Kondisi Terkini Ria Irawan, Kaki Susah Bergerak, Bicara Sulit

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 19 November 2019 14:23
Kondisi Terkini Ria Irawan, Kaki Susah Bergerak, Bicara Sulit
Pengakuan Ria ini diungkap lewat unggahan foto di laman akun instagramnya.

Dream - Ria Irawan kembali dirawat di rumah sakit. Kondisi terbarunya saat ini, kaki kanan Ria Irawan sulit digerakan.

Ditambah lagi, wanita bernama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan ini mengaku sedikit sulit berbicara.

Pengakuan Ria ini diungkap lewat unggahan foto di laman akun instagramnya @riairawan. Dalam foto itu, Ria terbaring di ranjang rumah sakit dengan dua perawat yang sedang memeriksanya.

" Morning Day 1, rawat inap lagi di RSCM gedung A, Karena kepala kembali terasa sakit, tangan dan kaki bagian kanan menjadi susah digerakan dengan benar, berbicara juga kembali sedikit sulit," tulis Ria Irawan dikutip Dream, Senin 19 November 2019.

" Ini semua karena " masa" yg di bagian kiri depan kepala mendorong motorik fungsi luhur... tetap semangat semua," imbuhnya.

Unggahan wanita 50 tahun ini langsung dibanjiri komentar dari warganet. Banyak yang mendoakan istri dari Mayky Wongkar ini segera sembuh dari sakitnya.

 ria irawan drop

" Syafakillah.. La ba'sa Thohurun In syaa Allah.. Aamiin Allahumma Aamiin," tulis akun @laxmidara.

" Tetap semangat semoga lekas sembuh diberikan mujizat ?," tulis akun @uut_agung_.

" Semoga Allaah memberikan mukjizat kesembuhan kepada teh Ria.... dan kepada keluarga yg merawat teh Ria semoga diberikan kesehatan, kesabaran, dan kekuatan. Aamiin... Semangat semuanya," tulis akun @fath_umar.

1 dari 5 halaman

Kembali Dirawat, Ria Irawan Tulis Curhatan Pasien BPJS Kelas Tiga

Dream - Ria Irawan kembali dirawat di rumah sakit akibat penyakit kanker getah bening kambuh. Bahkan kini kanker sudah menyebar ke aru-paru dan otak.

Selama di rawat, Ria Irawan menuliskan curhatan di laman akun instagramnya. Meski sedang sakit, Ria nampak tak seperti orang sakit, dia tetap tersenyum dan menceritakan kisahnya sebagai pasien BPJS.

" Happy sunday .. karena ada tumor didalam kepala,yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan,akhirnya saya harus belajar pelan-pelan belajar berbicara dengan baik, tapi setiap saya mau belajar, "  tulis Ria Irawan dikutip Dream, Minggu 8 September 2019.

 Ria Irawan

Ria mengatakan satu ruangan dengan pasien lain yang sedang merasakan kesakitan. Bahkan dalam video yang diunggah wanita berusia 50 tahun ini, terdengar pasien yang merintih kesakitan.

" Pasien disebelah saya juga belajar,belajar menahan sakit... Ya begini lah Keseruan dirawat inap kelas 3 BPJS ,semoga bisa merefleksikan diri saya untuk menjadi yg lebih baik lagi,." .

Tak lupa Rie berterimkaish atas doa yang diberikan untuknya. " Sakit sudah bisa,menjadi lebih baik itu luar biasa.,trimakasi buat semua doa nya," tuturnya.

" Kamu luar biasa hebat mbakku sekalu happy semoga sakitpun hilang aamiin,"  tulis akun @inul.d.

" Cepat sehat ya mbakku sayang @riairawan,"  tulis akun @kristinadangdut.

" I u.. Semangat terus y,"  kata akun @amingisback.(mut)

2 dari 5 halaman

Foto Ria Irawan Terbaring di Rumah Sakit karena Kanker yang Kembali Muncul

Dream - Kanker kelenjar getah bening Ria Irawan kembali muncul. Artis setengah abad itu kini harus dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Foto Ria Irawan yang tengah menjalani perawatan beredar di medoa sosial. Salah satunya diunggah oleh akun gosip, @lambe_turah.

Dalam foto itu, Ria Irawan tengah terbaring di ranjang. Berselimut biru. Raut wajah pucat. Badan kurus. Di tangan kiri, menempel selang infus.

  Ria Irawan

Unggahan akun @lambe_turah ini mendapat komentar dari banyak netizen. Mereka berdoa untuk kesembuhan Ria Irawan. "  Semoga Allah SWT memberikn ksembuhan..aamii," tulis akun @hericapriyani.

"  Ya Allah tolong angkat penyakitnya dan tolong berikan yang terbaik untuk Ria Irawan, Aamiin," tulis akun @ina.soewarna.

"  Semoga cepat sembuh, aku yakin tante bisa melewati ini semua. Berkat tante penderita kanker banyak yang termotivasi, kepingin sembuh,"   kata akun @adindaviola12.

3 dari 5 halaman

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Kambuh Seperti Ria Irawan

Dream - Chandra Ariati Dewi Irawan atau lebih dikenal Ria Irawan tengah terbaring di rumah sakitKanker kelenjar getah bening yang pernah diderita pada 2009 silam kembali menyerang Ria Irawan.

Artis berusia setengah abad itu menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) sebagai pasien BPJS. Kondisinya terpantau kurang baik.

Pelantun 'Hatiku Hatimu' sulit berbicara lantaran kanker sudah mengganggu saraf motoriknya. Belum dipastikan kanker getah bening apa yang diderita Ria Irawan, namun kanker ini terdiri dari dua jenis.

Pertama adalah limfoma non hodgkin yang paling banyak ditemukan pada kasus kanker kelenjar getah bening. Sifatnya lebih ganas dan berbahaya. Sementara itu, limfoma hodgkin (LH) lebih mudah disembuhkan namun memiliki risiko kambuh sekitar 20-30 persen.

" Sebanyak 80 persen kanker kelenjar getah bening merupakan limfoma non hodgkin, sementara 20 persennya adalah hodgkin," kata dr. Tubagus Djumhana A, Sp.PD-KHOM, FINASIM, Ketua PHTDI & PERHOMPEDIN di seminar media bersama Takeda, Jakarta, Rabu 13 November 2019.

Keduanya disebabkan oleh sel kanker yang menyerang sel darah putih di kelenjar getah bening. Letaknya bisa di kepala, leher, ketiak, tulang selangka dan paha

4 dari 5 halaman

Kambuh Seperti Kasus Ria Irawan

Pada kasus yang menimpa Ria Irawankanker getah bening mengalami relaps atau kekambuhan. Hal ini terjadi karena sel kanker ternyata hanya tidur dan tidak mati sepenuhnya.

  Kena Kanker Mematikan, Ria Irawan Siapkan Kain Kafan

" Semua kanker secara umum tidak bisa sembuh total. Ada masanya dia mengalami kekambuhan. Penyebabnya banyak, bisa karena perubahan kromosom, gen, paparan kimia dan radiasi, obesitas dan imunitas rendah," kata dr Tubagus.

Paparan zat kimia seperti pestisida dan pewarna rambut dapat memicu datangnya penyakit ini. Usia pasien yang semakin tinggi juga menjadi salah satu faktor. Selain itu, orang yang pernah tertular virus Epstein-Barr atau EBV lebih berisiko terkena LH.

Guna mencegah kanker kambuh dengan kondisi lebih ganas, perlu dilakukan pemantauan rutin setiap enam bulan sekali ketika pasien dinyatakan sembuh. Metode pemeriksaan bisa dilakukam dengan PET Scan maupun CT Scan. Selain itu, jangan lupa terapkan gaya hidup sehat untuk menjaga imunitas tubuh.

 

5 dari 5 halaman

Pengobatan Lebih Keras

Ketika mengalami relaps, pasien harus melakukan terapi dengan dosis obat lebih keras dan tinggi. Hal ini karena sel kanker sudah kebal dengan obat sebelumnya.

Pada pengobatan pertama, metode kemoterapi dan radioterapi mungkin masih bisa diterima dengan baik.

Setelah kambuh, pasien bisa memilih terapi bertarget yang lebih efektif.

"  Targeted therapy hanya menyerang sel kanker dengan mendeteksi marker di permukaan sel tersebut. Sehingga sel yang sehat tidak terganggu dan efek sampingnya lebih ringan," ujar dr. Tubagus.

 

 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone