karnavian Dapat Jabatan Baru dari Jokowi?

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 21 Oktober 2019 19:44
Kapolri Tito Karnavian Dapat Jabatan Baru dari Jokowi?
Jabatan apa yang akan diemban orang nomor satu Polri itu?

Dream - Kedatangan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara, Jakarta memicu spekulasi. Polisi bintang empat itu datang di saat presiden memanggil sejumlah tokoh yang digadang menjadi seorang calon menteri. 

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Mohamad Iqbal mengatakan, kedatangan Tito itu sebagai sinyal kalau pimpinannya itu akan mendapat jabatan baru di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

" Mungkin ada semacam jabatan baru," ujar Iqbal dikutip dari Liputan6.com, Senin 21 Oktober 2019.

Iqbal yang turut menemani Tito ke Istana Negara enggan menjelaskan secara rinci jabatan baru apa yang akan diemban pimpinannya itu.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu menjelaskan, setelah bertemu dengan Jokowi, Tito kemudian bertemu dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Tito Karnavian diketahui dilantik sebagai Kapolri pada 13 Juli 2016. Tahun ini mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang lahir pada 26 Oktober 1964 itu telah menginjak usia 56 tahun. 

Merujuk pada Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) bernomor K.26-30/V.119-2/99 tentang Batas Usia Bagi PNS Yang Memegang Jabatan Fungsional yang diterbitkan 3 Oktober 2017 disebutkan batas Usia Pensiun adalah 58 tahun bagi pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan.

Kedua 60 tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya. Dan 65 tahun bagi PNS yang memangku pejabat fungsional ahli utama.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Ady Nugraha)

1 dari 7 halaman

Kapolri Tito Karnavian Dipanggil Jokowi, Kursi Menteri Apa?

Dream - Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hari ini datang ke Istana Negara. Tito memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo.

Tito memasuki kompleks Istana Negara sekitar pukul 12.10 WIB. Dia didampingi beberapa pejabat Polri, salah satunya Kadiv Humas Polri, Irjen M Iqbal.

Tito menjadi orang keenam yang dipanggil Jokowi hari ini. Tetapi, penampilan Tito berbeda dengan lima orang sebelumnya.

Tito mengenakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL). Sementara mereka yang datang sebelumnya mengenakan kemeja putih.

Tidak diketahui apa maksud pemanggilan Tito. Tetapi, hari ini memang Jokowi tengah mengundang sejumlah orang untuk membicarakan susunan kabinet.

Sebelum Tito, lima orang yang sudah memenuhi panggilan Jokowi adalah Mantan Ketua MK Mahfud MD, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, Bos Gojek Nadiem Makarim, Bos Net TV Wishnutama, dan Bos Mahaka Group Erick Thohir.

2 dari 7 halaman

Nadiem Makarim Mundur dari Gojek Usai Dipanggil Jokowi

Dream - Nadiem Makarim menjadi salah satu yang memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bos Gojek itu diajak berbicara mengenai susunan menteri kabinet baru Jokowi.

Nadiem mengaku mendapat tawaran dari Jokowi untuk menjadi menteri. Nadiem pun menyatakan bersedia menerima tawaran tersebut.

" Sudah dikasih tahu dan saya menerima," ujar Nadiem, dikutip dari Liputan6.com, Senin 21 Oktober 2019.

Nadiem tenar sebagai bos perusahaan aplikasi transportasi online, Gojek. Terkait posisinya di Gojek, Nadiem memutuskan mundur dari jajaran pemimpin perusahaan tersebut.

" Per hari ini, posisi saya di Gojek sudah mundur dan tidak ada kewenangan sama sekali di Gojek," kata dia.

Terkait posisi menteri apa yang akan dia pegang, Nadiem enggan memberikan keterangan. Dia mengaku tidak punya kewenangan mengenai hal ini.

" Saya belum boleh bicara mengenai itu (menteri). Itu hak prerogratif Presiden," ucap dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

3 dari 7 halaman

Wishnutama dan Erick Thohir Turut Dipanggil Jokowi

Dream - Bos Net TV, Wishnutama, terlihat mendatangi Istana Negara pada Senin, 21 Oktober 2019. Wisnutama tiba mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Wishnutama merupakan orang keempat yang dipanggil Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, ada Mantan Ketua MK Mahfud MD, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, serta bos Gojek, Nadiem Makarim.

Tetapi, Wisnhutama enggan memberikan keterangan jelas mengenai alasan pemanggilan dirinya oleh Jokowi. Dia mengaku tidak tahu apa tujuan Jokowi.

" Tadi malam (ditelepon), belum tahu (bicara apa)," ujar Wishnutama di Istana Negara, Senin 21 Oktober 2019.

Terkait susunan kabinet, Wishnutama mengatakan belum ada pembicaraan mengenai hal itu. Dia juga tidak mau memberikan keterangan mengenai kesiapan jika diminta menjadi menteri.

" Saya nggak mau berandai-andai karena belum tahu, ya belum tahu disuruh siap," kata dia.

