Taman Pagar Mini untuk Fasad, Rumah Terlihat Asri

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 22 Januari 2023 13:01
Taman Pagar Mini untuk Fasad, Rumah Terlihat Asri
Nuansa hijau pepohonan di depan rumah akan memberi kesan hangat dan menarik.

Dream - Tanaman yang ditaruh di beberapa sudut rumah akan langsung memberi kesan asri dan memanjakan mata. Warna hijau yang segar atau bunga warna-warni pastinya bisa bikin betah.

Ada ide seru untuk menaruh tanaman dan tampak terlihat dari luar rumah. Tanaman pun bisa jadi bagian dari fasad, yaitu berupa taman pagar.

Tengok saja ide taman pagar dari pemilik akun Instagram @rumahsemak. Ia membuat pot panjang di bagian depan rumah dengan apik.

Pagar taman© Instagram @rumahsemak

Dinding semen ekspos yang terkesan kaku jadi lebih terlihat bagus dengan tanaman hijau di bagian bawah. Pot dibuat memanjang.

Taman pagar© Instagram @rumahsemak

Terdapat lubang di bawah pot untuk keperluan perawatan saluran air. Untuk pilihan tanaman, cari yang cukup kuat tapi indah. Seperti pilihan tanaman, calathea luthea/ pisang, bakung variegata, portulaca grandiflora/ sutra bombay. 

Rumah pun jadi tampak lebih asri dan manis, bukan?

1 dari 5 halaman

Tembok Disulap Jadi Taman Vertikal Mungil, Rumah Jadi Lebih Adem

Dream -  Dinding polos di sudut rumah bisa dimanfaatkan untuk menjadi taman yang menyejukkan. Kini sedang tren membuat taman vertikal, untuk membuat suasana rumah jadi lebih asri meskipun dengan tak ada lahan.

Inspirasi taman vertikal, bisa Sahabat Dream lihat di akun Instagram @maha.house. Ukurannya mungil tapi efeknya sangat besar pada nuansa rumah secara keseluruhan.

Awalnya hanya tembok polos biasa. Bagia atapnya dibiarkan terbuka dan mendapat banyak cahaya matahari.

Dinding polos© Instagram @maha.house

" Ini adalah satu-satunya area taman indoor di #mahahouse yang ukurannya imoet banget. 3 x 1 . Taman vertikalnya sendiri 3x3 meter. Walau kecil ukurannya sebetulnya fungsi area ini vital banget untuk sirkulasi udara di lantai bawah," tulis pemilik rumah.

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Patokan Biaya

Taman tersebut merupakan sumber oksigen, filter udara alami dan membawa hawa sejuk untuk area kitchen-dinning-family room. Untuk membuat aliran oksigen maksimal, maka dibuatlah taman tersebut.

Taman vertikal© Instagram

Dimulai dengan membuat rangka, lalu media tanam, diperhatikan juga pengairan dan pemeliharaan. Pemilihan tanaman juga diperhatikan dan disesuaikan dengan kondisi taman.

Perpaduan jenis tanaman dari warna dan karakteristik juga harus dipertimbangkan agar tampilannya menarik. Untuk biaya, menurut pemilik rumah sekitar Rp1,5 juta/ m2. 

Tertarik membuatnya di rumah Sahabat Dream?

 

3 dari 5 halaman

Lihat Videonya

4 dari 5 halaman

Dapur, Taman dan Laundry Room Jadi Satu Tapi Estetik

Dream - Banyak cara untuk menyiasati lahan yang terbatas demi membuat ruangan multifungsi. Pengaturan yang baik, serta pemilihan barang agar muat dan tertata apik adalah kuncinya.

Seperti area dapur, taman sekaligus laundry room dari pemilik akun Instagram @fifit.fitrisari. Ia membagikan ide dapur yang fungsional tapi tetap terlihat estetik.

Atap laundry room© Instagram @fifit.fitrisari

Pada bagian area cuci, dipasang atap transparan. Hal ini agar cahaya matahari bisa masuk dan ruangan tidak lembap. Jemuran lipat dipasang di tembok demi menghemat ruangan dan praktis.

 

5 dari 5 halaman

Taman Mini dan Dapur

Dapur taman laundry© Instagram @fifit.fitrisari

Untuk membuat suasana asri area sudut dipenuhi dengan pot tanaman berukuran sedang dan mungil. Terdapat juga tanaman gantung di tembok. Lantainya ditutup dengan rumput sintentis dan bebatuan. 

Di samping area ini terdapat dapur yang berdesain simpel. Didominasi warna hitam dan dibatasi dengan pot tanaman ukuran besar sebagai pembatas antar area.

Dapur© Instagram @fifit.fitrisari

Dapur dibuat bernuansa monokrom dengan perpaduan warna hitam, putih dan abu-abu. Untuk meja dapur dipilih warna hitam dengan backsplah putih dan tembok abu-abu. Sementara tempat penyimpanan didominasi warna putih.

Dapur© Instagram @fifit.fitrisari

Terbukti penataan yang pas bisa membuat ruangan ini sangat efektif untuk menjalankan tiga fungsi yang berbeda. Tampilannya juga asri memanjakan mata. Setuju, Sahabat Dream?

Sumber: Instagram @fifit.fitrisari

Beri Komentar