Dilaporkan ke Polisi, Gus Miftah: Persatuan Dukun Itu Apa Sih?

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 15 September 2022 07:23
Dilaporkan ke Polisi, Gus Miftah: Persatuan Dukun Itu Apa Sih?
Gus Miftah tetap santai atas laporan dari Gus Irfan dan pengacaranya, Firdaus Oiwobo.

Dream - Gus Miftah tetap santai meski dilaporkan ke polisi oleh pengacara Firdaus Oiwobo karena dinilai melecehkan para dukun. Dia merasa laporan yang dibuat pengacara para dukun itu tidak perlu ditanggapi.

" Saya enggak sebut nama sama sekali, enggak ada. Kita enggak nyebut nama sama sekali," kata Gus Miftah, dikutip dari YouTube KH INFOTAINMENT, Rabu 14 September 2022.

Gus Miftah dilaporkan ke polisi karena dinilai telah menghina dukun saat mengisi konten podcast di kanal YouTube Atta Halilintar. 

Gus Miftah© Gus Miftah

Foto: YouTube KH INFOTAINMENT

" Kemudian dalam kapasitas apa kita dilaporkan sama beliau-beliau yang terhormat. Katakan persatuan dukun di Indonesia itu apa sih? Makannya kita santai banget. Jadi kita sama Atta enggak perlu menanggapi dan enggak respon berlebihan," imbuhnya.

1 dari 5 halaman

Gus Miftah juga mengaku sama sekali belum ada panggilan dari Polres Jakarta Selatan terkait laporan itu.

" Ya silahkan saja cuma dilaporkan kok. Alhamdulillah nggak ada (panggilan dari polres Jakarta Selatan) saya pikir kepolisian tahu mana skala prioritas. Saya pikir itu bukan prioritas," ucapnya.

Ulama berusia 41 tahun ini juga tetap santai dan tidak perlu menanggapi dengan seruis laporan Gus Irfan dan pengacaranya, Firdaus Oiwobo.

" Makannya saya pas pengajian tanggapi dengan guyon saja. karena bagi saya lucu saja, kita nggak perlu berlebihan, merespon berlebihan akrena yang merasa dihina siapa yang melaporkan siapa," tuturnya.

Sebelumnya Atta Halilintar juga memberikan responnya. 

2 dari 5 halaman

Atta Halilintar menanggapi protes pengacara dukun, Firdaus Oiwobo, soal penghapusan konten di kanal YouTube miliknya.

Menurut Atta, masalah tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Ia menegaskan berhak menghapus video apapun di kanal YouTubenya.

" Sebenernya kalau di-take down itu saya yang rugi, kan saya yang modal, bayar, segala macam. Kalau di-take down saya yang rugi," kata Atta Halilintar dikutip dari YouTube Nit Not, Selasa 13 September 2022.

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah© Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Foto: @attahalilintar

" Tapi itu sebenernya kan hak seseorang mau take down atau enggak. Akunnya kan, akun saya," imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Buntut penghapusan video itu, Firdaus melaporkan Atta Halilintar dan Gus Miftah ke Polres Jakarta Selatan. Dia menuduh mereka telah melanggar Undang-Undang ITE terkait penghinaan dan fitnah.

Terkait laporan tersebut, Atta mengaku belum tahu. " Waduh saya belum ngerti tuh," kata Atta Halilintar.

YouTuber yang juga menantu Anang Hermansyah ini juga enggan menanggapi lebih jauh leporan tersebut.

" Belum bisa jawab," kata Atta Halilintar.

Keputusan Atta menghapus video tersebut mendapatkan dukungan dari pendakwah Mama Dedeh. 

4 dari 5 halaman

Mama Dedeh mendukung keputusan Atta Halilintar menghapus konten bareng perwakilan dukun. Dia menilai langkah suami Aurel Hermansyah itu sudah tepat dan menjadi yang terbaik.

" Karena Atta sangat tahu mana yang harus dia lakukan," kata Mama Dedeh dikutip dari kanal YouTube KH Infotaiment, Senin 12 September 2022.

Mama Dedeh© Mama Dedeh

Namun, pedakwah berusia 71 tahun ini enggan berkomentar lebih jauh soal penghapusan konten oleh Atta tersebut. " Mama rasa tidak ada komentar," kata Mamah Dedeh.

5 dari 5 halaman

Atta Halilintar sebelumnya mengundang perwakilan dukun ke podcastnya. Namun Atta akhirnya menghapus video tersebut.

Buntut dari masalah itu, Atta Halilintar dilaporkan oleh pengacara perwakilan dukun, Firdaus Oiwobo, ke polisi dengan tudingan pelanggaran UU ITE Pasal 27 ayat 3 Junto pasal 45.

" Isinya mengenai fitnah dan penghinaan di media sosial," kata Firdaus Oiwobo usai membuat laporan.

Beri Komentar