Beberapa saat setelah kedatangan Wishnutama, pengusaha Erick Thohir juga muncul di Istana. Mantan ketua tim kampanye pasangan Jokowi-Maruf Amien dalam Pilpres 2019 lalu terlihat mengenakan kemeja putih.

Sayangnya, dia tidak memberikan keterangan apapun. Dia hanya tersenyum dan langsung menuju Istana.(Sah)

4 dari 7 halaman

Dipanggil Jokowi ke Istana, Mahfud MD: Saya Diminta Jadi Menteri

Dream - Mahfud MD, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Santer dikabarkan Mahfud akan masuk dalam jajaran menteri kabinet.

Usai pertemuan tersebut, Mahfud mengakui mendapat permintaan untuk membantu Jokowi. Mahfud akan masuk dalam jajaran kabinet tetapi belum disebutkan posisi apa yang akan diampunya.

" Saya diminta untuk membantu beliau sebagai salah satu menteri," ujar Mahfud di Istana Negara, Senin 21 Oktober 2019.

Mahfud mengatakan Jokowi mengajak dia membicarakan sejumlah persoalan yang tengah terjadi di Indonesia. Mulai dari pelanggaran HAM, penegakan hukum, pemberantasan korupsi, dan lain sebagainya.

Terkait posisi menteri, Mahfud menduga akan ditempatkan di seputar bidang hukum, politik, ataupun agama. Dia mendasarkan dugaannya pada ucapan Jokowi yang mengetahui riwayat hidup Mahfud.

" Saya kira saya surprise juga, Presiden tahu betul riwayat hidup saya, beliau sudah tahu saya tempatnya di mana," kata dia.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan pelantikan para menteri akan berlangsung pada Rabu lusa, 23 Oktober 2019. Hari ini, kata dia, hanya proses pengenalan dengan pemanggilan nama satu per satu.

" Besok Rabu diperkenalkan semua, jam 7 diperkenalkan dan jam 9 penyerahan SK," kata Mahfud.

Seperti diketahui Jokowi mengisyaratkan kabinet jilid II akan diumumkan usai pelantikannya sebagai presiden RI. Meski tak memberi jadwal pasti, presiden mengatakan pengumuman nama kabinet baru akan diumumkan 1-3 hari ke depan. 

Presiden Jokowi juga akan memanggil para calon menteri ke Istana sebelum diperkenalkan ke publik. (Sah)

5 dari 7 halaman

Giliran Bos Gojek Nadiem Makarim Merapat ke Istana

Dream - Setelah Mahfud MD dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu atau Tetty Paruntu tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, tokoh ketiga berkemeja putih hadir. Tokoh ketiga yakni Founder Gojek Nadiem Makarim.

Nadiem tiba di Kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 10.20 WIB, Senin 21 Oktober 2019.

Nadiem tiba seperti dua tokoh lainnya, Mahfud MD dan Tetty Paruntu, dengan mengenakan kemeja putih. Nama Nadiem memang kerap muncul di prediksi susunan Kabinet Kerja Jokowi-Maruf Amin periode 2019-2024.

Sebelumnya, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD tiba lebih awal pagi ini. Disusul Tetty Paruntu yang tiba juga berkemeja putih.

Nadiem dikenal karena inovasinya dalam bidang teknologi. Pria kelahiran 4 Juli 1984 sukses mengantarkan Gojek menjadi salah satu perusahaan yang menyandang gelar Unicorn Indonesia.

Di tangan Nadiem, Gojek melebarkan sayap hingga beroperasi di sejumlah negara. Beberapa di antaranya seperti di Vietnam, Singapura, dan kini tengah menjajaki kemungkinan beroperasi di Malaysia.

6 dari 7 halaman

Setelah Mahfud MD, Bupati Cantik Minahasa Tiba di Istana

Dream - Susunan kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua tetap menjadi misteri hingga saat ini.

 Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu dan Mahfud MD

Jokowi sendiri menyatakan hari ini akan memperkenalkan nama-nama yang akan duduk di jajaran kabinet.

Jelang pengenalan kabinet, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD muncul di Istana Negara. Mahfud tampak datang di Istana sekitar pukul 09.33 WIB mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

" Saya dipanggil (Presiden)," ujar Mahfud, dikutip dari , Senin 21 Oktober 2019.

Tetapi, Mahfud mengaku tidak mengetahui maksud pemanggilan dirinya oleh Jokowi. Dia mengaku sudah dihubungi sejak Minggu, 20 Oktober 2019.

" Saya dipanggil tanggal 20," ucap Mahfud.

 

7 dari 7 halaman

Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu

Setelah Mahfud MD, tak berapa lama tiba Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu. Bupati cantik bernama lengkap Christiany Eugenia Tetty Paruntu itu tiba juga mengenakan kemeja putih. 

 Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu

Tetty tampak mengenakan kacamata hitam, berjalan masuk ke kompleks Istana Kepresidenan. 

Politisi Golkar ini merupakan tokoh kedua yang terlihat tiba di kompleks Istana Kepresidenan pagi ini. 

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal