Hadiah BJ Habibie untuk Joshua Suherman

Reporter : Amrikh Palupi
Jumat, 13 September 2019 11:23
Hadiah BJ Habibie untuk Joshua Suherman
Lihat potret Joshua Suherman dan BJ Habibie.

Dream - Joshua Suherman ikut berduka atas meninggalnya Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie. Mantan penyanyi cilik itu tulis ucapan duka melalui Twitter.

" Selamat jalan, Pak. Terimakasih banyak," tulis Joshua Suherman dikutip Dream, Kamis 12 September 2019.

Tak hanya ucapan duka, pemuda 26 tahun itu menunjukkan kenangannya bersama BJ Habibie. Pemuda yang karib disapa Jojo ini mengunggah beberapa potret saat dia masih kecil bersama Habibie.

Ada tiga foto yang diunggah, pertama Jojo mengenakan pakaian merah putih dan topi merah. Dia dipangku oleh Habibie.

 jojo dan bj habibie

foto :@jojosuherman

Ke dua Jojo tampak asyik melihat Habibie menunjukan sesuatu di komputer. Pada foto ke tiga, Habibie memberikan Jojo hadiah kecil berupa gambar pesawat. Dalam foto itu tertulis tanggal dan dialamatkan untuk Jojo.

" Untuk Joshua. 20.7.99," tulis BJ pada keterangan foto langkap dengan tandatangannya.

Unggahan kekasih Clairine Clay ini pun langsung dikomentari oleh warganet.

 jojo dan bj habibie

foto :@jojosuherman

" 20 Juli 1999 Pak Habibie masih menjabat sbg presiden RI dan Joshua masih di puncak karier," tulis akun @prasetyo_harri

" Yampun, Jo. Pasti kamu seneng punya kenangan yang berarti sama beliau," tulis akun @inihalida.

" Pasti melihat foto ini, kamu merasakan 2 kesedihan sekaligus. Yg pertama karena kehilangan tokoh besar bangsa dimana kamu pernah bertemu dengan beliau. Kesedihan yg kedua adalah, foto utu tentu saja mengingatkanmu pada masa2 suksesmu yg tak mungkin terulang kembali. #RIPBJhabibie," tulis akun @@lintang507.

 jojo dan bj habibie

foto :@jojosuherman

1 dari 6 halaman

Komika Favorit Joshua Suherman di Jicomfest 2019

Dream - Aktor dan mantan penyanyi cilik, Joshua Suherman, turut menghadiri Jakarta International Comedy Festival 2019 (Jicomfest 2019). Dia menyebut punya satu penampil favorit.

" Kalau gue suka MLI (Majelis Lucu Indonesia) karena memang itu teman kantor gue semua jadi semua berangkat buat nonton MLI," kata Joshua di JI Expo Kemayoran, Sabtu 3 Agustus 2019.

Joshua, yang kini juga menjajal dunia stand-up comedy, mengatakan, acara ini punya tampilan yang beda dari pada festival komedi pada umumnya.

" Menurut gue acara stand up kan memang banyak, cuma bedanya Jicomfest internasional jadi memang komika-komika yang tampil punya standar yang lebih lagi, dan penontonnya juga banyak," ujar dia. 

Sejumlah komika papan atas memang meramaikan perhelatan tawa ini. Sejak dibuka sebanyak 18 komika Tanah Air berhasil mengocok perut para pengunjung di Bang Ben Stage.

  Stand up di Jicomfest 2019 (Foto: Dream.co.id/Ferdike)Faisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

Stand up di Jicomfest 2019 (Dream/ Ferdike)

Mereka yaitu Ge Pamungkas, Boris Bokir, Aci, Fico, Rahmet Ababil, dan Oki Palu.

Tak ketinggalan Marshel, Fajar, Bintang, Indra, Yudha Keling, Indra Jegel, Wawan Cikuk, Muhadkly, Rigen, Popon Kerok dan David Nurbianto. Topik yang mereka dijamin mampu memecah tawa pengunjung.

