Desain Musala Mungil Samping Taman, Bikin Ibadah Nyaman

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 22 November 2022 14:48
Desain Musala Mungil Samping Taman, Bikin Ibadah Nyaman
Suasananya begitu asri, mungkin bisa diterapkan di rumah.

Dream - Memiliki ruangan musala untuk beribadah di rumah jadi impian banyak keluarga muslim. Ruangan ini bisa dimanfaatkan juga sebagai area mengaji untuk anak-anak dan beribadah bersama.

Aktivitas ibadah bersama keluarga merupakan hal yang begitu hangat dan membuat musala mungil merupakan pilihan tepat. Sedang mencari desain musala untuk di sudut rumah?

Sahabat Dream mungkin bisa menengok musala di rumah pemilik akun Instagram @amy_fitria. Ia membuat area musala tepat di samping taman rumah.

Musola© Instagram @amy_fitria

Foto: Instagram @amy_fitria

Ruangan dibiarkan terbuka dengan pemandangan taman mungil. Musala sendiri dihias dengan simpel, dinding bercat putih, dengan lantai keramik motif kayu.

1 dari 4 halaman

Suasana Asri

Musala© Instagram @amy_fitria

Foto: Instagram @amy_fitria

Untuk perlengkapan solat, agar tertata rapi terdapat rak mungil. Sajadah dan mukena cukup digantung di rak kayu berdesain minimalis tersebut. Tanaman mungil juga ditaruh untuk memberi kesan asri.

Musala© Instagram @amy_fitria

Foto: Instagram @amy_fitria

Tampak di bagian atas dinding juga ditaruh pot mungil yang digantung. Area musala ini juga berhadapan langsung dengan ayunan mungil. Suasananya sangat nyaman dan hangat, bukan?

2 dari 4 halaman

Mushola dengan Partisi Simpel Estetik di Sudut Rumah

Dream - Menyediakan ruangan khusus seperti mushola mungil untuk beribadah di rumah mungkin jadi impian bagi Sahabat Dream. Ruangan ini juga bisa digunakan anak-anak untuk belajar mengaji dan membaca Alquran.

Penataan yang menarik akan membuat seluruh anggota keluarga merasa betah dan nyaman saat beribadah di rumah. Salah satu model mushola yang cukup menarik, diunggah oleh akun Instagram @rumah.mnt.

Mushola mini© Instagram

Sang pemilik membagikan desain musholanya di rumah yang simpel dan estetik. Sebagai pembatas, ia tak menggunakan tembok biasa, tapi Krawangan untuk menegaskan kalau ruangan tersebut untuk mushola.

Mushola mini© Instagram @rumah.mnt.

Foto: Instagram @rumah.mnt.

" Kami mencari alternatif desain yang unik dan bisa jadi penanda yang mencirikan kalau ruangan ini adalah mushola. Setelah browsing, akhirnya kami memakai sekat ruangan berbentuk krawangan seperti ini. Kami memakai ini karena bentuk motifnya yang cantik, jadi bisa menambah nilai estetika," tulis pemilik akun @rumah.mnt.

 

3 dari 4 halaman

Detailnya Sangat Apik

Ia menjelaskan kalau material Krawangan yang dipilihnya adalah board GRC atau Glass Reinforced Concrete, yang biasa dikenal sebagai beton serat kaca. Sementara, untuk bagian rangkanya menggunakan besi hollow.

Mushola mini© Instagram @rumah.mnt.

Foto: Instagram @rumah.mnt.

" Krawangan ini bisa beli jadi ya, sudah ada pilihan motif nya. Jika ingin memakai yang seperti ini tinggal pesan nanti disambung sesuai ukuran ruangan yang dibutuhkan. Di daerah sini sewaktu membangun, harga per meternya 600 ribu rupiah," ungkapnya.

Mushola mini© Instagram @rumah.mnt.

Foto: Instagram @rumah.mnt.

Mushola di rumah ini menggunakan board Krawangan sekitar 4x2 meter dengan ketebalan kurang lebih 10cm. Untuk membuat mushola ini, total biaya yang dihabiskan sekitar Rp6juta sudah termasuk dengan biaya jasa tukang.

Bisa jadi alternatif desain dan ide jika ingin membuat mushola mini di rumah, Sahabat Dream.

4 dari 4 halaman

Desain Manis Mushola Semi Outdoor di Rumah Titi Kamal

Dream - Titi Kamal dan sang suami, Christian Sugiono baru saja menyelesaikan pembangunan rumah baru mereka yang lebih luas dan mewah. Terdapat taman vertikal yang lebar, kolam renang dan berbagai area yang tentunya super nyaman.

Titi dan Tian juga membangun mushola nyaman untuk beribadah. Lewat akun Instagramnya @titi_kamall, ibu dua anak itu memperlihatkan desain manis mushola di rumah barunya.

Mushola tersebut ternyata semi outdoor dengan banyak cahaya alami. Hal ini karena atap mushola terbuat dari kaca. Lantainya berupa kayu yang dikelilingi bebatuan putih.

Mushola di rumah Titi Kamal© Instagram Titi Kamal

" Salah satu spot favorit tamu2. Suka banget sama musholla semi outdoorny apalagi kalo habis hujan, suasananya makin cozy dan sejuk. Btw utk kacanya aku kasih anti uv 60 persen jadi tetep adem walau siang hari,"  tulis Titi di Instagramnya.

Dindingnya berupa tembok putih dengan aksen ventilasi yang membuat suasana mushola segar sekalligus berkesan clean. Titi juga menaruh sofa dan beberapa tanaman agar mushola semi outdoor ini tampak asri.

Bagian bawahnya ditaruh karpet tebal tebal berwarna biru yang sangat cocok dengan warna putih dan kayu yang mendominasi ruangan mushola. Wah, tampaknya beribadah di sini sangat nyaman ya, Sahabat Dream. Bisa jadi inspirasi untuk membuat mushola di rumah.

Beri Komentar