Aktor Legendaris Johny Indo Tutup Usia

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Minggu, 26 Januari 2020 14:30
Aktor Legendaris Johny Indo Tutup Usia
Aktor legendaris ini memulai debut lewat film biografi yang mengangkat kisah dirinya.

Dream - Kabar duka datang dari jagad perfilman Tanah Air. Aktor senior Johny Indo tutup usia pada Minggu, 26 Januari 2020 dini hari tadi.

Mantan penghuni Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan itu meninggal dunia di usia 72 tahun. Kabar duka datang dari sang cucu yang bernama Santa.

Ia mengatakan Johny Indo tak menderita penyakit serius semasa hidupnya.

" Sebenarnya kan karena sudah usia juga," kata Santa, dikutip dari Liputan6.com.

Aktor bernama lengkap Johanes Hubertus Eijkenboom itu pernah membintangi 14 judul film di masa kejayaannya. Ia kerap mencuri perhatian lewat kemampuan aktingnya.

1 dari 2 halaman

Pernah Jadi Narapidana

Johny Indo terjun ke dunia perfilman pada 1978 silam di sebuah biografi yang mengangkat kisah dirinya.

Di sisi lain, pria asal Garut tersebut dikenal sebagai perampok kelas kakap di era 70-an. Ia dan kelompok Pachinko (Pasukan China Kota) kerap menyerbu toko emas di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu aksi yang paling terkenal adalah perampokan toko emas di Cikini, Jakarta Pusat, pada 1979 silam. Ia diringkus di Sukabumi setelah gerombolan Pachinko lebih dahulu tertangkap.

 Johny Indo© Foto: KapanLagi.com

Johny dijatuhi hukuman penjara 14 tahun. Tetapi baru tiga tahun mendekam di penjara Nusakambangan, ia kabur bersama 34 tahanan. Upaya kabur akhirnya gagal setelah hanya mampu bertahan selama 12 hari.

Setelah bebas, ia memulai debut lewat film biografi berjudul 'Johny Indo' yang dibintangi oleh sejumlah artis papan atas seperti Mathias Muchus, Minati Atmanegara dan Sigit Hardadi. Film itu tercatat sebagai film terlaris kelima di DKI Jakarta pada 1987.

2 dari 2 halaman

Setelah 27 Tahun, Film `Johny Indo II` Siap Tayang

Dream - Setelah lama vakum di dunia akting, aktor Johny Indo kembali ke layar lebar. Pria yang kini aktif sebagai pendakwah itu tengah mempersiapkan film “ Johny Indo II”.

“ Saya sekarang sibuk syuting untuk Johny Indo II,” tutur Johny Indo saat berbincang dengan Dream.co.id.

Pada pertengahan dekade 1980-an, pemilik nama asli Johanes Hubertus Eijkenboom ini sukses dengan film " Johny Indo" . Film itu diangkat dari kisah nyata pelarian Johny dari penjara terketat di Indonesia, Nusakambangan. 

Dalam film yang dirilis tahun 1987 tersebut, dikisahkan pula perjalanan Johny Indo kabur dari penjara Nusakambangan. Namun akhirnya kembali ditangkap dan harus menyelesaikan masa hukuman 14 tahun penjara.

Dan yang tengah digarap ini merupakan sekuel dari Johny Indo I atau sekitar 27 tahun lalu. Namun kisahnya bukan tentang perjalanan hidup sebagai perampok.

“ Film ini bercerita tentang kehidupan saya dalam masyarakat. Bermasyarakat setelah dari penjara,” tambah pria kelahiran Garut 66 tahun silam ini.

Setelah keluar dari Nusa Kambangan, Johny Indo berusaha keras membaur dengan masyarakat. Bahkan, dia kini menjadi dai yang berdakwah dari majelis ke majelis. “ Kisahnya ya mulai saya bermasyarakat, mendekati aparat dan tokoh lainnya.”

Selain itu, film ini juga mengangkat kesibukan bisnis penjualan batu akik yang digeluti oleh Johny Indo. “ Kemarin sudah ambil gambar di Pasar Poncol, Senen. Diangkat sedikit,” tutur dia.

Namun, Johny Indo mengaku belum tahu kapan film baru ini akan dirilis. “ Semua tergantung pada rumah produksinya. Saya hanya jadi pemeran utama saja dalam film ini,” ujar Johny Indo. (Ism)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak