Unggahan Terakhir Komandan KRI Nanggala-402, Bikin Nangis...

Reporter : Reni Novita Sari
Senin, 26 April 2021 11:03
Unggahan Terakhir Komandan KRI Nanggala-402, Bikin Nangis...
Merinding, unggahan Komandan KRI Nanggala 402 Letkol Laut (P) Heri Oktavian pada 15 November 2019 ini nampak seperti kejadiaan saat ini

Dream - Kapal selam KRI Nanggala-402 dan 53 awak terbaik bangsa yang hilang kontak di perairan Bali, sejak Rabu 21 April 2021, akhirnya ditemukan di kedalaman 838 meter. 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 termasuk sang komandan kapal, Letkol Laut (P) Heri Oktavian dinyatakan gugur.

Hal ini dipastikan berdasarkan bukti-bukti usai proses pencarian KRI Nanggala yang dinyatakan tenggelam.

“ Dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” kata Hadi dilansir dari Liputan6.com.

Komandan KRI Nanggala-402 Heri Oktavian menjadi salah satu nama yang paling mencuri perhatian dalam peristiwa nahas ini.

Heri Oktavian dalam akun Instagramnya @Class_of_2k2 sempat membagikan momen latihan penyelamatan diri jika kapal selam mengalami sub-sunk atau tenggelam. Dalam caption yang ditulis olehnya, Letkol Heri menuliskan kalimat bak firasat yang menggambarkan kejadian saat ini.

Unggahan terakhir diketahui pada 15 November 2019, jauh sebelum kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam. Walau demikian, warganet sangat terenyuh dan merasakan kesedihan karena dianggap sesuai dengan situasi saat ini.

Penasaran seperti apa postingan dan pesan yang disampai Komandan Heri Oktavian? Simak ulasannya berikut ini!

1 dari 5 halaman

Unggah Video Simulasi Kapal Tenggelam

Ilustrasi© Foto : Instagram/@Class_of_2k2

Komandan KRI Nanggala-402 Heri Oktavian sempat mengunggah video latihan penyelamatan diri saat kapal selam  dalam kondisi tenggelam. Video itu diunggah ke akun Instagramnya @class_of_2k2. Video yang diunggah pada 2019 lalu itu, menunjukkan satu persatu awak kapal keluar dari kabin kapal.

Terlihat, dalam video berdurasi 28 tersebut para awak mengenakan baju khusus yang biasa disebut MK-11 berwarna oranye. Dalam unggahanya itu, ada juga sebuah foto awak yang berhasil melakukan proses penyelamatan diri.

2 dari 5 halaman

Caption Bikin Terenyuh

Dalam caption yang ditulis olehnya, Letkol Heri menuliskan kalimat bak firasat yang membuat  netizen merinding. Ia menulis, jika postingan itu tidak ada di pemberitaan berarti mereka masih baik-baik saja.

Namun jika postingan tersebut ada di berita, mereka memohon masyarakat turut mendoakan mereka.

" If you don't read about this on the news, than we're fine. But if you find it on the news, please pray for us. (Jika Anda tidak membaca tentang ini di berita, maka kami baik-baik saja. Tetapi jika Anda menemukannya di berita, mohon doakan kami)," tulis Letkol Heri.

3 dari 5 halaman

Kejadian yang Tak Pernah Diinginkan

Ilustrasi© Foto : Instagram/@Class_of_2k2

Letkol Heri Oktavian menegaskan kepada anak didiknya bahwa saat kapal selam mengalami masalah, adalah momen yang tidak akan pernah diinginkan dalam dunia nyata.

" Kamu tidak akan menginginkan pengalaman tersebut dalam situasi sesungguhnya. Jadi, sekarang nikmatilah momen dirimu berlatih (dalam simulasi) latihan menyelamatkan diri," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Komentar Warganet

Unggahan lawas ini pun diserbu oleh netizen yang berharap ia dan awaknya bisa selamat. Mereka ramai-ramai mendoakan yang terbaik bagi Komandan Heri dan seluruh awak prajurit kapal selam yang tenggelam di perairan Bali. 

“ Alfatihah teruntuk semua ABK Nanggala,” tulis salah satu netizen di kolom komentar.   “ Semoga ada keajaiban..Aamiin,” tulis netizen lainnya.

" Iya Kapten, selalu didoakan semoga Allah memberikan kalian yg terbaik menurutNya. Kami bangsa Indonesia bangga pada kalian 53 prajurit terbaik putra terbaik negara, " kata akun @ciciindahlstr.

" Capt .. Saya anda percaya masih selamat bersama teman teman .. Bertahan capt pasti bisa naik ke permukaan.. Ingat capt keluarga menanti di rumah.. Kalaupun emergency pasti bisa capt kayak gini kan?? Pasti bisa kayak apa yg capt dan teman-teman lakukan saat latihan, " sebut akun @rrahmay.

" Pray for a miracle, " tulis akun @ arthamira

5 dari 5 halaman

Kabar Terkini KRI Nanggala-402

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengkonfirmasi adanya perkembangan terbaru terkait pencarian dan penyelamatan KRI Nanggala 402. Dari hasil SAR terbaru, pihaknya menyatakan seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 gugur.

“ KRI Nanggala 402 telah dinyatakan tenggelam dan seluruh awaknya dinyatakan telah gugur,” jelas Panglima Hadi Tjahjanto dilansir dari Liputan6.com.

Pernyataan itu juga dibuktikan dengan beberapa bukti autentik yang dilakukan oleh tim SAR gabungan. Menurutnya, telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala 402. Diantaranya kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal NK-11.

“ Semoga kami dapat meneruskan perjuangan paripurna saudara-saudara sebagai prajurit tentara terbaik Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam pada Sabtu (24/4) ditemukan terbelah menjadi tiga bagian.

" Ini terdapat bagian-bagian dari KRI Nanggala, jadi di sana KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian," kata Yudo dilansir dari Liputan6.com.

Seperti diketahui, KRI Nanggala yang ditumpangi oleh 53 awak termasuk Heri dinyatakan hilang kontak usai meminta izin untuk menyelam guna melaksanakan latihan penembakan torpedo SUT pada pukul 03.00 WIB.

 Diperkirakan, KRI Nanggala berada di kedalaman laut 838 meter yang sudah melebihi kemampuan menyelamnya. Tekanan air menyebabkan sejumlah barang di KRI Nanggala 402 muncul d permukaan.

 

 

 

Beri Komentar