Menguak Ritual Selasa Kliwon Roro Fitria

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 8 Agustus 2017 10:59
Menguak Ritual Selasa Kliwon Roro Fitria
Roro mengunggah foto di fitur Insta Story sedang menjalani ritual Selasa Kliwon di sebuah kuburan.

Dream - Roro Fitria. Bila mendengar nama selebritis satu ini maka orang akan mengidentikkannya dengan sejumlah hal. Mobil mewah dan barang-barang luks.

Masih ada lagi, wanita kelahiran Yogyakarta ini juga identik dengan ritual kepercayaan Jawa atau Kejawen. Mulai dari mandi kembang tujuh rupa di sumur keramat, meditasi dengan dupa dan bunga-bungan. Baru-baru ini bahkan bersemedi di kuburan.

Pada Selasa malam 7 Agustus 2017, Roro mengunggah foto di fitur Insta Story sedang menjalani ritual Selasa Kliwon di sebuah kuburan. Ia tak secara jelas menerangkan lokasi pekuburan tempat ritual tersebut.

Roro Fitria© Lambe Nyinyir

Roro hanya mengunggah foto seseorang yang bersemedi dengan hastag #Ritual #Budaya #MalamSelasaKliwon #Nyai #ROROFITRIA. Tak ada keterangan lebih lanjut lokasi ritual dan alasan mengapa hal itu dilakukan.

 

1 dari 3 halaman

Aura Mistis dan Kritik untuk Roro

Jika ditilik secara budaya di masyarakat Jawa, Selasa Kliwon dianggap hari yang mistis. Kabarnya, orang-orang yang meninggal dunia pada Selasa Kliwon di kuburannya akan didatangi oleh pemburu jimat dan ilmu.

Mereka yang meninggal pada Selasa Kliwon cenderung dianggap memiliki aura istimewa. Seperti dikutip dari IDN Times, bahkan beberapa bagian tubuhnya, atau kain morinya, akan diburu oleh pencari wangsit untuk mahar pesugihan dan lain sebagainya.

Para netizen yang melihat foto Roro menjalani ritual tersebut cenderung memberi komentar negatif. Seperti @dheaaa93 yang berkomentar, " Ini udh ga bnr kayanya. Islam mengajarkan untuk taat pada Allah bukan taat pada apalah itu."

Lalu, pemilik akun @ndasapii menulis, " Jam 4 pagii mendingan tahajud daripada ritual beginian. naudzubillah."

2 dari 3 halaman

Roro Fitria Buat Geger

Dream - Zaman serba modern ini, masih ada artis yang percaya dengan melakukan ritual. Salah satunya adalah Roro Fitria.

Sebelumnya, saat bulan ramadan, Roro Fitria juga melakukan ritual yang ia sebut sebagai islam kejawen.

Belum lama ini, Roro masih meneruskan ritualnya.

Seperti yang dilansir dari akun Instagram Tante Rempong, terlihat unggahan video dari Roro yang tengah melakukan ritual di depan lukisan Nyi Roro Kidul.

Terlihat perlengkapan yang akan digunakan Roro untuk melakukan ritual malam jumat legi.

" Malam jumat legi saatnya ritual
.
Bunga sedap malam / bunga sundel, bunga kantil cowok cewek, dupa, minyak wangi dan kopi item pahit
.
Semoga awet muda selalu nyai," tulis akun Tante Rempong mendampingi video tersebut.

Sontak unggahan ini menimbulkan banyak komentar dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang mengecam apa yang dilakukan oleh Roro Fitria.

3 dari 3 halaman

Penampilan Roro Fitria Menakutkan

Dream - Perubahan penampilan Roro Fitria begitu mengejutkan. Betapa tidak, wajah Roro berubah drastis. Wajahnya kini lebih tirus dengan bagian dagu terlihat lancip.

Ditambah polesan make up yang tebal membuat wajah Roro terlihat tegas. Penampilan baru ini berbeda sama sekali dengan wajah Roro saat pertama kali terjun ke dunia hiburan.

Pada foto unggahannya di akun instagram, wanita 29 tahun ini terlihat mengenakan sebuah kerudung dan pakaian berwarna senada, kuning. Pemilik nama legkap Raden Roro Fitria Nur Utami itu melengkapi penampilannya dengan mahkota emas sebagai hiasan kepala. 

roro fitria© roro fitria

" Hamdallah," tulis Roro Fitria melengkapi unggahan foto, Selasa 20 Juni 2017.

Bukannya mendapatkan pujian, Roro justru mendapatkan cibiran dari warganet yang melihatnya. Beberapa warganet menilai wajah wanita kelahiran Yogyakarta 29 Desember 1987 ini terlihat menakutkan.

" Makin serem aja mukanyaaa. Perasaan dulu lebih cantiik," tulis komentar akun @novyjoe12.

" Astgfirulloh sereeeeeeeem," tulis akun @youri_nabila.

" Nakutin hih ya allah," tulis akun @hesztypbg.

Beri Komentar