Tak sampai di situ saja, komedian Indonesia yang sedang go-internasional, Mo Sidik, dan komika keturunan Iran, Maz Jobrani, juga mengundang gelak tawa para penggemar.

Acara hari pertama Jicomfest 2019 akan ditutup dengan Roasting Night oleh Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, dan Adjis Doaibu. Tak tanggung-tanggung sosok yang akan `dikomentari` yaitu pesulap dan pembawa acara bertubuh tegap, Deddy Corbuzier

2 dari 6 halaman

Pamer Foto, Kekasih Joshua Suherman Disorot Bagian Ini

Dream - Kekasih Joshua Suherman, Clairine Clay menjadi sorotan warganet belum lama ini. Setelah pemer foto di akun instagramnya @clairineclay.

Foto itu menunjukan Clairine sedang tengah menghadap ke arah kaca dan mengikat rambutnya. Kedua tangannya sontak terlihat naik ke atas dan memperlihatkan bagian ketiak.

  pacar joshua suhermanFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

"  Hari ke-2 @filmgenerasimicin tayang di bioskop! Yuk, nonton hari ini. Jangan di tunda-tunda. Mumpung jumlah layar masih banyak. // buat yang nanya di kota-nya tayang di bioskop mana aja, bisa di cek postingan aku ya kemaren aku udah sempet post daftar bioskopnya :)," tulis Clairine, diakses Dream, Jumat 19 Oktober 2018.

Sontak foto yang diunggah oleh selebgram ini langsung menjadi perbicangan warganet. Mereka fokus ke bagian ketiak Clairine.

" qeteqnya mulus clay,"  tulis akun @yesicasitorus.

" Keteknya putih,"  tulis akun @sunu_juand.

" Mulus bangettttt,"  tulis akun @diahpurnamad.

Ada juga yang mengomentari lengan Clairine karena terlihat berotot.

" Wahhh ka clay berototttt,"  tulis akun @sitmul_.

" Itu badan bagus amadh:'),"  tulis akun @yratyas.

" Lengan u mantep jg,"  kata akun @megaaulllia.

3 dari 6 halaman

Pengakuan Joshua Suherman Soal Lawakan yang Jadi Kontroversi

Dream - Joshua Suherman menceritakan keluarga sempat khawatir saat video cuplikan aksi stand up comedy yang diduga penistaan agama menjadi viral di media sosial. Namun dari penjelasannya, kini keluarganya sudah bisa mengerti. 

" Ya khawatir saat itu pasti, khawatir kenapa, nanyain gitu, Tapi kan setelah dijelasin dan lain lain, ya ngertilah," kata Joshua di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Sabtu 27 Januari 2018..

Menurut Joshua, tak hanya keluarganya, dia juga memberikan penjelasan ke saudara dari pihak ayah. 

  Lakukan Stand Up Comedy Joshua Suherman Diduga Lecehkan IslamLakukan Stand Up Comedy Joshua Suherman Diduga Lecehkan Islam © © MEN

Bagi Joshua, masalah isi lawakannya yang sempat dilaporkan ke polisi sudah dianggap selesai. Baginya sudah tak ada lagi yang dipermasalahkan.

" Ya kalau gua sih clear-clear aja," jawabnya singkat.

 

Seperti diketahui, materi stand up comedy Joshua Suherman di acara Majelis Lucu Indonesia semat dilaporkannya oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) ke Bareskrim Polri. 

(Sah)

4 dari 6 halaman

Dianggap Lecehkan Islam, Joshua Suherman Dipolisikan

Dream - Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melaporkan Joshua Suherman ke Mabes Polri, Selasa 9 Januari 2018. Mereka menuding mantan penyanyi cilik itu telah meghina agama Islam saat melakukan stand up comedy

" Kami dari FUIB dengan ini datang ke Bareskrim untuk melaporkan Joshua terkait penistaan agama. Dalam video yang viral, saat sedang stand up, Joshua melakukan pelecehan dan penghinaan terhadap agama Islam," jelas Rahmat Himran, Ketua Umum FUIB, di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 9 Januari 2018.

