Warga Solo Gelar Selamatan Atas Lahirnya La Lembah Manah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 17 November 2019 13:38
Warga Solo Gelar Selamatan Atas Lahirnya La Lembah Manah
Pedagang Pasar Gede mendoakan agar kelahiran cucu ketiga Jokowi ini membawa berkah.

Dream - Kelahiran La Lembah Manah, anak kedua Gibran Rakabuming, pada Jumat 15 November 2019 kemarin, membawa kebahagiaan bukan hanya untuk keluarga mereka tapi juga warga Solo, Jawa Tengah. Selama ini, Gibran dan Selvi, memang tinggal di kota kelahirannya di Solo.

Antusiasme warga Solo atas kelahiran cucu Presiden ditunjukkan melalui acara selametan yang digelar para pedagang Pasar Gede. Mereka membuat hidangan banca'an, yang berisi nasi tumpeng mini, hasil bumi dan buah-buahan.

Pembuatan banca'an tersebut merupakan tradisi budaya Jawa jika ada seorang bayi lahir dalam keluarga. Hal ini diketahui dari unggah Gibran Rakabuming di akun Instagram pribadinya. Ia pun mengucapkan terimakasih atas doa para warga Solo atas kelahiran La Lembah Manah.

 " Terima Kasih kepada Para Pedagang Pasar Gede #KotaSolo sudah mendoakan dan syukuran atas kelahiran Putri kami La Lembah Manah," tulisnya.

 
 
 
View this post on Instagram

Video Syukuran La Lembah Manah dari Pedagang Pasar Gede #KotaSolo

A post shared by Gibran Rakabuming (@gibran_rakabuming) on Nov 16, 2019 at 1:44pm PST

Berbagai ucapan pun masih terus mengalir di akun Instagram Gibran. Banyak yang mendoakan La Lembah agar menjadi anak yang penuh keberkahan.

" Selamat mas Gibran dan MB Selvi atas kelahiran adik Jan ethes , semoga selalu dalam lindungan Allah amin????," tulis @dewiyy471.

" Met bahagia mas gibran Gusti amberkahi????," tulis @tonyjanuadri73.

" Selamat mas @gibran_rakabuming atas kelahiran putrinya semoga menjadi Anak yg solehah sehat selalu tuk kluarga semua..," tulis @ibuearraya.

" Nama anaknya mas gibran unik2 dan cakep2 artinya. Sama kayak nama anak pak jokowi juga cakep2.," tulis @ikuta_ikha. (mut)

 

1 dari 5 halaman

Doa Jokowi untuk La Lembah Manah

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa bersyukur dengan kelahiran cucu ke tiga, La Lembah Manah. Dia mengungkapkan kebahagiaannya melalui media sosial.

" Dengan perasaan senang dan bahagia saya menyampaikan kelahiran cucu saya, cucu ketiga: La Lembah Manah, pada hari Jumat 15 November 2019 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta," kata Jokowi, Sabtu, 16 November 2019.

Dalam unggahannya Jokowi menyisipkan doa untuk La Lembah. " Semoga dia kelak bertumbuh menjadi anak yang baik, sehat, dan berbakti. Terima kasih," tambah dia.

Jokowi sebelumnya menyerahkan sesi wawancara dengan wartawan ke kakak La Lembah, Jan Ethes Srinarendra.

Jan Ethes yang digendong menyapa tiap jawaban wartawan. " Halo halo halo," kata Ethes.

2 dari 5 halaman

Jan Ethes Konferensi Pers

Dilaporkan Liputan6.com, Jan Ethes menjawab tiap pertanyaan yang diajukan pewarta. " Adiknya udah lahir," kata Jan Ethes dengan nada Cadel.

" (Adik) cewek dan cantik," jawab Ethes berulang-ulang.

Sedangkan Presiden Jokowi saat menjenguk cucunya yang baru lahir itu mengaku belum berani untuk menggendongnya. Meski demikian, ia sangat bersyukur karena kondisi bayi dan ibunya dalam kondisi yang baik.

" Ndak, ndak (berani gendong). Bayi masih sama ibunya. Alhamdulillah nggih, sehat semuanya," kata dia.

3 dari 5 halaman

Jawaban Lucu Jan Ethes Ketika Ditanya Soal Hewan Kesayangan

Dream - Jokowimengajak sang cucu, Jan Ethes, berakhir pekan ke Istana Bogor, Sabtu 21 September 2019. Presiden bernama lengkap Joko Widodo tersebut mengunggah keseruan mereka lewat vlog di Instagram.

Tingkah lucu Jan Ethes kembali menyita perhatian. Putra pasangan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda itu terlihat sibuk memberi makan rusa kesayangan bersama sang kakek.

Jokowi© Foto: Instagram @jokowi 

" Hari ini saya jalan-jalan dengan Mas Jan Ethes, liat rusa, kambing. Ini pagi-pagi memberi makan rusa sama Jan Ethes. Sini Jalu, sini," kata Jokowi dalam videonya.

Jokowi kemudian meminta Jan Ethes menghitung rusa yang terdapat di halaman Istana Bogor. Bocah tiga tahun itu menghitung rusa sampai sepuluh.

Jokowi© Foto: Instagram @jokowi

Foto: Instagram @jokowi

4 dari 5 halaman

Melihat Kambing

Setelah memberi makan rusa, mereka melanjutkan jalan-jalan untuk melihat kambing. " Kamu suka kambing, enggak?," tanya Jokowi.

" Suka," jawab Jan Ethes.

Jokowi© Foto: Instagram @jokowi

Foto: Instagram @jokowi

Selain kambing, Jokowi pun menanyakan hewan apa yang disukai Jan Ethes, " Hewan apalagi yang kamu suka?"

Namun Jan Ethes memberi jawaban yang tak diduga.

5 dari 5 halaman

Hewan Favorit Ethes

Alih-alih hewan hidup, cucu Jokowi justru menyebut nama makanan.

" Ayam kajo (sukoharjo)," jawab Jan Ethes dengan polos.

Mendengar jawaban sang cucu, Jokowi tak bisa menahan tawanya.

" Haha itu ayam goreng, ayam Sukoharjo," ujar pria 58 tahun itu.

Jokowi© Foto: Instagram @jokowi

Foto: Instagram @jokowi

Ia kemudian mengoreksi jawaban Jan Ethes dengan menyebutkan beberapa nama hewan seperti kuda, rusa, dan burung.

Beri Komentar