Nostalgia 8 Sinetron Religi Anak 90an, Legendaris Khas Ramadan

Reporter : Arini Saadah
Senin, 26 April 2021 03:15
Nostalgia 8 Sinetron Religi Anak 90an, Legendaris Khas Ramadan
Sebut saja 'Kiamat Sudah Dekat' hingga 'Lorong Waktu', tayangan ini begitu dinanti-nantikan setiap episodenya.

Dream - Banyak tayangan dan program bertema religi yang tayang pada bulan ramadan. Mulai dari acara seru saat sahur, acara dakwah dan sinetron religi, dan program-program lain yang menemani puasa Sahabat Dream semuanya.

Namun di era seperti sekarang, sinetron religi sudah jarang dijumpai. Beda halnya pada era 90-an hingga awal 2000-an silam, TV Tanah Air dipenuhi dengan sinetron khas Ramadan yang apik dan legendaris.

Sebut saja 'Kiamat Sudah Dekat' hingga 'Lorong Waktu', tayangan ini begitu dinanti-nantikan setiap episodenya. Selain alur ceritanya yang menarik, sederet sinetron ini juga menyajikan pelajaran hidup di baliknya.

Beberapa aktor maupun aktris yang diketahui kerap didaulat jadi bintang sinetron religi antara lain Deddy Mizwar, Zaskia Adya Mecca, Anjasmara hingga Tamara Bleszynski.

Nah untuk mengobati rasa kangen, bareng-bareng kita nostalgia dengan tujuh sinetron religi favorit anak 90-an berikut ini, dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 8 halaman

Doaku Harapanku

Ilustrasi© Instagram/@tv90an

Sinetron Doaku Harapanku tayang pada 1998 lalu. Sinetron yang satu ini dibintangi oleh Krisdayanti, Dicky Wahyudi, dan Leily Sagita yang selalu menemani para pemirsa layar kaca menjelang buka puasa tiba. Doaku Harapanku juga diketahui sebagai pelopor sinetron Ramadan di Tanah Air, lho.

Sinetron ini mengangkat kisah cobaan hidup yang dialami tokoh Anisa (Krisdayanti). Anisa memiliki suami bernama Andika (Dicky Wahyudi) yang sangat mencintainya.

Namun cobaan hidup Anisa ia dapat saat ibu tiri Andika yakni Lela (Leily Sagita), justru membenci dan memusuhi Anisa.

2 dari 8 halaman

Lorong Waktu

Ilustrasi© YouTube/ILHAM Irwansyah

Lorong Waktu merupakan sinetron religi bertema fiksi ilmiah yang sangat legendaris. Sentuhan religi yang dibalut dengan sains fiktif membuat sinetron yang dibintangi oleh Deddy Mizwar dan Jourast Jordy ini sangat digandrungi.

Sinetron yang pertama kali tayang pada akhir 1999 ini mengisahkan perjalanan waktu dari Pak Haji Husin dan juga muridnya yang bernama Zidan. Selain itu, karakter utama yang juga sangat diingat adalah Ustaz Addin, Sabrina, Havid, Jambrong dan Jagur.

" Pak Haji siap? Zidan siap?"

Hai generasi 90-an, masih ingat bukan dengan kalimat legendaris itu?

3 dari 8 halaman

Doa Membawa Berkah

Ilustrasi© Instagram/@anjasmara_fanbase

Tamara Bleszynski memang kerap muncul dalam sinetron religi. Salah satunya yakni dalam sinetron Doa Membawa Berkah yang mana Ia beradu akting dengan Anjasmara.

Tamara dan Anjasmara memerankan karakter bernama Tarissa dan Rafli. Sinetron ini tayang pada Oktober 2000 lalu.

Tarissa yang berasal dari keluarga kaya dengan sifat urakan lantas jatuh hati dengan Rafli yang dikenal kalem, Islami, dan penuh kebaikan. Namun jalan cinta mereka harus terhalang oleh latar belakang keluarga yang berbeda.

