5 Fakta Kehidupan Pribadi Najwa Shihab, Pernah Kehilangan Anak

Reporter : Reni Novita Sari
Rabu, 14 Oktober 2020 13:22
5 Fakta Kehidupan Pribadi Najwa Shihab, Pernah Kehilangan Anak
Di balik sikapnya yang tegas kepada narasumber, Najwa Shihab ternyata menyimpan cerita yang memilukan

Dream - Najwa Shihab menjadi perempuan paling dikagumi di Indonesia tahun 2020 versi YouGov. Posisi ini sejajar dengan Presiden Joko Widodo sebagai lelaki paling dikagumi. 

Dalam jejeran perempuan hebat di Indonesia, Najwa Shihab berhasil mengalahkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti.

Dalam laman YouGov.co, Najwa Shihab menduduki posisi puncak dalam daftar tersebut, dengan perolehan suara sebanyak 18,52 persen.

Setelah kabar itu mencuat, publik kini ikut membahas kehidupan pribadi presenter yang disapa Nana itu. Tidak disangka, Najwa Shihab yang terkenal kritis ini dulunya memutuskan untuk menikah di usia yang sangat muda, yakni 20 tahun.

Di balik sikapnya yang tegas kepada narasumber, Najwa Shihab ternyata menyimpan cerita yang memilukan. Nana pernah kehilangan buah hati ke duanya yang sudah dinantikan selama 10 tahun.

Penasaran bagaimana kehidupan pribadi Najwa Shihab lainnya? Simak ulasan berikut!

1 dari 5 halaman

1. Putri dari Tokoh Terkenal

najwa shihab© Foto : Instagram/Najwashihab

Najwa Shihab lahir di Makasar pada tanggal 16 September 1977 dari pasangan Quraish Shihab dan Fatmawati Assegaf. Ayahnya adalah tokoh terkenal yang juga dikenal sebagai Prof. Dr. Quraish Shihab yang merupakan seorang cendekiawan muslim Indonesia.

Ia adalah anak ke dua dari beberapa saudara yaitu Nahla Shihab, Najelaa Shihab, Ahmad Shihab, dan Nasywa Shihab. Dia menikah dengan Ibrahim Sjarief Assegaf dan dikaruniai anak laki-laki bernama Izzat Assegaf.

2 dari 5 halaman

2. Bibit Unggul Sejak Kecil

najwa shihab© Foto : Instagram/Najwashihab

Najwa mengenyam pendidikan dasarnya di sekolah dasar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Hidayah. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di SMP Al-Ikhlas di wilayah Jakarta Selatan dan kemudian setelah lulus dari SMP, dia masuk ke SMA Negeri 6 Jakarta Selatan.

Tampaknya, sejak muda, Najwa merupakan bibit unggul bangsa ini. Ketika di Sekolah Menengah Atas (SMA), Najwa terpilih sebagai siswa yang berangkat ke Amerika Serikat selama satu tahun dalam program bernama AFS yang dikelola oleh Yayasan Bina Antarbudaya.

3 dari 5 halaman

3. Memilih Karir Dunia Jurnalistik

najwa shihab© Foto : Instagram/Najwashihab

Selepas SMA, Najwa melanjutkan pendidikannya di salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum dan menjadi alumni pada tahun 2000. Kemudian, Najwa terjun dalam dunia jurnalistik ketimbang dalam dunia pengacara.

4 dari 5 halaman

4. Menikah Muda

najwa shihab© Foto : Instagram/Najwashihab

Putri mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII ini memutuskan mengakhiri masa lajangnya di usia yang sangat muda, yaitu 20 tahun, usai dinikahi Ibrahim Sjarief Assegaf pada 1997.

Saat itu, Najwa Shihab bahkan masih kuliah semester tiga di Fakultas Hukum UI. Nana mengaku tidak pernah memiliki rencana menikah muda. Tapi dia memiliki alasan tersendiri yang membuatnya mantap untuk menikah muda. 

Sosok suami Najwa Shibab, Ibrahim Sjarief Assegaf pun bukanlah orang sembarangan. Pria yang disapa Baim itu adalah seorang pengacara yang bergabung dengan kantor pengacara ternama yakni Assegaf Hamzah Partner. Dia juga menjabat sebagai Direktur di perusahaan hukum online bernama PT Justika Siar Public.

5 dari 5 halaman

5. Pernah Kehilangan Anak

najwa shihab© Foto : Instagram/Najwashihab

Di balik sosoknya yang tegar dan kuat, Najwa Shihab ternyata pernah mengalami kepahitan mendalam. Nana pernah kehilangan anak keduanya yang sudah dinantikannya selama 10 tahun di tahun 2012 silam. Hal ini diungkap Najwa Shihab saat hadir di program Untung Ada Tora iNews pada 2018 lalu.

" Jadi saya hamil anak kedua itu sebenarnya 6 tahun lalu. Saat itu susah sekali hamil anak kedua dan baru hamil setelah 10 tahun, ketika Izzat usia 10 tahun," ujar Najwa Shihab dikutip dari video berjudul Mengharukan!! Perjuangan Najwa Shihab saat Hamil Anak Kedua itu.

Wanita 43 tahun ini mengaku kehamilan ke duanya saat itu terasa begitu berat dan butuh banyak pengorbanan. Najwa Shihab yang biasa hidup sangat aktif, terpaksa harus istirahat total selama empat bulan di rumah sakit. 

Kondisi ketuban bocor yang dialaminya sangat berbahaya untuk sang jabang bayi hingga membuatnya tidak bisa bergerak sedikit pun. Semua aktivitas dilakukan Nana di atas ranjang.

Tapi sayangnya, penantian 10 tahun itu tidak sejalan dengan takdir Tuhan. Najwa Shihab harus merelakan kepergiaan sang buah hati hanya empat jam setelah dilahirkan ke dunia. Najwa kehillangan anak keduanya berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Namiya.

Beri Komentar