Viral Foto Soal Ujian SMP `Anies Diejek Mega`, Disdik DKI Beri Penjelasan

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 13 Desember 2020 14:13
Viral Foto Soal Ujian SMP `Anies Diejek Mega`, Disdik DKI Beri Penjelasan
Dinas Pendidikan DKI Jakarta meminta para PNS untuk bersikap netral.

Dream - Foto mengenai soal ujian SMP berbasis komputer tengah viral di media sosial. Soal itu mencantumkan nama Anies dan Mega yang diduga merujuk ke nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri.

Dalam foto tersebut, terdapat soal yang menarasikan Anies diejek Mega. Viralnya foto tersebut memicu reaksi dari netizen.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, mengatakan pihaknya telah bergerak melakukan penelusuran mengenai foto tersebut. Dia mengatakan soal itu dibuat untuk kompetensi mata pelajaran terkait pembentukan karakter, integritas, sabar dan tanggung jawab.

Terkait redaksional, Nahdiana mengatakan memang ada kesamaan nama. Namun demikian dia mengatakan tidak ada maksud untuk memberikan dukungan maupun melakukan pencemaran nama baik.

" Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu dan telah mengarahkan guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Karena, hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN," ujar Nardiana, dikutip dari Merdeka.com.

 

1 dari 1 halaman

Minta PNS Netral

Pihaknya mengimbau para PNS baik di sekolah maupun lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjaga netralitas. Sehingga bisa melayani publik.

" Bisa memberikan pelayanan publik yang baik," kata dia.

Terdapat dua soal yang mencantumkan nama pejabat. Soal pertama menyebutkan Anies sebagai gubernur hasil pemilihan 2017 yang tidak menyalagunakan jabatan untuk memperkaya diri.

Sedangkan soal kedua menyebutkan Anies diejek Mega karena memakai sepatu sangat kusam. Tetapi Anies tidak pernah marah.

Beri Komentar