4 dari 8 halaman

Doa dan Anugerah

Ilustrasi© Instagram/@mvp_fanbase

Usai membintangi Doa Membawa Berkah, Anjasmara justru dipertemukan dengan Krisdayanti dalam sinetron religi Doa dan Anugerah.

Berkisah tentang percintaan Adi (Anjasmara) dan Aisah (Krisdayanti) yang ditentang, setiap episode dalam sinetron ini sukses mengaduk-aduk hati para penonton.

Aisah sendiri diceritakan sebagai gadis pincang yang berasal dari panti asuhan. Karena hal itulah keluarga dari Adi tak merestui cinta keduanya. Sinetron bertabur bintang ini hadir di layar kaca pada Oktober 2002.

5 dari 8 halaman

Titipan Ilahi

Ilustrasi© Instagram/@anjasmara_fanbase

Titipan Ilahi merupakan sebuah sinetron religi yang ditayangkan di Indosiar pada tahun 2004-2005.

Pemain utama dalam sinetron ini adalah Anjasmara dan Tia Ivanka, dengan sejumlah pemain pendukung seperti Leroy Osmani, Primus Yustisio, Ramzi, Annisa Trihapsari, dan masih banyak lagi.

Sinetron yang bertahan hingga lebih dari 100 episode ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Aryo Seno yang diperankan oleh Anjasmara.

Dia terlahir sebagai Arya Darmanto dari keluarga kaya raya, tetapi takdirnya berubah saat sang ayah tidak menyukai kehadirannya.

6 dari 8 halaman

Kiamat Sudah Dekat

Ilustrasi© Istimewa

Kiamat Sudah Dekat juga menjadi sinetron religi yang begitu ditunggu-tunggu pada masanya. Berawal dari film keluaran 2003 dan kemudian dijadikan sinetron, tayangan ini semakin sukses.

Sinetron Kiamat Sudah Dekat mengisahkan tentang Fandy yang diperankan oleh Andre Taulany yang jatuh cinta pada Sarah (Zaskia Adya Mecca). Sarah sendiri merupakan seorang gadis cantik dan berhijab anak dari Haji Romli.

Melihat Fandy yang seorang rocker membuat Haji Romli tak rela menikahkan anaknya dengan Fandy. Namun kemudian Haji Romli memberikan kesempatan pada Fandy dengan beberapa syarat, yakni bisa salat, mengaji dan menguasai ilmu ikhlas.

7 dari 8 halaman

Hikmah

Ilustrasi© Instagram/@hj.eva_evi

Hikmah adalah sebuah sinetron spesial Ramadan yang menampilkan Tamara Bleszynski, Teuku Ryan dan Gunawan sebagai bintang utama. Konfliknya antara Anna, Adrian dan Arman dalam setiap episodenya selalu berhasil mengaduk-aduk emosi para penonton.

Tak main-main, sinetron ini sampai terdiri dari tiga season yang tayang mulai 2004 hingga 2006.

8 dari 8 halaman

Para Pencari Tuhan

Ilustrasi© Istimewa

Sinetron yang sering disebut PPT ini tayang sejak tahun 2007 silam. Berkat kesuksesannya di jilid pertama, antusias penonton disambut baik oleh tim. Para Pencari Tuhan pun tetap tayang hingga tahun 2019.

Para Pencari Tuhan berkisah tentang Bang Jack (Deddy Mizwar) seorang penjaga masjid dan ketiga muridnya Chelsea (Melky Bajaj), Barong (Aden Bajaj), dan Juki (Isa Bajaj) mantan narapidana. Cerita dikemas layaknya cerita sehari-hari namun kental dengan nuansa islami. Sinetron komedi keluarga ini selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya saat Ramadhan tiba.

Sinetron komedi berbalut religi ini kembali menemani sahur pemirsa setia tayangan layar kaca di bulan suci Ramadan 2021 ini. Kali ini, sinetron yang tayang di SCTV itu sudah memasuki jilid keempat belas.

Beri Komentar