  Lakukan Stand Up Comedy Joshua Suherman Diduga Lecehkan IslamLakukan Stand Up Comedy Joshua Suherman Diduga Lecehkan Islam © © MEN

Menurut Rahmat, lawakan Joshua yang membandingkan dua mantan personel Cherrybelle, Annisa dan Cherly, dengan menyebut Islam, memicu amarah umat Muslim. Oleh karena itu, guna meredam kerusuhan, FUIB berinisiatif melaporkan Joshua agar kasus ini diproses lebih lanjut.

" Dia (Joshua) mengungkapkan mendapat jawaban karena Annisa Muslim. Di akhir kalimat Joshua juga mengucapkan, 'Sesuatu yang tidak bisa dikalahkan yakni mayoritas-mayoritas' itu yang buat umat Islam geram. Kami tidak mau menimbulkan gejolak lebih besar dari kaum Muslimin di Indonesia, makanya kami laporkan agar meredam," tegas Rahmat.

Kuasa hukum Joshua dari Lembaga Bantuan Hukum GP Ansor, Achmad Budi Prayoga, mengatakan kliennya mendapat banyak ancaman setelah video stand up itu menjadi viral. " Banyak sekali SMS yang masuk ke mereka berisi ancaman," tutur Achmad.

Namun, Achmad menambahkan, Joshua tidak dalam kondisi ketakutan menghadapi kasus ini. " Santai aja mereka," ucap Achmad.

5 dari 6 halaman

Joshua Santai

Dream - Joshua Suherman dan Ge Pamungkas mengaku mendapat banyak teror setelah video lawakan yang dianggap melecehkan Islam menjadi viral. Materi stand up comedy yang mereka bawakan juga berujung pada laporan polisi.

" Banyak sekali SMS yang masuk ke mereka berisi ancaman," tutur kuasa hukum Joshua dari LBH GP Ansor, Achmad Budi Prayoga, melalui sambungan telepon, Selasa 9 Januari 2018.

Sebagai kuasa hukum dan perwakilan Lembaga Bantuan Hukum GP Ansor, Achmad menyayangkan ancaman dan pelaporan terhadap kedua komika tersebut. Menurut dia, sejumlah orang mengancam Joshua dan Ge melalui media sosial.

" Mereka merasa dapat ancaman, makian, tuduhan-tuduhan terhadap mereka. Terutama ke Joshua yang beragama Kristen," tambah Achmad.

Untuk itulah, kata Achmad, LBH GP Ansor membantu dan mendampingi Joshua dan Ge dalam menghadapi permasalahan ini. Meski begitu, menurut Achmad, baik Joshua dan Ge, tidak ketakutan dan masih menanggapi peristiwa ini dengan santai.

" Joshua dan Ge Pamungkas, teman-temannya, santai-santai saja kok. Tidak tahu ya (apakah merasa terancam atau tidak). Rileks kok mereka, tidak merasa ini. Santai aja mereka," ucap Achmad.

6 dari 6 halaman

Materi Joshua

Video para komika yang menuai kecaman itu diungah ke Instagram oleh akun @muslim.fact. Dalam video lawakan itu, Joshua membandingkan karier Annisa dan Cherly yang sama-sama mantan anggota Cherrybelle.

" Semuanya Anisa, Anisa, Anisa ya kan? Padahal skill-nya tipis-tipis, nyanyi tipis, nge-dance tipis, cantik relatif, ya kan? Gue mikir kenapa Anisa selalu unggul dari pada Cherly, ah sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam," kata Joshua dalam video tersebut diakses Dream, Senin 8 Januari 2018.

Materi yang dibawakan Joshua ini langsung disambut gelak tawa penonton dan para komika lainnya yang berada di belakang Joshua. Kemudian Joshua kembali mengatakan bahwa di Indonesia mayoritas penduduknya Muslim dalam materi stand -up Comedy nya.

" Karena di Indonesia ini ada satu hal yang dengan hal sebesar apapun, mayoritas," ucap Joshua.

Ucapan Joshua direncakana akan dilaporkam oleh Forum Umat Islam Berasatu di Mabes Polri, 9 Januari 2018.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya