Kembali Dirawat, Ria Irawan Tulis Curhatan Pasien BPJS Kelas Tiga

Reporter : Amrikh Palupi
Minggu, 8 September 2019 15:13
Kembali Dirawat, Ria Irawan Tulis Curhatan Pasien BPJS Kelas Tiga
Ini curhatan Ria Irawan.

Dream - Ria Irawan kembali dirawat di rumah sakit akibat penyakit kanker getah bening kambuh. Bahkan kini kanker sudah menyebar ke aru-paru dan otak.

Selama di rawat, Ria Irawan menuliskan curhatan di laman akun instagramnya. Meski sedang sakit, Ria nampak tak seperti orang sakit, dia tetap tersenyum dan menceritakan kisahnya sebagai pasien BPJS.

"Happy sunday .. karena ada tumor didalam kepala,yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan,akhirnya saya harus belajar pelan-pelan belajar berbicara dengan baik, tapi setiap saya mau belajar, " tulis Ria Irawan dikutip Dream, Minggu 8 September 2019.

Ria Irawan

Ria mengatakan satu ruangan dengan pasien lain yang sedang merasakan kesakitan. Bahkan dalam video yang diunggah wanita berusia 50 tahun ini, terdengar pasien yang merintih kesakitan.

"Pasien disebelah saya juga belajar,belajar menahan sakit... Ya begini lah Keseruan dirawat inap kelas 3 BPJS ,semoga bisa merefleksikan diri saya untuk menjadi yg lebih baik lagi,.".

Tak lupa Rie berterimkaish atas doa yang diberikan untuknya. "Sakit sudah bisa,menjadi lebih baik itu luar biasa.,trimakasi buat semua doa nya," tuturnya.

"Kamu luar biasa hebat mbakku sekalu happy semoga sakitpun hilang aamiin," tulis akun @inul.d.

"Cepat sehat ya mbakku sayang @riairawan," tulis akun @kristinadangdut.

"I u.. Semangat terus y," kata akun @amingisback.(mut)

1 dari 5 halaman

Foto Ria Irawan Terbaring di Rumah Sakit karena Kanker yang Kembali Muncul

Dream - Kanker kelenjar getah bening Ria Irawan kembali muncul. Artis setengah abad itu kini harus dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Foto Ria Irawan yang tengah menjalani perawatan beredar di medoa sosial. Salah satunya diunggah oleh akun gosip, @lambe_turah.

Dalam foto itu, Ria Irawan tengah terbaring di ranjang. Berselimut biru. Raut wajah pucat. Badan kurus. Di tangan kiri, menempel selang infus.

 Ria Irawan

Unggahan akun @lambe_turah ini mendapat komentar dari banyak netizen. Mereka berdoa untuk kesembuhan Ria Irawan. " Semoga Allah SWT memberikn ksembuhan..aamii," tulis akun @hericapriyani.

" Ya Allah tolong angkat penyakitnya dan tolong berikan yang terbaik untuk Ria Irawan, Aamiin," tulis akun @ina.soewarna.

" Semoga cepat sembuh, aku yakin tante bisa melewati ini semua. Berkat tante penderita kanker banyak yang termotivasi, kepingin sembuh,"  kata akun @adindaviola12.

2 dari 5 halaman

Kankernya Kembali Muncul, Begini Kondisi Ria Irawan

Dream - Kanker kelenjar getah bening yang diidap Ria Irawan kembali muncul. Kondisi Ria Irawan bahkan dikabarkan drop karena kanker yang menyebar ke paru-paru dan otak.

" Waktu kemarin masuk itu kondisinya menurun," kata kakak Ria Irawan, Dewi Irawan, saat dihubungi Dream, Jumat 6 September 2019.

Ria Irawan masuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada 1 September 2019. Menurut Dewi, saat ini kondisi adiknya telah membaik setelah mendapat perawatan.

 

 Pulang Umroh, Suami Ria Irawan Ingin Masuk Pesantren

" Untuk sementara ini radiasi saja," imbuh Dewi Irawan.

Meski kondisinya sudah jauh membaik, kata Dewi, Ria Irawan masih sangat lemah. " Belum (stabil), masih lemah dia," imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Terapkan Pola Makan Sehat, Pesan Penting dari Penyintas Kanker Payudara

Dream - Kanker payudara termasuk penyakit yang sangat ditakutkan kaum wanita. Bukan hanya bisa membuat seorang perempuan kehilangan payudaranya, tapi juga kematian. Sebenarnya penyakit kanker ini bisa disembuhkan, jika ditangani secara tepat.

Seperti yang dialami Yuniarti Tanjung dan Wielly Wahyudi. Dua penyintas kanker payudara jenis HER2-positif, yang merupakan kanker payudara paling agresif. Wielly laki-laki berusia 44 tahun ini mengidap kanker payudara ketika umurnya masih 38 tahun. Awalnya, ia tak percaya laki-laki bisa terkena kanker payudara juga.

 Cara Sehat Memasak Sayur

Setelah melalui riset di internet dan mengikuti komunitas Cancer Information and Support Center (CISC), ia mengaku banyak mempelajari hal baru mengenai kanker payudara yang ia alami.

" Kita hampir menyerah karena pengobatannya cukup berat, untuk kemoterapinya. Jadi saya waktu itu berpikir ya sudahlah lebih baik saya mati saja," ungkap Wielly saat ditemui dalam acara talkshow Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Kanker Payudara HER2-Positif di Jakarta.

4 dari 5 halaman

Pengobatan yang Mahal

Wielly rupanya ia sempat memikirkan untuk berhenti pengobatan. Harga pengobatan terlalu mahal dan kemoterapi yang menyakitkan, membuatnya berpikir demikian. Hal tersebut juga diamini Yuni.

 Kenali Gejala Kanker Payudara Pada Pria

Kemoterapi menyebabkan berbagai macam penyakit datang dikarenakan leukosit yang turun. " Waktu itu penyakit gampang banget dateng ke saya. Ada orang batuk aja saya bisa tertular. Ya, itu karena leukosit saya kurang," kata Yuni.

5 dari 5 halaman

Pola hidup sehat

Yuni menambahkan, melihat semakin meningkatnya kasus kanker, diabetes, dan hipertensi, penting untuk meningkatkan kesadaran dengan gaya hidup sehat. Terutama generasi muda dan anak-anak.

 Yuni

" Anak-anak sekarang coba ngeri loh lihat makannya. Kalau pasien kanker kan kita dilarang 4P, Pewarna, penguat rasa, pengawet, dan pemanis. Sementara anak-anak sekarang, semua itu resepnya," kata Yuni.

Ia juga menekankan untuk tidak merokok, tak minum minuman beralkohol dan rajin berolahraga. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat setiap hari.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie