4 Komika yang `Tersandung` Isu SARA

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 11 Januari 2018 08:26
4 Komika yang `Tersandung` Isu SARA
Siapa saja mereka?

Dream - Belakangan aksi stand up comedy menjadi hiburan yang banyak dicintai para penikmatnya. Lawakan komika seorang sendiri di atas panggung dengan konten kocak yang dikemas modern ini tidak hanya disukai para remaja, tapi hampir semua kalangan.

Materi-materi yang unik menyangkut kehidupan sehari-hari menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

Tema lawakan yang dibuat sangat menentukan apakah candaan stand up comedy yang ditampilkan akan `pecah` atau sukses membuat penonton tertawa.

Para komika juga dituntut memilih tema lawakan dengan memperhatikan banyak faktor. Meski hanya candaan, adakalanya tema yang diangkat bisa dipersepsikan berbeda oleh orang lain. Salah satunya adalah tema menyangkut SARA.

" Aku mau ngomong apapun, aku pikirin dulu. Ini nanti ada yang tersinggung kah, ada yang mempermasalahkan atau enggak, kita harus siap sama risikonya," kata Ernest Prakasa, salah satu komika stand up comedy.

Membawakan candaan bertema SARA memang penuh risiko. Inilah yang dialami beberapa komika di Indonesia. Candaan mereka dianggap tak pantas sehingga muncul kritik pedas bahkan sampai dilaporkan ke kepolisian.

Berikut deretan komika yang sempat tersandung masalah dan menyerempet tema SARA: 

1 dari 4 halaman

Joshua Suherman

Dream - Belakangan nama manyan penyanyi cilik Joshua Suherman manjadi sorotan. Ini karena pria 25 tahun ini dianggap menghina agama Islam dalam salah satu aksi stand up comedy.

Dalam video yang viral di sosial media, Joshua membandingkan karier Annisa dan Cherly yang sama-sama mantan anggota girlsband Cherrybelle.

" Semuanya Anisa, Anisa, Anisa ya kan? Padahal skill-nya tipis-tipis, nyanyi tipis, nge-dance tipis, cantik relatif, ya kan? Gue mikir kenapa Anisa selalu unggul dari pada Cherly, ah sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam! Karena di Indonesia ini ada satu hal yang dengan hal sebesar apapun, mayoritas," ucap kata Joshua dalam video tersebut diakses Dream, Senin 8 Januari 2018.

Akibat lawakannya itu, penyanyi yang dikenal dengan jargon `Diobok-obok` ini dilaporkan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) ke Bareskrim Mabes Polri, 9 Januari 2018. Tuduhannya serius, dugaan penistaan agama.

Dalam laporannya, Bareskrim memutuskan ada tiga pasal yang mungkin menjerat mantan artis cilik itu.

" Kami sudah mengkonfirmasi ke pihak Bareskrim, dikenakan tiga pasal yaitu pasal 26, 27, 156 A tentang penistaan agama dan UU ITE," jelas Ketua Umum FUIB Rahmat Imran.

2 dari 4 halaman

Ge Pamungkas

Sebelum Joshua, komika Ge Pamungkas membuat kehebohan dalam menyampaikan materi comedy. Dalam materi lawakannya tersebut, komika berusia 28 tahun dituding telah melecehkan agama dan Gubernur DKI Jakarta yang menjabat saat ini, Anies Baswedan.

Ucapan Ge Pamungkas, heboh setelah akun Facebook atas nama Panji Azzary memposting potongan video stand up Ge Pamungkas yang berdurasi 0:45 detik dan menjadi viral.

Dalam video itu Ge Pamungkas membuat pernyataan yang dianggap menghina salah satu agama dan menyindir Gubernur DKI.

" Dulu nih, Jakarta banjir. Apa coba itu, Weh, netizen itu, ini gara-gara...," kata Ge Pamungkas.

Lalu masa kepemimpinan di DKI yang baru saat ini, warga DKI mengatakan bahwa banjir saat ini adalah cobaan dari Tuhan. " Wah ini adalah cobaan dari Allah SWT," kata Ge yang disambut tepuk tangan para penonton.

" Sesungguhnya Allah akan memberikan cobaan kepada yang dicintai, Cintai Apaan!" imbuh Ge yang disambut tertawa penonton.

Ketua Umum FUIB Rahmat Imran, mengaku telah berkoordinasi dengan LSM lain untuk melaporkan Ge Pamungkas karena lawakannya itu. Ini dilakukan setelah FUIB melaporkan Joshua Suherman. 

Ge Pamungkas sebetulnya telah memberikan klarifikasi dan permohonan atas materinya yang menimbulkan salah tafsir melalui akun Instagram miliknya. Postingan klarifikasi dan permintaan maaf itu sudah dihapus oleh Ge namun sempat diunggah oleh sebuah akun gosip.

3 dari 4 halaman

Uus

Dream - Pada awal tahun 2016 lalu, Uus juga pernah mendapat banyak hujatan dari warganet perihal materi stand up comedy-nya. Dalam materinya tersebut, Uus dianggap sudah menyinggung fans K-Pop yang berhijab.

Pria asal Bandung itu menuai banyak hujatan dari para fans K-Po. Bahkan membuat salah satu media di Korea ikut menyoroti twitter yang terjadi antara Uus dan fans K-Pop. Uus pun akhirnya mengutarakan permintaan maaf atas materinya.

Komedian Uus kembali 'berulah' di akun media sosial miliknya. Kali ini ia mengguncang jagad Twitter dengan kicauan tentang Ketua Umum FPI, Habib Rizieq. Dengan frontal, pelawak yang memulai karirnya dari stand up comedy itu menyindir poster tentang Habib Rizieq.

Netizen semakin panas setelah Uus yang meragukan Habib Rizieq sebagai ulama. Meski sudah meminta maaf, ayah satu anak ini sempat vakum dari panggung hiburan.

4 dari 4 halaman

Ernest Prakasa

Dream - Sutradara dan komika Ernest Prakasa sempat heboh sosial media pada cuitannya di twitter pada hari Senin, 6 Maret 2017.

Tweet berbau SARA yang dikicaukan Ernest dikritik. Ini lantaran telah mengomentari ulama Zakir Naik sebagai orang yang telah mendanai ISIS. Netizen yang tak terima dengan unggahan Ernest tak tinggal diam.

Berbagai hujatan pedas dilayangkan netizen. Setelah cuitannya viral, ayah dua orang anak itu langsung meminta maaf kepada publik. (Sah)

 

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting